Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Kapitalisme dan Demokrasi Ekonomi Indonesia (9)

Diperbarui: 14 Juli 2022   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokrpi 

Kapitalisme, dan Demokrasi Ekonomi Indonesia (9)

Masa depan tidak harus seperti yang dijelaskan oleh para ilmuwan dan teknolog dengan mengekstrapolasi tren dominan dalam situasi saat ini dan menerapkan hukum bilangan besar kepada orang-orang yang sadar. Di sisi lain, kecil kemungkinannya  masa depan akan bertepatan dengan mimpi, betapapun besar dan manusiawinya, yang mengandaikan  semua kemungkinan terbuka dan kita memiliki kebebasan mutlak untuk memilih di antara mereka.

Semua kemungkinan terbuka dalam logika, bukan dalam sejarah. Masa lalu hidup di masa sekarang dan menetapkan batas-batas untuk masa depan. Praktik manusia di masa lalu telah menjadi objek dalam perubahan ekstensif dalam lingkungan alam kita, dalam teknologi, dalam institusi sosial yang ada dan pola perilaku kolektif, di seluruh dunia simbolis yang membentuk budaya kontemporer kita.

Di atas segalanya, kebiasaan, kebutuhan, kemampuan potensial dan aspirasi kita saat ini adalah produk sejarah. Sifat manusia bukanlah entitas yang abstrak, tetap, dan transenden. Tapi itu  bukan sesuatu yang bisa diciptakan sejak awal melalui pilihan acak individu bebas. Dalam setiap zaman sejarah terdapat struktur umum dalam diri manusia, berupa kristalisasi praktik manusia sepanjang sejarah sebelumnya.

 Struktur ini adalah totalitas dinamis yang berada di balik semua determinan yang lebih spesifik yang menyangkut golongan, ras, bangsa, agama, jenis profesi, karakter individu. Ini terdiri dari karakteristik dan kecenderungan yang berlawanan dari perilaku manusia dan karena itu dinamis dan terbuka untuk perubahan yang berkelanjutan.

Akibatnya, masa depan tidak terpisah dari masa lalu dan masa kini atau sepenuhnya ditentukan oleh mereka. Ada beberapa kemungkinan masa depan, dengan berbagai tingkat kebebasan, organisasi, rasionalitas, kelimpahan, dan keseimbangan batin.

Dalam dunia yang tereifikasi di mana individu berperilaku seperti atom yang terisolasi, hanya ditempati oleh kepentingan khusus langsung mereka sendiri, tanpa konsep kritis tentang keseluruhan, tanpa proyek apa pun untuk mengubah masyarakat secara keseluruhan, masa depan akan menjadi hasil perjuangan antara orang buta, kekuatan sosial yang teralienasi. Umat manusia akan ditakdirkan untuk masa depan yang paling mungkin , tidak peduli seberapa dalam tidak manusiawi dan frustasinya itu.

Tetapi adalah salah satu elemen terpenting dari situasi historis saat ini  kondisi material dan subyektif tertentu yang penting untuk pencabutan reifikasi radikal telah diciptakan, meskipun kita masih hidup di dunia yang tereifikasi di mana manusia telah kehilangan kendali atas kekuatannya sendiri  dan ditransformasikan hanya menjadi objek dari proses sejarah.

Secara historis mungkin untuk mengatasi anarki ekonomi pasar, menghapuskan kekuasaan politik yang teralienasi dan mengakhiri manipulasi massa, membebaskan semakin banyak individu dari pekerjaan rutin yang merendahkan, bebas dari praktik nyata, untuk penciptaan budaya baru, untuk partisipasi aktif dalam masyarakat, pengambilan keputusan.

Kemungkinan-kemungkinan ini tidak mungkin terwujud secara kebetulan, melalui undang-undang statistik yang bertindak bebas atau bahkan menunjukkan upaya oleh individu dan kelompok kecil. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline