Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apakah Filsafat Hegel Bisa Dimengerti?

Diperbarui: 26 Juni 2022   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: Kantor Komunikasi Publik_UNPAD Bandung

Apakah Filsafat Hegel Bisa Dimengerti?

Apakah Hegel bisa dimengerti? Saya tidak tahu, tetapi Georg Wilhelm Friedrich Hegel  tidak dapat disangkal mengundang "salah membaca/memahaminya" yang unik yang saya memperlajari filsafat 26 tahun lalu saya temukan fenomenologi Roh atau Phanomenologie des Geistes beberapa paragraf tentang "Agama Seni" dan seni abstrak, yang tampaknya bersifat kenabian dan tiba-tiba memprediksi proklamasi tentang  "seni abstrak harus berdiri di atas altar agama masa depan".

Dan Seni Religi - bukankah itu istilah yang cukup untuk menggambarkan karakter sakral seni lukis modern, sebuah seni yang telah mendorong refleksi dan kesadaran diri ke puncaknya, untuk mewarnai di atas permukaan datar? Dan memasang monokromnya yang kuat untuk meditasi di sebuah kapel RS Santo Borromeus;  apakah museum telah menggantikan gereja sebagai kuil modern? Ini mungkin untuk sepenuhnya salah memahami maksud Hegel - tetapi konsep-konsep tersebut sangat cocok untuk pemikiran lain, menerangi konteks baru.

Dosen saya sambil berdiri dengan Cerutunya dilapangan parkir kampuas  FKG 26 tahun lalu yakni  Prof. R. H. Husen Djajasukanta  alumi dari Michigan State University, memberikakan  sepuluh baris untuk sejarah filsafat Hegel dalam sistem dialektikanya, Tesis - Antitesis - Sintesis, diberhentikan sebagai "parodi deduksi logis yang sebenarnya dalam mencari dan menemukan ilmu." Tetapi pemahaman ini justru melewatkan seluruh filosofi kontinental (tetapi malah mendapatkan banyak hal lain) yang dapat saya kembangkan sendiri sampai hari ini.

Mentor saya, Prof. Husen, meminjam rerangka pemikiran Hegel untuk  pencarian kebenaran didasarkan pada pandangan yang sangat tidak pasti dan sementara dan berkembang di sepanjang jalan berkelok-kelok menurut apa yang disebut hukum dialektika. Dan pengalaman perolehan pengetahuan itu sendiri akan menjadi bagian dari pengetahuan yang diperoleh. Jadi kita juga belajar dari kesalahan yang kita buat. Di sini kita dapat mengingat kembali spiral hermeneutik pada bagian filsafat ilmu.

Logika adalah pusat filsafat Hegel dan dasar untuk memahami keberadaan.  Berpikir dan realitas dilihat sebagai kuantitas yang setara. Melalui pemikiran murni, dengan demikian kita dapat sampai pada pemahaman tentang realitas. Dengan demikian Hegel adalah seorang rasionalis seperti Descartes, Spinoza dan Leibniz, tetapi logika Hegel berbeda dari para pemikir ini.

Berbeda dengan Kant, dia tidak bermaksud bahwa pengetahuan tertentu, dunia noumenella, tidak dapat diakses oleh kita. Tetapi jalan menuju pengetahuan demikian dialektis dan panjang. Titik awalnya adalah pemikiran dalam dialog Platon, tetapi kita juga dapat mengaitkannya dengan pembawa berita Socrates Heraclitus.  

Setiap konsep yang dapat kita bentuk, hanya dapat kita pahami sepenuhnya melalui kebalikannya. Istilah " panjang " tidak ada artinya tanpa lawannya "pendek", " mudah " diimbangi dengan " sulit " dll. Hegel percaya satu istilah adalah negasi dari yang lain dan mereka membentuk pasangan yang dapat digambarkan sebagai tesis dan antitesis.

Pemikiran mengikuti hukum disebut negasi dari negasi,  yaitu sebagai "pendek" dan mungkin dapat digambarkan sebagai " sesuai ", yang dengan sendirinya sulit dipahami tanpa dua ekstrem "panjang" dan "pendek", (atau jika  memikirkannya arti kata secara umum, ekstrem apa pun).

Prof. Husen menjelaskan hal ini adalah bentuk  perjuangan Aristotle untuk menemukan kebajikan sebagai jalan tengah dari ekstrem, tetapi penting untuk menunjukkan bagi Hegel, sintesis selalu sesuatu yang lebih dari tesis  dan antites, dari mana ia berasal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline