Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Rerangka Pemikiran Hannah Arendt (3)

Diperbarui: 5 November 2022   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rerangka Pemikiran Hannah Arendt (3)/dokpri

Rerangka Pemikiran Hannah Arendt (3)

Tema Diskursus (3)  Mempertanyakan : Apa  Kritik  Hannah Arendt Tentang "Fenimisme";  Hannah Arendt adalah seorang filsuf terkenal yang melihat dirinya sebagai 'ahli teori politik'. Pemikirannya dicirikan oleh keaslian dan ketidaksesuaian. 

Selain pengakuan dan ketenaran, ini memberinya beberapa kritik keras, seperti halnya bukunya tentang persidangan Eichmann Eichmann Jerusalem . Dia dikritik oleh para feminis karena diduga mengabaikan "berbagai bentuk pengucilan perempuan dalam budaya dan politik" sangat kontras dengan pertanyaan tentang keberadaan Yahudi di masa totalitarianisme. 

Apakah Hannah Arendt benar-benar mengabaikan pertanyaan wanita itu atau tidak menganggapnya penting?

Hampir seluruhnya terdiri dari esai baru yang secara khusus disiapkan untuk volume ini, Interpretasi Feminis dari Hannah Arendt menerangi keragaman feminisme kontemporer sambil juga menghasilkan bacaan baru dan sugestif dari pemikiran politik Hannah Arendt. 

Kepentingan bersama para penulis yang berkontribusi pada Arendt memberikan landasan untuk menyelesaikan ketidaksepakatan mereka mengenai teori dan praktik feminis. 

Pada saat yang sama, komitmen bersama mereka terhadap beberapa merek feminisme membawa mereka untuk melibatkan Arendt pada beragam isu yang luar biasa luas, seperti gender, seksualitas, tubuh, politik, persahabatan, solidaritas, identitas, nasionalisme, dan revolusi.

Perkembangan terakhir dalam teori dan praktik feminis telah mendorong pertimbangan ulang Arendt yang mencakup evaluasi ulang kritis penilaian feminis sebelumnya atas karyanya. 

Dari perspektif feminis yang menginterogasi, mempolitisasi, dan menghistoriskan bukan hanya menerapkan kembali kategori seperti "perempuan", "identitas", atau "pengalaman", permusuhan terkenal Arendt terhadap feminisme dan sikap kritisnya terhadap definisi identitarian dan esensialis tentang "perempuan". " mulai terlihat lebih seperti keuntungan daripada kewajiban.

 Keengganan Arendt yang terkenal untuk mengidentifikasi dirinya sebagai seorang wanita dan untuk mengatasi masalah-masalah perempuan terlihat kurang seperti masalah pribadi identifikasi laki-laki dan lebih seperti pendirian politik yang menolak jangkauan tatanan simbolis yang berusaha untuk mendefinisikan, mengkategorikan,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline