Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Bagaimana Penelitian Penciptaan Bumi, dan Isinya (5)

Diperbarui: 13 November 2022   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana Penelitian Penciptaan Bumi, dan Isinya (5)/dokpri

Bagaimana Penelitian Penciptaan Bumi, Dan Isinya  (5)

Pendukung Aristotle mengklaim   imobilitas Bumi dibuktikan oleh semua kosmologi Aristotle dan oleh fakta  jika Bumi berotasi maka pergerakan di permukaan bola dunia   sangat terganggu. Kritikus menunjukkan kontradiksi tertentu dalam sistem geosentris. Jika Bumi dianggap tidak bergerak, bintang-bintang harus berada pada jarak yang terbatas untuk dapat menyelesaikan sirkuit Langit dalam satu hari. Memang, jika mereka tak terhingga, mereka harus menempuh jarak tak terhingga dengan kecepatan yang sama sekali tidak masuk akal.

Tetapi jika Dunia itu terbatas dan tertutup, bagaimana seseorang dapat melawan argumen yang telah dikemukakan oleh Archytas of Taranto (428/347 SM): ilmuwan telah sampai pada batas Dunia, dapatkah dia menembus lengkungan tongkatnya untuk mencapai bagian luar? Dan jika demikian, eksterior apa: kekosongan, non-makhluk? Bukan tidak mungkin refleksi inilah yang membawa Hicetas dan Ecphantus, dua Pythagoras dari awal IVabad ke SM untuk menegaskan rotasi aksial diurnal Bumi. Dalam hal ini, bintang-bintang tidak bergerak dan dapat ditempatkan hingga tak terhingga: Dunia tidak lagi memiliki batas terluar. Gagasan rotasi aksial Bumi   diambil oleh Heraclide du Pont ( 388 /  315 SM), yang persis sezaman dengan Aristotle.

Poin kedua,   dibahas oleh Heraclides, berkaitan dengan pergerakan planet. Tujuh benda dibedakan dari bintang-bintang: Bulan, Matahari, dan lima planet yang terlihat dengan mata telanjang (Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus). Namun kelima planet tersebut tidak memiliki perilaku serupa. Di satu sisi, Merkurius dan Venus selalu berada di dekat Matahari. Mereka terlihat baik di pagi hari di bagian timur langit sebelum matahari terbit, atau di malam hari di bagian barat langit setelah matahari terbenam. Mereka sepertinya selalu mengikuti atau mendahului Matahari.

Di sisi lain, Mars, Jupiter, dan Saturnus menjauh dari Matahari dan dapat terlihat di tengah malam. Bagaimana perbedaan perilaku ini dapat dijelaskan? Heraclid mengusulkan solusi yang mencengangkan: Venus dan Merkurius berputar mengelilingi Matahari, yang mengorbit Bulan, Mars, Jupiter dan Saturnus mengelilingi Bumi. Ini adalah sistem heliosentris sebagian, yang telah berhasil. Itu tidak pernah sepenuhnya dikesampingkan dan dikenal pada Abad Pertengahan.

Poin terakhir menyangkut tempat Bumi. Aristarchus dari Samos (310 / 230 SM), dikenal karena memperkirakan ukuran Bulan dan Matahari dan jaraknya dari Bumi dari analisis geometris yang sangat halus, menawarkan sistem heliosentris. Delapan belas abad sebelum Copernicus, ia berpendapat   Bumi berotasi dengan sendirinya dalam satu hari dan berevolusi mengelilingi Matahari dalam satu tahun. Bagi Aristarchus, Bumi bukanlah pusat dunia. Opsi ini hampir tidak ada gemanya sebelum Copernic karena menghadapi kesulitan yang sangat serius.

Jika Bumi mengorbit Matahari, maka dua bintang yang saling berjauhan tidak dapat dilihat dari sudut yang sama dari Bumi sepanjang tahun; dan yang di sebut hari ini hari ini paralaks tahunan (yang baru akan diamati untuk pertama kalinya pada tahun 1838 oleh Bessel). Karena bintang-bintang mempertahankan posisi tetap relatif satu sama lain dan tidak ada distorsi periodik konstelasi yang teramati, sudah pasti Bumi tidak bergerak relatif terhadap bintang. Satu-satunya alternatif lain adalah mempertimbangkan   bintang-bintang jauh lebih jauh dari yang kita kira. Inilah yang diusulkan Aristarchus tetapi solusinya tampaknya tidak dapat diterima. Kita harus berasumsi   bukan hanya Bumi yang hanya merupakan titik relatif terhadap bola bintang tetap, yang diterima semua orang, tetapi   orbit Bumi mengelilingi Matahari, yang tampaknya sama sekali tidak masuk akal. Penghapusan bintang jauh melampaui planet tidak terpikirkan.

Astronomi Eudoxus dan Aristotle adalah astronomi kualitatif dan eksplanatori. Ini melaporkan pergerakan bintang-bintang di langit dan struktur kosmos tanpa mengusulkan perhitungan. Dengan Hipparchus (abad ke-2 SM) dan Ptolemy (abad ke-2 M , merupakan dua astronom kuno terbesar, astronomi Yunani, khususnya Alexandria dalam kasus Ptolemy, berkembang. Itu selalu didasarkan pada prinsip-prinsip kosmologis Aristotle (Ptolemy - pergerakan langit dan Bumi yang tidak bergerak) tetapi membuang sistem bola homosentris Eudoxus untuk menggantinya dengan sistem epicycles dan eksentrik, mungkin ditemukan oleh Apollonius (262/190 SM).

 Sistem Eudoxus sangat cerdik, tetapi membutuhkan planet-planet untuk bergerak pada jarak yang konstan dari Bumi. Namun, variasi kecerahan planet menunjukkan   jaraknya dari Bumi bervariasi. Sistem epicycles dan eccentrics memungkinkan variasi jarak dan yang terpenting memungkinkan pendekatan kuantitatif, sehingga memungkinkan untuk memprediksi posisi bintang-bintang di langit.

Kemudian akan menunjukkan penerapan sistem Epicycles Dan Eksentrik ke Matahari dan planet-planet. Tujuannya adalah untuk memperhitungkan, bukan pergerakan diurnal bintang-bintang, tetapi pergerakan tambahan mereka dalam hubungannya dengan bintang-bintang. Untuk Matahari, masalahnya adalah sebagai berikut. Matahari menggambarkan ekliptika dalam satu tahun dan melewati empat posisi yang luar biasa: pada saat ekuinoks musim semi ia terletak di bidang ekuator, pada saat titik balik matahari musim panas ia berada pada titik tertinggi di atas dari ekuator, pada saat ekuinoks musim gugur ia kembali berada di ekuator dan pada saat titik balik matahari musim dingin ia berada pada titik terendah di bawah ekuator.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline