Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Penciptaan Dunia dan Kosmogoni Platon [2]

Diperbarui: 22 Februari 2022   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Penciptaan Dunia dan  Kosmologi Platon  (2)

Penciptaan dunia. Upaya memanggil para dewa untuk meminta bantuan, Kritias  menguraikan terlebih dahulu tema-tema wacananya: makhluk yang tidak berubah yang hanya dapat disimpulkan oleh akal, dan makhluk yang selalu berubah yang dapat diakses oleh persepsi kita. Pernyataan tentang menjadi dan menjadi tidak memiliki klaim kebenaran; probabilitas tinggi harus cukup di sini. Critias dimulai: Pencipta dunia memerintahkan kekacauan awal sedemikian rupa sehingga dia sendiri adalah perwujudan yang baik dan sempurna, hanya menciptakan yang baik dan sempurna. 

Dia membentuk kosmos sebagai makhluk rasional dan berjiwa dari empat elemen primordial api, tanah, air dan udara. Unsur-unsur dalam hubungan yang harmonis satu sama lain dan sepenuhnya terserap dalam penciptaan.

"Karena dewa menginginkan segalanya menjadi baik dan, jika mungkin, tidak ada yang lebih rendah, dia membawa segala sesuatu yang terlihat dan yang tidak dia ambil dengan tenang, tetapi dalam gerakan yang membingungkan dan tidak teratur, tidak teratur menjadi teratur" (Timaeus)

Sebagai makhluk yang sempurna, kosmos memiliki bentuk yang sempurna: bola. Bahkan sebelum kosmos terbentuk secara material, Sang Pencipta telah menciptakan jiwanya. Untuk melakukan ini, ia menggabungkan sifat yang sama, sifat yang lain dan keberadaan menjadi satu kesatuan. Jiwa ini mengelilingi dan meliputi seluruh kosmos.

 "Ketika jiwa telah sepenuhnya menembus dari pusat ke tepi paling ujung surga, dan menyelimutinya dari luar, ia mulai mengubah dirinya di dalam dirinya sendiri, dengan awal ilahi dari kehidupan rasional yang tak henti-hentinya untuk selamanya." (Republik Platon pada teks Timaeus);

Waktu muncul bersama dengan kosmos sebagai gambar bergerak dari keabadian yang tak tergoyahkan. Untuk dapat mengukurnya, Sang Pencipta menciptakan benda-benda angkasa. Ini bergerak di jalur tertentu yang mencerminkan alasan penciptaan. Benda langit tertua dan dewa tertua adalah bumi. Anak-anak bumi dan langit adalah kakek-nenek dari dewa yang terlihat Zeus, Hera dan saudara-saudara mereka. Untuk menyelesaikan penciptaan, Sang Pencipta menugaskan dewa-dewa ini untuk menciptakan makhluk fana. Dia sendiri membuat sejumlah besar jiwa dengan bantuan residu yang tersisa dari campuran jiwa dunia, tetapi dengan kemurnian yang lebih rendah.

Oleh karena itu, dan untuk tujuan ini, semua bintang diciptakan yang bergerak dalam orbit yang berliku-liku di langit, sehingga alam semesta ini mungkin menyerupai makhluk hidup yang sempurna dan dapat dipahami secara rasional sejauh meniru sifat kekalnya." (Republik Platon pada teks Timaeus)

Dipasang di tubuh pria, jiwa menciptakan persepsi dan perasaan. Ketika jiwa menaklukkan emosi kekerasan dan menjalani kehidupan yang baik, ia kembali ke bintangnya. Jika dia gagal, dia terlahir kembali dalam tubuh seorang wanita, jika dia gagal lagi, dalam tubuh binatang.

Para dewa memenuhi perintah pencipta mereka dan membentuk manusia dari unsur-unsur. Mereka membentuk kepala bulat sesuai dengan pola kosmos. Mata adalah alat pertama yang diberikan para dewa kepada manusia. Di sini api batin manusia dan api luar bertemu seperti siang hari dan membentuk sinar yang berfungsi sebagai saluran tayangan visual. Melihat adalah keniscayaan berpikir, karena tanpa melihat tidak akan ada ilmu pengetahuan. Hanya berkat dia manusia dapat menjelajahi tatanan dunia luar dan menyelaraskannya dengan tatanan pemikirannya. Indera pendengaran diberikan kepada manusia agar ia dapat memahami keselarasan ciptaan rasional melalui bahasa dan musik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline