Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Tragedi Pengembaran Odysseus

Diperbarui: 14 Maret 2023   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Odysseus memerintah di Ithaca. Odysseus adalah pahlawan legendaris dalam mitologi Yunani, raja pulau Ithaca dan protagonis utama dari epik Homer, "Odyssey." Orang tua Odysseus adalah Laertes dan Anticlea.   Pada mitologi Yunani, Odiseus atau Odisseus atau Ulisses (Latin: Ulixes) adalah raja Ithaka dan pahlawan Yunani. Odisseus diceritakan    

Odisseia dan Illiad karya Homeros. Odisseus adalah suami dari Penelopeia, ayah   Telemakhos, dan anak dari Lairtes dan Antikleia. Odisseus terkenal atas kecerdikan dan tipu muslihatnya sehingga dia dijuluki "Odisseus yang Cerdas". Odysseus terlibat dalam Perang Troya dan termasuk dalam armada Yunani. Setelah perang usai, dia harus melakukan perjalanan selama sepuluh tahun sebelum akhirnya bisa pulang ke Ithaka.

Paris adalah putra bungsu Raja Priam dari Troya. Paris ditugaskan untuk memutuskan mana dari tiga dewi Hera, Athena, dan Aphrodite yang paling cantik. Kepada yang paling cantik dari mereka dia akan memberikan sebuah apel emas. Itu adalah pilihan yang sangat sulit dan ketiga dewi ingin memenangkan persaingan. Hera berjanji akan menjadikan Paris penguasa Asia jika dia mendapatkan apel itu, Athena berjanji akan menjadikannya pahlawan terhebat di dunia, dan Aphrodite berjanji dia akan memiliki wanita tercantik di dunia, Helena yang cantik, jika dia memilihnya. Paris menyerah pada godaan dan memberikan apel emas kepada Aphrodite. 

Dengan bantuan Aphrodite, Paris menculik Helena yang cantik dari Sparta di Yunani. Dia membawanya ke kotanya Troya di Turki saat ini di mana Raja Priam memerintah. Tapi Helena sudah punya suami   Raja Menelaus dari Sparta. Raja sangat marah dan meminta bantuan dari raja-raja Yunani lainnya. Bersama-sama mereka mengumpulkan pasukan yang mengepung Troy selama sepuluh tahun.

Kuda Troya telah menjadi konsep yang akrab. Inilah yang menurut seniman Italia Tiepolo terlihat seperti ketika Trojan menyeret kuda yang akan menjadi kejatuhan Troy. Pada malam hari, para prajurit Yunani menyelinap keluar dari kudanya, membunuh para penjaga dan membuka gerbang Troy. Dalam arus tentara Yunani. Ini akan menjadi akhir dari Troy dan Perang Troya.

Maka dimulailah kisah Perang Troya, salah satu saga besar Yunani kuno. Perang dikatakan telah terjadi lebih dari tiga ribu tahun yang lalu. Itu berakhir dengan kehancuran Troy.

Iliad, kisah Perang Troya, adalah narasi besar pertama di Eropa. Dikatakan telah ditulis oleh penyair Homer sekitar tujuh ratus tahun sebelum zaman kita. Iliad berlangsung selama enam minggu dari sepuluh tahun pengepungan Troy berlangsung.

Homer menggambarkan Odysseus sebagai orang yang memiliki kebijaksanaan dan kelihaian yang luar biasa, kefasihan, akal, keberanian,  dan daya tahan. Dalam Iliad,  Odysseus muncul sebagai orang yang paling cocok untuk mengatasi krisis dalam hubungan pribadi di antara orang Yunani, dan dia berperan penting dalam mencapai rekonsiliasi antara Agamemnon dan Achilles . Keberanian dan keterampilan Odysseus dalam pertempuran ditunjukkan berulang kali, dan kecerdikannya ditunjukkan terutama dalam ekspedisi malam yang dia lakukan dengan Diomedes melawan Trojans.

Pengembaraan Odysseus dan pemulihan rumah dan kerajaannya adalah tema sentral dari Odyssey,  sebuah epik dalam 24 buku yang juga menceritakan bagaimana dia menyelesaikan penaklukan Troy melalui kuda kayu . Buku VI--XIII menggambarkan pengembaraannya antara Troy dan Ithaca: dia pertama kali datang ke negeri ituPemakan Teratai dan hanya dengan susah payah menyelamatkan beberapa temannya dari kelesuan yang disebabkan oleh loto ; dia bertemu dan membutakan Polyphemus the Cyclops,  putra Poseidon,  melarikan diri dari guanya dengan berpegangan pada perut seekor domba jantan; dia kehilangan 11 dari 12 kapalnya karena kanibal Laistrygones dan mencapai pulau enchantress Circe,  di mana dia harus menyelamatkan beberapa temannya yang telah dia ubah menjadi babi. Selanjutnya dia mengunjungi Tanah Arwah yang Berangkat, di mana dia berbicara dengan roh Agamemnon dan belajar dari peramal ThebanTiresias bagaimana dia bisa menebus kemarahan Poseidon. Dia kemudian bertemu denganSirene, Scylla dan Charybdis,  danSapi Matahari, yang dijarah oleh rekan-rekannya, meskipun sudah diperingatkan, untuk dimakan. Dia sendiri selamat dari badai berikutnya dan mencapai pulau nimfa yang indah Kalipso .

Setelah hampir sembilan tahun, Odysseus akhirnya meninggalkan Calypso dan akhirnya tiba di Ithaca, di mana istrinya,Penelope, dan putra,Telemakus,  telah berjuang untuk mempertahankan otoritas mereka selama ketidakhadirannya yang berkepanjangan. Diakui pada awalnya hanya oleh anjingnya yang setia dan perawatnya, Odysseus membuktikan identitasnya  dengan bantuan Athena dengan menyelesaikan ujian Penelope dalam merangkai dan menembak dengan busur lamanya. Dia kemudian, dengan bantuan Telemachus dan dua budak, membunuh pelamar Penelope. Penelope masih tidak mempercayainya dan memberinya satu ujian lagi. Tapi akhirnya dia tahu itu dia dan menerimanya sebagai suaminya yang telah lama hilang dan raja Ithaca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline