Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Ide Post Humanisme?

Diperbarui: 18 Juni 2022   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri/2016

Apa itu Ide Post Humanisme?

Perdebatan seputar transhumanisme awalnya didirikan dalam iklim kepanikan moral yang nyata. Kaum transhumanis itu sendiri dan pendukung mereka menyiratkan  mereka adalah pembawa janji yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi yang hanya akan direalisasikan dengan mengorbankan pelanggaran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa reaksi para komentator umumnya negatif dan bahkan ganas.

Proyek transhumanis berbahaya, ilusi dan, terlebih lagi, tidak dapat direalisasikan;  itu tidak lain adalah kejahatan terencana terhadap kemanusiaan atau kondisi untuk robotisasi universal;  dia adalah gejala penyederhanaan manusia, direduksi menjadi satu-satunya otaknya;  dia menyembunyikan, agak buruk, kepentingan ekonomi dan sosial yang tidak dapat dihindari;  ada lebih banyak yang harus dilakukan, di dunia yang hancur oleh kesengsaraan, perang, keadaan darurat lingkungan dan ketidaksetaraan, daripada menghasilkan bentuk kehidupan di masa depan; Dan seterusnya.

Nubuat beberapa orang tampaknya menanggapi kecaman orang lain. Namun, situasinya tenang dan tenang. Transhumanis sendiri telah "mengurangi" menyadari  mungkin tidak terlalu cerdas untuk memprediksi penghapusan kemanusiaan demi posthumans dengan kekuatan super; Sedangkan untuk lawan mereka, mereka bersusah payah membaca korpus yang lebih kompleks dan lebih halus dari yang mereka kira.

Seiring dengan penelitian peningkatan manusia, telah ada pengakuan yang berkembang  proyek transhumanis adalah untuk mempromosikan peningkatan radikal, dan program penelitian akademis telah dikembangkan untuk mengevaluasinya. dalam arti ini. Kami dapat menyebutkan karya sejarah atau silsilah yang bertujuan untuk menemukan tesis dan proposal transhumanis dari berbagai penulis: fiksi ilmiah, margin publikasi ilmiah, ideologi, dll.

Dan  sekarang berada pada titik di mana menjadi mungkin untuk secara jelas menyajikan sejumlah tesis yang dapat diidentifikasi, yang merupakan program transhumanis. Kemudian  mengusulkan untuk melakukan ini dengan melanjutkan dengan cara komparatif dan dengan menafsirkan transhumanisme tidak hanya dengan hubungannya dengan humanisme, tetapi dengan hubungannya dengan teknologi.

Transhumanisme atau post-humanisme?

Pertama, kita harus membedakan antara transhumanisme dan posthumanisme, bahkan jika perbandingan memungkinkan. Orang bisa percaya, pada kenyataannya,  transhumanisme dan posthumanisme adalah dua cara untuk menempatkan diri dalam kaitannya dengan humanisme yang diwarisi dari masa lalu. Ini memang kasusnya, tetapi kita harus waspada terhadap pembacaan naif yang akan membentuk simetri palsu. Mari kita perjelas. Dalam kedua kasus, kami memiliki awalan istilah "humanisme". Kita kemudian dapat mempertimbangkan  arti dari awalan yang akan membuat perbedaan dan alasan sebagai berikut:

  Awalan "posting" berarti dalam bahasa Latin "apa yang datang setelah". Oleh karena itu, posthumanisme merupakan agenda untuk menetapkan nilai dan standar untuk apa yang muncul setelah humanisme.

walan "trans" dalam bahasa Latin berarti "yang melampaui". Oleh karena itu, transhumanisme adalah program yang bertujuan untuk menetapkan nilai dan norma yang dimaksudkan untuk melampaui humanisme.

Ide dan gagasan posthumanis dapat ditelusuri lebih jauh ke masa lalu dan  sejarah kritik humanisme membentuk latar belakang refleksi yang menarik untuk isu-isu kontemporer yang penting. Sebagian besar kuliah didasarkan pada buku yang saya miliki di "daftar bacaan" saya untuk waktu yang lama, yaitu Sebuah Ateisme yang Tidak Humanis Muncul dalam Pemikiran Prancis (2010) oleh Stefanos Geroulanos.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline