Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Memayu Hayuing Bawana

Diperbarui: 27 Oktober 2022   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Memayu Hayuning Bawana"/dokpri

Apa itu Hakekat "Memayu Hayuning Bawana"

 "Memayu Hayuning Bawana" bisa dimaknai sebagai "dasa nama" misalnya salah satunya adalah alam itu mengerikan. "Memayu Hayuning Bawana" adalaah Bagaimana seharusnya manusia memahami dirinya sendiri dalam hubungannya dengan alam? Bukan dengan menguduskannya dan mengangkatnya menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang modern yang tertantang secara eksistensial. Memayu Hayuning Bawana"  dimaknai bisa dimaknai  dengan memahami   alam bukanlah tempat murni yang diciptakan untuk kesenangan manusia, kita dapat menyelamatkan diri dari kehancuran total.

 Dalam film Into the Wild dari 2007, alam digambarkan sebagai tempat di luar masyarakat, di mana kita bisa pergi ketika masyarakat terlalu menekan.  Tokoh utama Alexander Supertramp yang diperankan oleh Emile Hirsch akhirnya harus menyadari  hal tersebut tidak terjadi. Dia mati kelaparan karena keracunan sederhana setelah memakan tanaman yang salah. Alam bukanlah tempat yang baik di mana manusia dapat pulih dan direvitalisasi kembali. Hal yang sama berlaku dalam deskripsi klasik Henry David Thoreau tentang kehidupan di Walden Pond di Massachusetts. What Into the Wild dan Thoreau's Waldendapat mengajari kita bukanlah  alam adalah musuh, tetapi  itu adalah alien. Di saat iklim tidak seimbang, mengakui alam sebagai alien dapat menjadi langkah pertama menuju kesadaran yang lebih besar terhadap lingkungan kita, dan dengan demikian juga melakukan sesuatu untuk mengatasi krisis iklim yang mengancam.

"Memayu Hayuning Bawana"/dokpri

Dunia yang gelap; "Memayu Hayuning Bawana" dapat dimetaforkan pada tahun 2007, sastrawan Timothy Morton menerbitkan buku Ecology Without Nature, ada tendangan kuat dalam perdebatan tentang bagaimana manusia harus memahami dirinya sendiri dalam kaitannya dengan iklim dan alam. Bagaimana manusia bisa mengerti  alam belum mulai mati, tetapi terus mati. Dalam buku tersebut, Morton mengembangkan kritik terhadap gerakan Romantis dalam seni dan sastra sebagai destruktif karena ia mengkonstruksi alam dalam ideal yang diisi dengan keindahan dan kebaikan. Inilah tepatnya mengapa kita tidak mengerti  dunia kita di sekitar kita dicirikan oleh parameter yang sama beratnya: yang mengerikan. Inilah yang diambil oleh Timothy Morton dalam bukunya. Bagi Morton, dunia pertama-tama dan terutama merupakan kuantitas tercemar yang telah lama kehilangan kepolosannya. Manusia, menurut Morton, telah semakin menjauh dari dunia luar hingga akhirnya, dalam periode modern, membunuh alam. Inilah tepatnya mengapa Morton mengembangkan teorinya dengan konsepEkologi Gelap di tengah.

Dark Ecology adalah pandangan tentang alam yang ia gunakan untuk dapat bergerak di luar kanon ekoliterasi, di mana justru idealisasi romantis dari alam liar pada khususnya berlaku. Ekologi Gelap adalah teori untuk kegelapan, dan untuk literatur yang mengerikan. Seperti dalam puisi Limpa Baudelaire atau penyair Denmark Glenn Christian 's Mudret sol, di mana slime, yang menyeramkan, yang lembap, memang sampah tubuh dan dunia mengisi deskripsi dunia luar. Literaturlah yang menunjukkan kepada kita  kita telah menjadi buta terhadap lingkungan kita,  kita hanya melihat yang baik, dan di situlah letak kesalahannya. Alih-alih sastra alam yang indah membuat kita lebih sadar, itu membuat kita buta. Kita tidak bisa melihat  bencana alam telah terjadi,  kita sudah dikelilingi oleh pemanasan global. Alam harus, menurut Morton, turun dari posisinya yang agung. "Menempatkan sesuatu yang disebut alam di atas alas dan mengaguminya dari kejauhan sama saja dengan lingkungan seperti yang dilakukan patriarki terhadap persepsi perempuan," katanya.

"Memayu Hayuning Bawana"/dokpri

Memayu Hayuning Bawana"  bisa dipakai dengan meminjam buku Morton Ecology Without Naturedia menulis  jika Anda menyebutkan bencana iklim di sebuah pesta makan malam, itu menciptakan efek canggung yang sama seperti jika Anda menyebutkan ketidaksadaran. Itu adalah sesuatu yang menyeramkan yang tidak ingin Anda bicarakan. Ia percaya  orang merasa sulit untuk membicarakannya karena itu menjadi topik yang tidak nyaman di dunia di mana tanda-tanda pemanasan global ada di mana-mana. Itu membutuhkan tindakan. Lingkungan dan alam seseorang muncul di hadapannya dengan cara yang mengancam yang tidak diinginkannya. Teori Morton bertentangan dengan gagasan konvensional di mana bencana iklim adalah semacam peristiwa yang akan terjadi pada tahun 2100, ketika suhu telah meningkat dua derajat yang terkenal itu. Di Morton, bencana telah terjadi. Catastrophe bukanlah film zombie (dedemit) pasca-apokaliptik, ini adalah dunia kita di sini. Tapi mengapa, menurut Morton, begitu sulit bagi orang untuk memahami

Memayu Hayuning Bawana"  pada waktu hamir selama 12.500 tahun (sejak manusia mulai mengolah bumi, red.)   telah bekerja dengan ide untuk menunda bencana, dan cara berpikir itulah yang justru menciptakan bencana. Faktanya, pola pikir itu adalah bencana itu sendiri, dan dalam artian bencana itu sudah berlangsung   dan sudah terjadi sejak lama.'

Morton percaya  ketika kita memasuki periode ketika kita mulai mengembangkan pertanian, bencana lingkungan yang kita alami saat ini dimulai. Dia menyebutnya agrologistik. Istilah tersebut mencakup logika budaya tertentu yang diciptakan untuk menenangkan kecemasan kekurangan pangan. Kami mengembangkan pertanian, memperoleh ketahanan pangan, tetapi dalam jangka panjang kami juga mengembangkan industri yang menciptakan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi lebih banyak orang. Akibatnya, kami membutuhkan lebih banyak makanan dan lebih banyak mesin, yang pada gilirannya berkontribusi pada pemanasan global. Dengan cara ini, bencana telah terjadi. Bencana itu adalah pertanian. Morton tidak menganjurkan kembalinya ke keadaan pra-agraria, tetapi sangat penting untuk memahami  kita tidak sedang menunggu malapetaka, "tetapi dalam arti yang sangat nyata itu telah terjadi."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline