Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Diskursus Kritik Libertarian John Rawls Vs Robert Nozick

Diperbarui: 8 Oktober 2022   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri_Diskursus Kritik Libertarian John Rawls dan Robert Nozick

Diskursus Kritik Libertarian John Rawls dan Robert Nozick

Filsuf politik John Rawls membuat perbedaan penting pada konsep keadilan yang berbeda, sehingga yang terakhir akan menjadi interpretasi yang menarik untuk dibuat Diskursus. Bagi Rawls, bahkan jika orang memiliki konsepsi keadilan yang berbeda, mereka umumnya setuju

institusi adalah adil ketika tidak ada pembedaan sewenang-wenang yang dibuat antara orang-orang dalam atribusi hak dan kewajiban dasar, dan ketika hukum menentukan keseimbangan yang tepat antara klaim yang saling bertentangan untuk keuntungan kehidupan sosial.

Ketidaksepakatan muncul ketika gagasan pembedaan yang sewenang-wenang dan keseimbangan yang tepat yang terkandung dalam konsep keadilan ditafsirkan berdasarkan prinsip-prinsip keadilan yang kita terima. 

Keadilan sebagai pemerataan, ketika menafsirkan konsep keadilan ini berdasarkan prinsip-prinsip keadilan yang diturunkan darinya, menetralisir kemungkinan menggunakan "kecelakaan anugerah alam dan kontinjensi keadaan sosial sebagai tanda  dalam perselisihan untuk kepentingan ekonomi. keuntungan" dan kebijakan. 

Bagi Rawls, prinsip-prinsip keadilan "mengungkapkan konsekuensi mengesampingkan aspek-aspek dunia yang tampak sewenang-wenang dari sudut pandang moral".

Menurut  inovasi teoretis utama Rawls "menyangkut cara dia menangani perbedaan di antara orang-orang". Shapiro menjelaskan  selama sebagian besar abad ke-20 ada diskusi panas tentang asal mula ketidaksetaraan antara orang-orang dalam arti apakah itu karena faktor keturunan atau pengaruh lingkungan.

Secara umum, kaum egaliter cenderung mengklaim  penyebab utama perbedaan pendapatan, kemampuan dan kinerja adalah karena faktor sosial-lingkungan, sementara pendukung ketidaksetaraan berpendapat  perbedaan tersebut dihasilkan dari karakteristik bawaan individu (Ibidem). 

Namun bagi Rawls, jenis diskusi ini tidak relevan dari sudut pandang keadilan, karena apakah itu hasil dari keturunan atau lingkungan, perbedaan di antara orang-orang secara moral sewenang-wenang, karena semuanya disebabkan oleh undian kehidupan, yaitu, dari keberuntungan faktor genetik atau keadaan sosial tempat kita dilahirkan, keduanya karena kebetulan.

Salah satu kritik yang sering muncul terhadap konsepsi Rawls tentang kesewenang-wenangan moral adalah  hal itu melemahkan akuntabilitas individu atas hasil positif atau negatif mereka. Untuk upaya mendamaikan kesewenang-wenangan moral dan akuntabilitas individu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline