Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Kejawen dan Kant

Diperbarui: 10 Januari 2023   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gua Selomangleng,dokpri

Kejawen dan Kant   

Immanuel Kant (1724/1804) adalah ahli kata dan definisi leksikal: dia mendefinisikan "istirahat" misalnya sebagai "gerakan dengan kecepatan yang sangat kecil"; "angin" adalah " bagi udara sama seperti arus bagi laut"; dan "cuaca" dikatakan mengandung "dua bagian: angin dan air". Tentang dunia dalam kategori ruang fisik, dia menulis: "Tanah itu berpenghuni atau tidak. Jika yang terakhir, disebut gurun. Pertanyannya adalah bagaimana hubungan antara Kant dengan Kejawen.

Untuk menemukan hubungan keduaya tidak mudah, tetapi diskursus ini mencoba mencari titik singgungan antara keduanya misalnya meminjam teks Serat Darmagandhul", idealnya mesti dikaitkan dengan banyak berbagai literatur, misalnya (1) teks Babad Tanah Jawi, (2) Serat Wulangreh (keutaman moral) oleh Sri Susuhunan Pakubuwana IV semenjak proses lahir dan tumbuhnya Wangsa Syailendra (671M - 856M), Wangsa Sanjaya (732-929M) sampai wangsa terakhir Wangsa Baru atau Perjanjian Giyanti 1705-1719); (3) teks Kitab Pararaton; (4) Serat Centhini, (5) Serat Purwacarita/ Perwayangan; (6) Kakawin Nagarakretagama;

Menurut Kejawen, manusia baik haruslah sesemanusia yang menganggap pedoman (papan empan andepan atau Kant menyebutkan Maksim Diri Sendiri) sebagai moral lebih penting daripada keuntungan atau keuntungan mereka sendiri atau dalam Kejawen atau Indonesi klasik disebu Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe;. Jadi dia selalu siap menyerahkan keuntungan untuk pedoman moral, tidak peduli seberapa besar kelihatannya. Penolakan tidak hanya mencakup keuntungan sendiri tetapi   keuntungan publik, seperti keuntungan negara. Manusia jahat  di sisi lain, hanya dibimbing oleh kepentingannya sendiri dan bahkan mengorbankan pedoman moral jika perlu. Di sini   tidak dipersoalkan apakah keuntungan itu dicari untuk dirinya sendiri atau untuk manusia lain atau   untuk negaranya.

Kata Kejawen atau JAWA artinya mengerti atau memahami dengan mata batin; tentu dengan tidak mengabaikan peran rasionalitas, dan seni tiruan (mimesis); seperti pada kalimat sadulur ingkang karimatan lan mboten karimatan; Untuk memahami mental {Gesit} Jawa tidak bisa satu kata, konsep, kalimat dimaknai secara tunggal, tetai bersifat Dasanama berasal dari kata dasa yang berarti sepuluh dan nama yang berarti sebutan atau nama kata dll bersifat banyak arti makna, dan bersifat Metafora

Jika kita mengabaikan perbedaan   di Kant tindakan atau sikap itu baik tetapi di dokrin Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe kondisi manusia, maka kita mengenali kesamaan tertentu dalam konsep 'kebaikan moral' di kedua filsuf. Sebagai semanusia ahli etika kewajiban dan kewajiban, Kant berkata: Tindakan moral yang baik tidak percaya pada keuntungan; itu tampak bagi pria yang bertindak sebagai kewajiban. Memayu Hayuning Bawana dll, mengatakan hal yang sama: Sesama manusia seharusnya tidak selalu berbicara tentang keuntungan tetapi tentang kemanusiaan.

 Manusia  Kejawen  pertama-tama harus berpikir tentang moralitas. Baru setelah itu dia bisa memikirkan keuntungan. Ini berlaku untuk kehidupan pribadi dan publik. Kedua elemen penting kehidupan manusia ini (moralitas dan keuntungan) berada di bawah hierarki yang tetap. Karena yang satu adalah intisari kemanusiaan, sedangkan yang lain tidak.

Aspek lain dari etika Kantian,   kehendak atau motif aktor itu sendiri dapat menjadi baik dalam arti moral,   diketahui oleh para Konfusianisme. Kejawen  memiliki pandangan dunia yang homosentris, tetapi manusia tahu tentang batas-batas kodrat manusia. Dia mencoba untuk tidak melupakan  ada garis yang tidak dapat dilewati antara 'di dalam diriku' dan 'di luar diriku'(bersifat Manunggaling). Maka ada 3 hal yakni  [a] Buwono Agung {makrokosmos], masyarakat, bangsa negara, dan internasional [dunia]. [b]  Buwono Alit [mikrokosmos], pribadi atau keluarga, dan [c] Buwono Langgeng [abadi], Waktu_ lahiriah batiniah_ ada menuju kematian [abadi adalah kematian].

Bagi manusia Jawa yang bertindak, ini berarti: Saya harus selalu sadar akan apa yang saya miliki dalam kekuatan saya dan apa yang harus saya tinggalkan di tangan surga. Hal terpenting yang termasuk dalam hal itu adalah sikap yang benar, dalam istilah Kejawen sembah roso, jiwa yang jernih   yang benar-benar memikirkan sendiri apakah tindakan itu baik secara moral atau tidak. Tidak lain adalah niat baik, yang menginginkan tindakan hanya karena itu baik. Siapa aktornya, dalam konteks apa tindakannya, apa konsekuensi dari tindakan tersebut, dll., Semuanya tetap di luar pertimbangan. Di sini   Kant tidak jauh dari Konfusianisme.

Keunggulan moralitas atas keuntungan dan penekanan pada kondisi/konstitusi manusia begitu jelas dalam budaya Kejawen sehingga ajaran moral Eropa lainnya. Dan hal ini   menjadi latar belakang penerimaan sempurna ajaran moral Kant   itu adalah etika homosentris. Dalam Konfusius tidak ada yang namanya 'Tuhan yang transenden', dan di Kejawen memiliki metafisika yang sepenuhnya homosentris. Etika homosentris mengikuti tanpa masalah. Begitulah adanya, meskipun manusia Kejawen tidak selalu dan terutama tidak memahami manusia sebagai makhluk yang rasional. Tetapi untuk ini kita membutuhkan argumen lain.

Poin kedua Keadilan adalah salah satu dari lima kebajikan (Sadulur Papat Lima Pancer ;  Filsafat Roh Jawa) utama   yaitu pilar terpenting. Karena itu terutama merupakan kebajikan politik. Kejawen berorientasi politik sejak awal (buwana Alit, Buana Agung),  sebagian besar masih merupakan filsafat politik. Oleh karena itu, bukan tanpa alasan untuk menduga   para filsuf   lebih tertarik pada filsafat hukum dan politik Kant daripada filsafat moral. Namun kenyataannya, seperti yang saya sebutkan di atas, berbeda dengan dugaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline