Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Sinisme Diogenes?

Diperbarui: 10 Mei 2022   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diogenes,dokpri

Apa Itu Sinisme Diogenes?

Sinisme adalah filosofi pelanggaran. Diogenes Laertius menceritakan dalam bukunya Lives, Doctrines and Sentences of Illustrious Philosophers dalam kehidupan Diogenes sang sinisme, dari pengasingannya yang dipaksakan oleh pemalsuan ayahnya hingga kematiannya karena gangguan pencernaan gurita. 

Dalam kelanjutan dari tuannya Antisthenes, yang menyatakan dirinya "anjing sungguhan", sang filsuf menyombongkan diri menggonggong pada orang jahat dan menggigit mereka. Diogenes,   dikenal sebagai Diogenes yang Sinis, adalah seorang filsuf Yunani dan salah satu pendiri filsafat Sinis. 

Diogenes lahir di Sinope, sebuah koloni Ionia di pantai Laut Hitam Anatolia pada tahun 412 atau 404 SM dan meninggal di Korintus pada tahun 323 SM. Diogenes adalah sosok yang kontroversial;

Diogenes, berbenturan dengan nilai-nilai dan mendobrak tabu peradaban Yunani atas nama kebebasan individu dan eksistensi yang sesuai dengan alam. Tidur di amphora, hanya dilengkapi dengan tongkat, tas dan mantel, dia makan dan masturbasi di depan umum, dan mengatakan dia sia-sia mencari pria sejati di sekitarnya.

Di belakangnya, orang-orang sinis adalah mereka yang skandal tiba, dari Athena ke Roma. Tetapi, jika mereka menggunakan subversi, itu seperti penawar, untuk menyembuhkan manusia dari penampilan yang menipu dan untuk membimbingnya di jalan autarki dan kebahagiaan. Oleh karena itu, sangat mendesak untuk (kembali) menemukan sinisme kuno untuk membebaskan diri dari sinisme

Sinisme didasarkan pada penghinaan terhadap dunia. Diogenes   Sinis pada dasarnya membenci barang-barang material, termasuk barang-barang yang biasanya dihargai tinggi oleh pria. Jadi, dia tidak tinggal di rumah, tetapi tinggal di tong (agak besar), seperti anjing di rumah anjingnya. 

Kenyamanan kehidupan sehari-hari juga tidak luput dari penghinaannya. "Melihat suatu hari seorang anak kecil yang sedang minum dari tangannya, kata Diogenes Laertius, dia mengambil mangkuk yang ada di tasnya, dan melemparkannya sambil berkata: "Saya dipukuli, anak ini hidup lebih sederhana daripada saya". , doktrin dan kalimat para filsuf terkenal). Diogenes si sinis membenci kekuatan yang dihormati pria.

Menurut anekdot terkenal, dia hanya menjawab "Menjauh dari matahariku" kepada Raja Alexander Agung, yang datang menemuinya untuk berjanji memberikan apa yang dia inginkan. Penghinaannya lebih umum ditujukan pada semua konvensi moralitas. 

Provokasinya yang paling keterlaluan adalah masturbasi di depan umum menyesali bahwa tidak mungkin untuk meredakan rasa lapar dengan cara yang sama, dengan menggosok perutnya. Demikian pula, dia berasumsi bahwa dia sering pergi ke rumah bordil karena tidak melihat noda moral. Jika Diogenes si sinis tidak mengetahui nasib Socrates, itu karena dia dianggap sebagai orang gila.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline