Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Buddisme (18)

Diperbarui: 13 Oktober 2022   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Apa Itu Buddisme (18) Hukum Karma

Kata karma berasal dari akar bahasa Sansekerta   yang berarti bertindak, melakukan dan karenanya mendefinisikan tindakan manusia. Mengetahui hal ini, manusia berhenti melihat karma sebagai sesuatu yang manusia alami, melainkan sebagai ciptaan. Hukum-hukum ini, yang lebih merupakan panduan, memungkinkan manusia untuk memahami diri manusia lebih baik untuk berubah dan bangkit.

Memahami karma memungkinkan manusia untuk memiliki titik acuan tentang berfungsinya dunia manusia, kesadaran manusia. Berkat ini, menjadi lebih mudah untuk mengetahui bagaimana membimbing diri sendiri, bagaimana bertindak, dan dengan demikian berkontribusi pada dunia yang lebih baik untuk semua. Memiliki kompas baik di tingkat teoretis maupun praktis tampaknya tidak berlebihan.

Sejak kemerosotan agama dan filsafat, dalam menghadapi kegagalan masyarakat konsumtif yang terbukti dan dalam menghadapi berbagai krisis yang manusia alami, apa yang tersisa bagi manusia untuk menemukan jalan menuju kepuasan mendalam yang penuh makna? Akan seperti apakah dunia ini jika setiap orang memulai jalan pertobatan menjadi diri mereka yang sebenarnya?

Ketika terlibat dalam praktik ajaran Buddha, perlu untuk mengembangkan motivasi yang benar dan berlatih untuk kepentingan para makhluk di enam alam, dengan kesadaran  pada suatu saat semua makhluk ini adalah orang tua manusia. Untuk mengembangkan sikap yang murni sempurna ini, seseorang mulai dengan mengembangkan aspirasi menuju pencerahan, yang kemudian dipraktikkan dalam semua tindakan kehidupan sehari-hari.

Aspirasi untuk kebangmanusian adalah komitmen yang terkait dengan hasilnya. kemudian mempraktikkan aspirasi itu dan semua yang  lakukan menjadi komitmen pada tujuan yang akan menghasilkan hasil yang ingin  capai.

Ketika manusia membentuk keinginan untuk mencapai pencerahan demi manfaat orang lain, motivasinya harus murni dan sempurna: manusia harus berniat untuk mempraktikkan ajaran Buddha bukan untuk diri manusia sendiri, tetapi untuk mengembangkan sarana yang memungkinkan manusia untuk membebaskan semua makhluk hidup. dari lautan penderitaan itulah siklus kehidupan, dan di mana mereka terbenam.
Seseorang mengembangkan niat teguh untuk membebaskan semua makhluk tanpa kecuali dan untuk menegakkan mereka dalam keadaan Buddha, dan seseorang berusaha untuk mengerahkan segala cara untuk mencapai hal ini. Niat dasar inilah yang kemudian dipraktikkan.

Untuk mengembangkan cita-cita yang benar, manusia membutuhkan metode yang memungkinkan manusia untuk menghasilkan sikap yang benar dalam pikiran manusia. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus menyadari  ruang tidak terbatas dan mencakup seluruh alam semesta. Di mana pun ruang berada, ada makhluk hidup dari berbagai jenis. Semua makhluk ini sepenuhnya diliputi oleh berbagai perasaan gelisah dan tunduk pada konsekuensi dari tindakan mereka di masa lalu. Akibatnya, pengalaman hidup mereka diwarnai dengan berbagai penderitaan, tanpa jumlah dan tanpa batas waktu. Inilah sebabnya mengapa manusia berbicara tentang lautan penderitaan di mana semua makhluk terbenam.

Makhluk-makhluk ini semuanya adalah orang tua manusia dalam inkarnasi sebelumnya, itulah sebabnya mereka sangat dekat dengan manusia. Dan ini terjadi tidak hanya sekali, tetapi berkali-kali. Ketika mereka menjadi orang tua , mereka menunjukkan perhatian dan kasih sayang yang sama seperti orang tua  saat ini.
Jika manusia tidak menganalisis dengan cermat bagaimana perhatian orang tua manusia, terutama ibu manusia, terhadap manusia, manusia mungkin berpikir  mereka bertanggung jawab atas penderitaan manusia, dan manusia menyalahkan mereka atas semua yang telah manusia alami sejak masa kanak-kanak.
Tetapi jika manusia melihat lebih dekat pada kebaikan ibu manusia yang sebenarnya, manusia menemukan  bahkan sebelum manusia lahir, pada saat inkarnasi manusia di dalam tubuhnya, dia harus menghadapi banyak penderitaan, kesulitan dan rasa sakit yang dia terima. dari cinta untuk manusia. Setelah lahir, dia merawat  untuk mencegah penyakit dan kematian dari , untuk melindungi  dari semua jenis kecelakaan seperti jatuh, terbakar, dll.

 Dia melakukan semua ini tanpa memperhitungkan kesulitan yang mungkin dia hadapi atau kelelahannya. Sekarang manusia sudah dewasa, dan kemampuan manusia untuk memberi makan diri manusia sendiri, untuk bekerja, untuk bergerak berasal dari kasih sayang orang tua manusia selama masa kanak-kanak manusia. Ketika manusia datang ke dunia, manusia benar-benar tidak berdaya, tangan kosong, tanpa makanan, tanpa pakaian, tanpa uang. tidak mengenal siapa pun; tidak punya teman yang bisa menjaga , malu ibu .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline