Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Masyarakat Kapitalis Adorno (1)

Diperbarui: 1 Mei 2023   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masyarakat Kapitalis Adorno (1)/dokpri

Masyarakat Kapitalis Adorno (1)

Perkembangan teori kritis sejak generasi pertama mengalami kemajuan dalam berbagai fase dan selalu mengalami arah baru. Misalnya, Habermas, dengan teorinya tentang tindakan komunikatif, melakukan pembalikan idealis dalam tradisi pemikiran ini, di mana ia tidak hanya meninggalkan jalan-jalan materialistis yang ditempuh oleh Marx dan Engels dan dilanjutkan oleh Adorno, tetapi sekaligus mengesampingkan sentralitas. pekerjaan dalam teori kritis. Dalam hal ini, Reinisch kembali ke Adorno, untuk dipahami sebagai kembali ke teori kritis materialistis. Konteks pembenaran ini jelas tersirat dari penulisnya. 

Hal ini harus disambut sejauh bahkan dalam pekerjaan sosial kontemporer yang memandang dirinya kritis, tidak jarang upaya dilakukan untuk menjawab pertanyaan sosio-teoritis berdasarkan analisis postmodern atau idealistik. Oleh karena itu, pertanyaan tentang pergerakan material masyarakat dan pengaruhnya terhadap pekerjaan sosial sebagai bagian darinya sebagian besar tidak ada. Reinischs mengisi celah inidisertasi dan kontras bentuk-bentuk analisis yang baru saja dijelaskan, yang menarik bagi semua orang yang tidak hanya mencari solusi cepat dan pragmatis untuk masalah sosial yang kompleks, tetapi ingin memahami perubahan pekerjaan sosial dalam konteks pembangunan sosial.

Pendekatan metodologis Reinisch sebagian besar didasarkan pada refleksi sosio-teoritis. Namun, penulis tidak berhenti sampai di sini. Kesimpulannya, berbagai bidang tindakan konkret dalam pekerjaan sosial dapat ditemukan, yang, terlepas dari semua tantangan dari praktik perubahan masyarakat, dapat menawarkan titik awal yang sama untuk tidak hanya bertindak sebagai aktor yang terintegrasi secara sosial dalam masyarakat kapitalis, tetapi untuk mencari celah dan ruang untuk pembangunan, yang dapat berkontribusi pada transformasi kondisi sosial saat ini. Dalam pengertian ini, Reinisch bersikerasDengan monografnya, ia tidak hanya mengungkapkan secara eksklusif semangat yang diperlukan dari perubahan sosial dalam kritik teoretis tetapi berani menunjukkan jalur yang berorientasi pada praktik untuk pekerjaan sosial.

Yang menarik adalah upaya penulis untuk menyajikan analisis yang tidak hanya sepenuhnya terlepas dari realitas empiris, seperti yang biasanya terjadi dalam teori kritis, tetapi untuk memberikan temuannya setidaknya keduniawian empiris yang belum sempurna atas dasar dua cerita hidup fiktif. Hal ini tampaknya menjadi aspek yang tidak boleh diremehkan, terutama dalam konteks pekerjaan sosial, karena penelitian empiris berfungsi sebagai instrumen (de)legitimasi dalam disiplin. Perspektif kritis yang Reinischmenimbulkan, oleh karena itu dapat menarik bagi 'praktisi murni' dalam pekerjaan sosial dan dapat berkontribusi pada wacana kritis, internal dan lintas disiplin

Theodor Adorno adalah perwakilan terkemuka dari teori kritis, yang kemudian dikenal sebagai apa yang disebut "Sekolah Frankfurt" melalui Institut Penelitian Sosial Frankfurt. Adorno dapat dilihat sebagai perwakilan dari teori dan filsafat sosial Marxis.Adorno mendefinisikan masyarakat sebagai berikut: "Masyarakat dalam pengertian ringkas berarti semacam struktur antara orang-orang di mana segala sesuatu dan setiap orang bergantung pada orang lain: di mana keseluruhan hanya dipertahankan melalui kesatuan fungsi yang dipenuhi oleh semua anggota dan di mana setiap individu pada dasarnya memiliki fungsi seperti itu., sementara pada saat yang sama setiap individu sangat ditentukan oleh kepemilikannya pada struktur total" (Adorno 1956).

Dengan "menentukan" Adorno mengartikan masyarakat adalah institusi yang memaksakan sesuatu pada orang. Ini karena itu tidak secara eksklusif  sepenuhnya dipengaruhi dan dibatasi dalam pemikiran dan tindakan mereka oleh kendala sosial karena afiliasi mereka dengan masyarakat, tetapi sebagian besar ("sebagian besar"). Tidak ada yang tidak ditentukan oleh masyarakat.

Adorno  menciptakan konteks untuk Marx: Dia berbicara tentang "keterasingan" dalam kapitalisme dan berarti orang-orang dalam kapitalisme tunduk pada kondisi terasing. Justru keadaan keterasingan inilah yang dituju oleh Adorno dengan definisinya tentang masyarakat. Yang dimaksud Marx dengan "alienasi" adalah pekerja tidak memiliki alat produksi yang mereka gunakan untuk membuat sesuatu, maupun produk yang mereka buat. 

Mereka bekerja lebih dari yang mereka bayar dan ditentukan oleh sistem kapitalis dalam arti mereka tidak dapat lepas dari paksaan untuk bekerja demi upah. Mereka adalah pekerja upahan yang "bebas" dalam dua arti: Di satu sisi, mereka bebas dari kepemilikan alat-alat produksi dan produk-produk akibat hubungan paksa yang mengasingkan. Dan di lain pihak "bebas" untuk menawarkan satu-satunya komoditi yang mereka miliki, yaitu tenaga kerja mereka, di pasar tenaga kerja. Namun, dalam Marxisme, kebebasan yang terakhir dipahami sebagai suatu paksaan, karena keputusan untuk melakukan kerja upahan bukanlah keputusan sukarela, tetapi paksaan yang diproduksi secara sosial.

Aspek keterasingan lainnya adalah teknologi berperan sebagai perantara antara manusia dan alam. Mesin dengan demikian menjadi sarana pelaksanaan dominasi manusia atas manusia dan alam. Marx menggambarkan keterasingan sebagai berikut: "Bahan yang diprosesnya [kapasitas kerja hidup, yaitu buruh upahan] adalah bahan asing; demikian pula instrumennya adalah instrumen asing; Ya, kerja hidup itu sendiri tampak asing dibandingkan dengan kapasitas kerja hidup yang pekerjaannya adalah, yang merupakan ekspresi hidupnya sendiri, karena ia telah diserahkan kepada kapital sebagai ganti kerja yang diobyektifikasi, sebagai ganti produk kerja itu sendiri. Karenanya [kapasitas kerja yang hidup]  memiliki produk sebagai kombinasi dari materi asing, instrumen asing, dan tenaga asing  muncul sebagai milik orang lain" (Marx 1857/1858).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline