Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Platon (3)

Diperbarui: 20 Agustus 2022   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Banyak pemikir pada era  kontemporer merasa masuk akal   ketika Platon  memulai karirnya sebagai penulis filosofis, ia menyusun, selain Apology of Socrates, sejumlah dialog etis pendek yang mengandung sedikit atau tidak sama sekali doktrin filosofis positif, tetapi terutama ditujukan untuk menggambarkan cara Socrates menusuk pretensi lawan bicaranya dan memaksa mereka untuk menyadari   mereka tidak dapat menawarkan definisi yang memuaskan dari istilah etika yang mereka gunakan, atau argumen yang memuaskan untuk keyakinan moral mereka.

Platon, pada titik karirnya ini, puas menggunakan tulisannya terutama untuk tujuan melestarikan ingatan Socrates dan memperjelas keunggulan pahlawannya, dalam keterampilan intelektual dan keseriusan moral, kepada semua orang. orang-orang sezamannya khususnya di antara mereka yang mengaku ahli dalam masalah agama, politik, atau moral. Ke dalam kategori dialog awal ini (mereka kadang-kadang disebut dialog "Socrates") ditempatkan: Charmides, Crito, Euthydemus, Euthyphro, Gorgias, Hippias Major, Hippias Minor, Ion, Laches, Lysis, dan Protagoras,  (Beberapa sarjana berpendapat   kita dapat membedakan mana yang datang kemudian selama periode awal Platon. Misalnya, kadang-kadang dikatakan   Protagoras dan Gorgias muncul belakangan, karena panjangnya yang lebih besar dan kompleksitas filosofisnya.

Dialog lain misalnya, Charmides dan Lysis dianggap tidak termasuk Platon  yang paling awal dalam kelompok awal ini, karena di dalamnya Socrates tampaknya memainkan peran yang lebih aktif dalam membentuk kemajuan dialog: yaitu, ia memiliki lebih banyak ide sendiri.) Dibandingkan dengan banyak orang dari dialog Platon  lainnya, karya-karya "Socrates" ini mengandung sedikit spekulasi metafisik, epistemologis, atau metodologis, dan karena itu cocok dengan cara Socrates mencirikan dirinya dalam Platon 's Apology: sebagai orang yang menyerahkan penyelidikan hal-hal falutin tinggi (yang "di langit dan di bawah bumi") kepada kepala yang lebih bijaksana, dan membatasi semua penyelidikannya pada pertanyaan bagaimana seseorang harus menjalani hidup. Aristotle  menggambarkan Socrates sebagai seseorang yang minatnya dibatasi hanya pada satu cabang filsafat bidang etika; dan  mengatakan dia memiliki kebiasaan mengajukan pertanyaan definisi yang dia sendiri tidak memiliki jawaban (Metaphysics teks 987b1, teks 183b7).

Kesaksian itu memberi bobot tambahan pada hipotesis yang diterima secara luas ada sekelompok dialog   disebutkan di atas sebagai karya awalnya   di mana Platon  menggunakan bentuk dialog sebagai cara untuk menggambarkan kegiatan filosofis Socrates historis (walaupun, dari tentu saja, dia mungkin   menggunakannya dengan cara lain misalnya untuk menyarankan dan mulai mengeksplorasi kesulitan filosofis yang diajukan oleh mereka).

Tetapi pada titik tertentu begitulah hipotesis tentang kronologi dialog Platon  mulai menggunakan karya-karyanya untuk memajukan ide-ide yang merupakan ciptaannya sendiri daripada karya Socrates, meskipun ia terus menggunakan nama "Socrates" untuk lawan bicaranya. yang mempresentasikan dan memperdebatkan ide-ide baru ini. Pembicara   disebut "Socrates" sekarang mulai bergerak melampaui dan berangkat dari Socrates historis: dia memiliki pandangan tentang metodologi yang harus digunakan oleh para filsuf (metodologi yang dipinjam dari matematika), dan dia berpendapat untuk keabadian jiwa dan keberadaan. dan pentingnya bentuk-bentuk keindahan, keadilan, kebaikan, dan sejenisnya. (Sebaliknya, dalam Apology Socrates mengatakan tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan kita setelah kita mati. Phaedo sering dikatakan sebagai dialog di mana Platon  pertama kali muncul sebagai seorang filsuf yang bergerak jauh melampaui ide-ide gurunya (meskipun   sering dikatakan   kita melihat kecanggihan metodologi baru dan minat yang lebih besar pada pengetahuan matematika di Meno).

Setelah menyelesaikan semua dialog yang, menurut hipotesis ini, kami cirikan sejak awal, Platon  memperluas jangkauan topik untuk dieksplorasi dalam tulisannya (tidak lagi membatasi dirinya pada etika), dan menempatkan teori bentuk (dan gagasan terkait tentang bahasa, pengetahuan, dan cinta) sebagai pusat pemikirannya. Dalam karya-karya periode "pertengahannya" ini misalnya, di Phaedo, Cratylus, Symposium, Republic,  dan Phaedrus ada perubahan penekanan dan doktrin. Fokusnya tidak lagi pada membersihkan diri kita dari ide-ide palsu dan penipuan diri sendiri; sebaliknya, kita diminta untuk menerima (namun secara tentatif) konsepsi baru yang radikal tentang diri kita sendiri (sekarang dibagi menjadi tiga bagian), dunia kita atau lebih tepatnya, dua dunia kita dan kebutuhan kita untuk bernegosiasi di antara keduanya. Definisi istilah kebajikan yang paling penting akhirnya diusulkan di Republic (pencarian mereka dalam beberapa dialog awal tidak berhasil):

Buku I dialog ini adalah potret bagaimana Socrates historis mungkin menangani pencarian definisi keadilan, dan sisa dialog menunjukkan bagaimana yang baru ide dan alat yang ditemukan oleh Platon  dapat menyelesaikan proyek yang tidak dapat diselesaikan oleh gurunya. Platon terus menggunakan sosok yang disebut "Socrates" sebagai lawan bicara utamanya, dan dengan cara ini ia menciptakan rasa kontinuitas antara metode, wawasan, dan cita-cita Socrates historis dan Socrates baru yang kini telah menjadi kendaraan untuk artikulasi. pandangan filosofisnya sendiri. Dengan melakukan itu, dia mengakui hutang intelektualnya kepada gurunya dan menggunakan untuk kepentingannya sendiri prestise luar biasa dari orang yang paling bijaksana pada masanya.

Hipotesis tentang kronologi tulisan-tulisan Platon  memiliki komponen ketiga: hipotesis ini tidak menempatkan karya-karyanya ke dalam salah satu dari dua kategori saja dialog awal atau "Socrates", dan yang lainnya  tetapi bekerja dengan pembagian tiga kali lipat dari awal, tengah.,  dan terlambat. Itu karena, mengikuti kesaksian kuno, telah menjadi asumsi yang diterima secara luas   Hukum adalah salah satu karya terakhir Platon, dan selanjutnya dialog ini memiliki banyak kesamaan gaya dengan sekelompok kecil orang lain: Sofis, Negarawan, Timaeus, Critias,  dan Filebus. Lima dialog ini bersama dengan Hukumumumnya setuju untuk menjadi karya-karya terakhirnya, karena mereka memiliki lebih banyak kesamaan satu sama lain, ketika seseorang menghitung fitur gaya tertentu yang hanya terlihat oleh pembaca Yunani Platon daripada dengan karya Platon  lainnya. (Jumlah komputer telah membantu studi stilometrik ini, tetapi isolasi kelompok enam dialog melalui kesamaan gaya mereka diakui pada abad kesembilan belas.)

Sama sekali tidak jelas apakah ada satu atau lebih kesamaan filosofis di antara kelompok enam dialog ini---yaitu, apakah filosofi yang dikandungnya sangat berbeda dari semua dialog lainnya. Platon  tidak melakukan apa pun untuk mendorong pembaca melihat karya-karya ini sebagai komponen pemikirannya yang khas dan terpisah.

Sebaliknya, ia menghubungkan Sophist dengan Theaetetus (percakapan yang mereka sajikan memiliki karakter yang sebagian besar tumpang tindih, dan berlangsung pada hari-hari berturut-turut) tidak kurang dari Sophist dan Statesman. Sophist berisi, di halaman pembukanya, referensi ke percakapan Parmenides dan mungkin Platon  dengan demikian memberi isyarat kepada para pembacanya   mereka harus membawa pelajaran pada Sofis yang harus diambil dari Parmenides . Demikian pula, Timaeus dibuka dengan pengingat beberapa doktrin utama Republik. Dapat dikatakan, tentu saja,  ketika seseorang melihat melampaui perangkat pengaturan panggung ini, seseorang menemukan perubahan filosofis yang signifikan dalam enam dialog terakhir, yang memisahkan kelompok ini dari semua yang mendahuluinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline