Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Sophrosyne?

Diperbarui: 5 Oktober 2022   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri/Sophrosyne

Apa Itu Sophrosyne (1)

Akal sehat (sophrosune) adalah tema yang berulang dalam dialog Platon. Namun, hubungan Socrates dengan pengetahuan diri tidak jelas di sana. Oleh karena itu, dalam karya ini, saya akan mulai dengan menentukan hubungan antara pengetahuan diri dan Sophrosyne" dan kemudian menetapkan bagaimana sophrosine didefinisikan dalam dialog dan bagaimana seseorang dapat memilikinya. Kemudian saya akan menjawab pertanyaan apakah Socrates dapat dikualifikasikan sebagai orang yang masuk akal menurut definisinya sendiri, sebuah pertanyaan yang akan menerima jawaban negatif. Namun, saya akan berpendapat Socrates tidak hanya memiliki pengetahuan tentang bagaimana mencapai sophrosine, tetapi juga tampaknya tidak ada yang mencegahnya melakukannya.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani "sophrosyne": asal mula konsep Thomistik tentang keutamaan kesederhanaan. Preseden doktrin filosofis tentang kebajikan dan, lebih khusus, tentang kesederhanaan, ditemukan dalam literatur Yunani tertua. Socrates, Platon, dan Aristotle  akan mengambil tradisi ini dan memberinya rumusan filosofis yang menjadi dasar bagi para pemikir Latin di kemudian hari. Diantaranya adalah Cicero, Seneca, Macrobius, Dionysius dan Saint Augustine. Para penulis ini merupakan dasar di mana Santo Thomas akan menguraikan doktrinnya sendiri tetapi, di antara mereka semua, Aristotle  menempati tempat yang menonjol: teorinya tentang kebajikan di antaranya ia memasukkan kesederhanaan   menjadi titik tinggi dalam proses asimilasi dan pemurnian. dari semua tradisi sebelumnya.

Kata Yunani untuk konsep kesederhanaan "sophrosyne". Dalam artikel ini kita akan mempelajari, tepatnya, proses kehamilan dan pemurnian konsep Yunani "sophrosyne", hingga mencapai formulasi Aristotle  yang, dengan tambahan dan koreksi  Santo Thomas, telah memberikan pengaruh mendasar pada seluruh sejarah etika nanti. Kami akan memberikan perhatian khusus pada aspek-aspek yang membantu Santo Thomas sendiri untuk mengembangkan doktrinnya tentang pertarakan.

Di antara manfaat yang dapat dikaitkan dengan sekolah etika naratif yang dipimpin oleh Alasdair MacIntyre, kita dapat menyebutkan fakta telah menyoroti pentingnya komunitas tempat seseorang berada dalam pembentukan karakter sendiri ("etos"). Komunitas ini mengekspresikan "etos" khasnya melalui narasi yang berbeda, oleh karena itu sangat penting bagi etika studi narasi ini. Dengan demikian, "penelitian moral meluas ke pertanyaan sejarah, sastra, antropologis dan sosiologis". Dan dengan cara yang sangat khusus, perlu untuk memperhatikan sastra dramatis atau tanda kurung, karena, seperti yang ditulis Giuseppe Abb: "narasi sebuah komunitas diungkapkan di atas segalanya dalam literaturnya: teori kebajikan Aristotelian dan Thomistik tidak dipahami daripada dengan latar belakang literatur kuno dan abad pertengahan yang berlimpah tentang kebajikan dan keburukan.

Dengan demikian, kita akan mulai dengan mempelajari kehadiran dalam sastra Yunani klasik dari ide-ide yang diungkapkan oleh kata "sophrosyne", yang awalnya menunjuk kualitas memiliki pikiran yang sehat.

a) Periode kuno: Homer. Dalam pemikiran Yunani, referensi pertama untuk kesederhanaan ("sophrosyne") sebagai kualitas roh yang berharga sudah ditemukan di Homer, selalu dengan rasa moderasi, pembatasan dalam menghadapi kelebihan. Jadi, ketika Telemakus, yang bersarang di istana Menelaus, menyatakan keinginannya untuk pergi, dia menerima jawaban ini dari Raja Atrida: "Aku tidak akan menahanmu lama-lama, karena kamu ingin pergi, karena sangat membenciku bahwa, menerima tamu, dia mencintainya tanpa batas, seperti orang yang sangat membencinya; lebih baik menggunakan moderasi dalam segala hal". Dan Homer sendiri menceritakan bagaimana Hephaestus, setelah mengejutkan Aphrodite dengan Ares dalam perzinahan, berseru: "dia cantik, tetapi dia tidak tahu bagaimana menahan diri".

Homer "sophrosyne" pada dasarnya mengacu pada pembatasan impuls spontan, baik karena "menghormati larangan sosial untuk menyerang bidang tertentu ("aidos"); kenyamanan untuk tidak melampaui batas tertentu, karena takut akan hukuman ilahi; atau perhitungan manusia yang sederhana tentang keuntungan jangka panjang". Singkatnya, itu menjadi semacam "akal sehat". Jadi, kita melihat Ulysses menyapa Achilles (yang tetap berada di kapalnya tanpa berpartisipasi dalam pertempuran, setelah perselisihan dengan Agamemnon) dengan kata-kata ini: "Teman, ayahmu Peleus memberimu nasihat ini pada hari dia mengirimmu dari Pthia ke Agamemnon :  Anakku! Benteng, Minerva dan Juno akan memberikannya padamu jika mereka mau; Anda menahan dalam dada alam yang berapi-api - kebajikan lebih disukai - dan menahan diri dari perselisihan yang merusak sehingga Anda dapat lebih dihormati oleh Argives tua dan muda ". Seperti yang dapat dilihat, alasan yang dikemukakan Odysseus yang cerdik untuk mendorong Achilles menahan diri adalah keuntungan yang akan diberikannya untuk kehormatannya sendiri.

Perlu dicatat bahwa, pada semua kesempatan di mana Homer berbicara tentang "sophrosyne", elemen intelektual pandangan ke depan dan penalaran, perhitungan, hadir, yang membedakannya dari "aidos" atau penghormatan sederhana terhadap konvensi, dan memperkenalkan a sedikit nuansa terhadap "metron" atau ukuran pada umumnya. "Saya tidak akan menganggap diri saya masuk akal ("sophron") jika saya bertarung dengan Anda untuk manusia yang menyedihkan" ,  kata Apollo kepada Poseidon. Unsur rasional ini merupakan ciri dari etika Yunani. Untuk "sophrosyne" ditentang, oleh karena itu, kebodohan, kegilaan, singkatnya "hibrida", ditafsirkan tidak hanya sebagai kelebihan, tetapi sebagai kebutaan, ketidakpedulian. Oleh karena itu, sering kali, "sophrosyne" memperoleh makna yang dekat dengan kehati-hatian kita. Jadi, ketika nyonya tua mengumumkan kepada Penelope kedatangan Odiseus, yang terakhir, tidak percaya, menjawab: "Para dewa telah mengacaukan penilaian Anda; bahwa mereka dapat menghalangi yang sangat bijaksana dan darprudence ("sophrosyne") yang sederhana, dan sekarang mereka telah merugikan Anda, dari kecerdikan yang begitu cerdas"

Menurut pendapat filolog Helen North, dalam masyarakat yang digambarkan dalam puisi-puisi Homer, "sophrosyne" adalah kebajikan yang sangat cocok untuk wanita (Penelope akan menjadi contoh sastranya), yang memungkinkannya untuk melakukan peran sosialnya dengan benar, sedangkan " andreia" (kejantanan atau nilai) akan menjadi salah satu yang sesuai dengan laki-laki. Namun, terlepas dari pengamatan ini, tampaknya Homer menganggap "sophrosyne" sebagai kebajikan umum bagi manusia baik itu pria atau wanita. Beberapa bagian yang ditranskripsikan di atas adalah buktinya, dan bahkan lebih jelas dalam Canto pertama Iliad, di mana penyebab perselisihan antara Achilles dan Agamemnon dirujuk, dan ekses dari satu dan yang lain: penyair " mengacu pada sikap kedua pihak yang bertikai secara objektif, tetapi ia dengan jelas mengkualifikasikannya sebagai tidak benar. Di antara mereka adalah Nestor orang tua yang bijaksana, personifikasi dari sophrosyne.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline