Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Diskursus Sosilisasi Materialistis (2)

Diperbarui: 4 April 2023   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diskursus Sosilisasi Materialistis (2)

Diskursus  Sosialisasi Materialistis (2)

Menurut Karl Marx, seseorang harus "membalikkan dialektika Hegel untuk menemukan inti rasional dalam cangkang mistik". Mengikuti metafora berlapis-lapis dari balik ke dalam, buku ini memetakan kembali peta format analisis materialistis dalam studi sastra. Atas dasar rekonstruksi kritis garis tradisi Marxis, operasi saat ini disajikan dan potensinya dipertanyakan melalui analisis penentuan posisi teoretis dan teladan: Konsep realisme dan ideologi terbukti menjadi teori materialistis tentang bentuk atau produksi kata kerja kata kerja. Pendekatan penelitian sastra dunia materialistis dibawa ke dalam percakapan dengan perspektif postkolonial dan titik-temu. Akhirnya, cakrawala perdebatan saat ini mencakup pertanyaan tentang pekerjaan perawatan atau 'pekerjaan platform' dalam literatur kontemporer.

Interdisipliner teori sosialisasi materialistis dan teori regulasi tampaknya mungkin terjadi karena keduanya tumpang tindih dalam analisis praktik sehari-hari subjek dalam kondisi produksi, sirkulasi dan konsumsi, serta analisis institusi dan wacana.

Baik teori kritis tentang subjek maupun teori kritis tentang masyarakat memahami objek pengetahuan masing-masing di bawah kondisi sosialisasi kapitalis sebagai ansambel sejarah dari kondisi yang kontradiktif.. Kontradiksi itu di satu pihak terdiri dari bentuk hubungan komoditas dan kapital yang dikodekan secara kapitalistik, dan di pihak lain, dalam rencana-rencana kehidupan yang disebabkan oleh hegemoni borjuis. Yang terakhir membawa isolasi sipil berbentuk pasar dengan komunitas penghormatan nasional, seksis dan rasis yang simultan dari subjek, yang membuat reproduksi masyarakat yang dikomodifikasi melintasi garis konfliknya menjadi mungkin di tempat pertama. Materialisasi institusional dari hubungan-hubungan ini memungkinkan konstitusi subjektivitas bukan sebagai entitas abstrak, tetapi selalu dalam hubungan intersubjektif dan konkrit sensual yang diandaikan. Subjek dibentuk sebagai suatu hubungan, "oleh sosialisasi esensial,

Bentuk historis kekerasan dan penderitaan muncul dari kondisi yang kontradiktif ini, yang tercermin pada individu. Teori regulasi mampu menunjukkan bagaimana dominasi-institusional narasi performatif sejarah subyektif dan sosialdibangun yang melindungi ideologi hegemonik dari aspirasi egaliter melalui "penyiksaan atau pengucilan (s) seksis/gender dan rasis yang dihukum secara hukum, administratif atau terapeutik". Fungsi mereka untuk reproduksi kapitalis sebagian besar tetap ditarik dari refleksi umum. Kebingungan ideologis dari perbedaan antara yang nyata dan yang dibayangkan, antara keinginan subjektif dan keharusan sosial, mengarah pada munculnya ketidaksadaran sosial, yang memanifestasikan dirinya dalam bentuk ketidaksadaran subjektif. 

Dengan latar belakang ini, praktik linguistik subjek harus selalu dikaitkan dengan bentuk interaksi yang tidak disadaridipahami, karena dalam konteks sosialisasi yang kontradiktif, bahasa, dan dengan demikian narasi-narasinya yang disinkronkan secara diskursif tentang sejarahnya sendiri dan sosial, tidak hanya dalam bentuk interaksi bahasa-simbolik. terwujud, yang menciptakan pelepasan diri secara sadar, tetapi dalam bentuk klise dan tanda, yang menyerahkan tindakan subjek pada perintah proses utama, menekan rencana kehidupan yang tabu dan akhirnya menundukkan tindakan dan ucapan pada kuasi- logika alam". Kondisi hegemonik sosialisasi tidak hanya mengarah pada kekerasan fisik terhadap kelas, individu, kelompok tertentu yang tergolong seksis dan rasis, tetapi penderitaan psikologis subjek, yang harus direkonstruksi menggunakan teori sosialisasi materialistik.

Ketidakkonsistenan kondisi kapitalis tidak tunduk pada logika supra-historis manapun, tetapi menjadi konkrit secara historisdibentuk oleh praktik sosial sehari-hari. Baik teori sosialisasi materialistik maupun teori regulasi menganggap bentuk-bentuk kontradiktif dari sosialisasi alam dalam dan luar sebagai manifestasi dari pengembangan diri makhluk sejarah yang konkret. Sebagai bagian dari materialitas institusional-diskursif dari sosialisasi kapitalis, kontradiksi adalah hasil dan prasyarat dari sosialisasi sifat dalam dan luar manusia, yang diekspresikan dalam bentuk yang spesifik secara historis, subjektif dan sosial. Dengan demikian kontradiksi subjektif dan sosial dari sosialisasi kapitalis tidak lain adalah praktik diskursif institusional yang spesifik secara historis".

Teori regulasi mampu menunjukkan masyarakat, sebagai hasil dari disjungsi ekonomi, negara dan masyarakat sipil, menghindari persepsi subyektif secara keseluruhan dan hanya menghadapi subjek dalam bentuk negara atau uang yang difetiskan. Di bawah kondisi reproduksi sosial yang dimediasi persaingan dan bentuk komoditas, materialisasi diskursif institusional terjadi, tetapi pembentukan subjek yang spesifik secara historis tidak harus tunduk pada penentuan bentuk kapitalis atau logika intrinsik ini. Sebaliknya, subjek dicirikan oleh fakta mereka menciptakan dan menciptakan strukturadalah.  Dan dicirikan oleh "hubungan spesifik antara kiasan institusional-diskursif dan kiasan praktik tak sadar yang tidak dapat diturunkan secara kausal baik dari bentuk komoditas atau spesifikasi institusi individual". Subjektivitas secara bersamaan merupakan hasil dari praktik yang ditentukan oleh bentuk (reproduksi sosial berbentuk komoditas) dan elemen formatif dari transformasi kapitalis dan proses krisis.

Teori sosialisasi materialistik dapat dipahami secara kategoris sebagai varian ilmiah sosial dari psikoanalisis. Mengetahui logika inheren relatif dari ekonomi, institusi, dan wacana dalam kaitannya dengan subjek yang kontradiktif dan kontingen, dia secara formal merujuk pada kolaborasi dengan teori sosial kritis. Dalam konteks ini, hanya teori regulasi yang dapat mengatasi reduksi ekonomi dalam Marxian dan teori kritis, dan berlaku adil untuk proses transformasi pasca-Fordist. Ini memungkinkan teori materialistis subjek untuk "menemukan formasi struktur mental baru dalam praktik sosial yang berubah, tanpanya, dengan hilangnya pengetahuan yang tak terelakkan, ke dalam kisi konseptual dari kondisi sosialisasi masa lalu". Teori regulasi, pada bagiannya, membutuhkan referensi ke subjektivitas untuk menghindari reduksi fungsionalis. Kondisi kapitalis tidak dapat dijelaskan dengan istilah ekonomi murni, karena stabilitasnya selalu disebabkan oleh praktik subyektif sehari-hari. 

Untuk mengenali "logika inheren subjektif dari tindakan intelektual dan penuh gairah", teori regulasi memerlukan teori subjek kritis. Subyektivitas harus dipahami sebagai hasil dari perselisihan simbolik dan bukan sebelum mediasi simbolik. Ini harus dilakukan dengan mengilustrasikan proses isolasi yang ditentukan oleh bentuk dengan rekomunalisasi secara simultan   melalui institusi dan wacana hegemonik. Untuk memahami metode pemrosesan psikologis yang konkret, diperlukan konsep subjek yang dikembangkan dalam kerangka teori regulasi, yaitu teori subjek kritis agar mampu merekonstruksi dunia kehidupan sensual-konkret secara memadai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline