Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Ketidaksadaran?

Diperbarui: 6 Maret 2022   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Apa itu Ketidaksadaran ?

Carl Gustav Jung (1875-1961), psikiater Swiss, diakui sebagai salah satu pelopor dalam eksplorasi jiwa, karyanya dimulai pada awal abad ke-20. Carl Gustav Jung (1875/1961), pendiri psikologi analitis, lahir sebagai putra seorang pendeta di Kesswil (kanton Thurgau, Swiss) di Danau Constance. 

Pada usia empat tahun ia pergi ke Basel, yang ia anggap sebagai kampung halamannya: ibunya lahir di sana, dan ia bersekolah dan menerima gelar doktor dalam bidang kedokteran di sana. 

Beberapa leluhurnya dari pihak ibunya juga merupakan teolog Protestan, termasuk kakek dan kakek buyutnya. Akan tetapi, kakek buyutnya dari pihak ayah adalah seorang Katolik Roma Kirchenrat (anggota konsistori) di Mainz, dan kakeknya berusia delapan belas tahun ketika ia diubah oleh Schleiermacher menjadi Protestan. 

Dan warisan kepedulian terhadap masalah agama ini mungkin menjadi sumber pertanyaan yang selalu menjadi ciri karyanya. Terlepas dari kecenderungan terhadap humaniora, nenek moyangnya di pihak ayahnya juga termasuk dokter yang memberikan pengaruh abadi pada perkembangan intelektual Jung. 

Kakek dari pihak ayah, seorang estetika dan penyair, diasingkan dari Jerman karena pandangan revolusionernya; dia dipanggil ke kursi bedah di Universitas Basel pada tahun 1822 melalui perantaraan Alexander von Humboldt dan kemudian mendirikan rumah sakit jiwa pertama di sana, serta Ansta't zur Hoffnung, sebuah rumah untuk anak-anak terbelakang mental.

Carl Gustav Jung selama tahun-tahun pertamanya bersama Sigmund Freud dan peneliti lain, kemudian dengan sangat cepat dia menjelajahi sangat banyak bidang, jauh melampaui seksualitas, dan meletakkan tonggak yang sangat berguna   menemukan bantalan seseorang dalam berfungsinya jiwa kita.

Psikologi mendalam,   ditemukan di bawah istilah psikologi analitik atau psikoanalisis Jung, berbeda dalam banyak hal dari aliran lain dengan integrasi yang lebih luas dan lebih dalam dari elemen-elemen yang membentuk kehidupan kita.

Ini sebagian besar tidak disadari dan terkadang sulit dijangkau: tetapi mereka bertindak!Tidak ada teori Jung umum. Namun demikian, beberapa poin penting muncul dari karyanya, di sini mereka berada dalam beberapa baris.

Tentang Ketidaksadaran yang aktif dan kreatif.  Jung memulai eksplorasi nyata dari apa yang pada dasarnya dilihat sebagai "benua gelap", "tempat pembuangan" yang sesungguhnya di mana elemen-elemen yang bertindak dalam bayang bayang dan menggelapkan hidup kita menumpuk. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline