Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa itu Fenomenologi Roh?

Diperbarui: 31 Januari 2022   14:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Apa Itu Filafat Fenomenologi Roh? Dikaitkan dengan dan Petualangan Kesadaran. Karya utama Georg Wilhelm Friedrich Hegel (27, Agustus 1770 sd 14 November 1831) adalah  Fenomenologi Roh [The Phenomenology of Spirit] oleh Hegel, diterbitkan pada tahun 1807, didasarkan pada intuisi filosofis yang berharga: kesadaran bukanlah institusi yang lengkap, ia dibangun, diubah menjadi selain dirinya sendiri. 

Dari intuisi ini, Hegel menelusuri kembali epik kesadaran melalui tahapan yang berbeda, evolusi kesadaran, dari kesadaran yang masuk akal ke semangat absolut. Dengan demikian, Fenomenologi Roh adalah kisah kesadaran di dunia yang hidup. Filsafat Hegel adalah fenomenologi sejauh ia tertarik pada dunia seperti yang muncul untuk sebuah kesadaran, dari kesadaran naif ke akal. Ilmu fenomena ini bertujuan untuk memunculkan esensi hal-hal di dunia.

Dengan gerakan yang memusingkan, Hegel, yang mulai menulis esai ini pada usia dua puluh tujuh tahun, berusaha menggambarkan dan mendefinisikan semua dimensi pengalaman manusia: pengetahuan, persepsi, kesadaran dan subjektivitas, interaksi sosial, budaya, sejarah, moral, dan agamaa. Melalui Fenomenologi, ia akan membentuk sistem filsafat tertutup, yang bertujuan untuk mencakup seluRoh  keberadaan manusia, untuk menjawab semua pertanyaan tentang manusia, dunia dan Tuhan.

Kesulitan buku ini terletak pada bahasanya, sulit, karena Hegel harus menciptakan terminologi baru untuk melepaskan diri dari semantik idealis yang digunakan oleh Kant.Metode yang dikembangkan oleh Hegel adalah metode dialektika, yang terdiri dari pemikiran tentang kontradiksi dan mengatasinya melalui fase baru, yaitu sintesis. Metode dialektika ini akan menentukan dalam sejarah filsafat dan akan mempengaRoh i Husserl, Sartre dan terutama Marx, yang akan memikirkan sejarah ekonomi dan sosial dalam terang dialektika Hegelian.

Fenomenologi Roh disusun dalam dua momen: [a]pendekatan a-historis: petualangan kesadaran dan perjalanan menuju kesadaran diri (bab 1 sampai 5), dan [b] pendekatan historis: realisasi akal, melalui pikiran, agama dan pengetahuan mutlak (bab 6 sampai 8). .

Fenomenologi Roh, Bab 1-3: Kesadaran. Hegel mencoba mendefinisikan sifat dan kondisi pengetahuan manusia dalam tiga bab pertama ini. Dia menegaskan pikiran tampaknya tidak memahami objek dunia, sesuai dengan Kant, untuk siapa pengetahuan bukanlah pengetahuan tentang "hal-hal dalam diri mereka".

 Sementara Kant memiliki visi pengetahuan individualistis, Hegel mengemukakan komponen kolektif untuk pengetahuan. Faktanya, menurut Hegel, ada ketegangan antara tindakan individu mengetahui dan universalitas konsep yang terkait dengan tindakan ini. Tindakan individu menunjukkan momen pertama, yaitu kepastian yang masuk akal, menunjukkan upaya pikiran untuk memahami sifat sesuatu. Dorongan ini muncul melawan persyaratan konsep universal, dengan kata lain  orang yang berbeda dapat memahami konsep-konsep ini. Persyaratan ini mengarah ke mode kesadaran kedua, persepsi. Bersamaan dengan persepsi, kesadaran, dalam pencariannya akan kepastian, mengacu pada kategori umum pemikiran dan bahasa.

 Kesadaran selalu ditarik ke dua arah yang berbeda. Indra kita memberi tahu kita tentang dunia, dan kategori memberi makna pada dunia. Ketidaksesuaian antara makna dan kategori menciptakan perasaan ketidakpastian, frustrasi yang mengarah pada skeptisisme, yaitu penangguhan penilaian. Kesadaran karena itu ditempatkan dalam proses pembelajaran, yang merupakan mode kesadaran ketiga dan tertinggi.

Fenomenologi Roh, Bab 4: Kesadaran Diri. Disini Hegel menggeser analisisnya dari kesadaran secara umum ke kesadaran diri. Sejalan dengan kaum idealis, Hegel mendalilkan kesadaran objek tentu menyiratkan kesadaran diri tertentu, jika tidak pemisahan antara subjek dan objek yang dirasakan. Tetapi Hegel melangkah lebih jauh dan menegaskan  subjek juga merupakan objek bagi subjek lain. Oleh karena itu, kesadaran diri adalah kesadaran orang lain akan kesadaran diri. Dengan kata lain, seseorang menjadi sadar akan dirinya sendiri melalui mata orang lain. Ini adalah perjuangan terkenal untuk pengakuan. Keberbedaan dan kesadaran diri yang murni saling bertentangan dalam "perjuangan maut" untuk mendapatkan pengakuan.

 Fenomenologi Roh, bab 5 hingga 8: Roh dan Pengetahuan Mutlak. Hegel di akhir bab 4, Hegel menjelaskan "hati nurani yang tidak bahagia", hasil dari negasi dari dunia dan hati nurani religius, itu sendiri adalah produk dari ketakutan akan kematian. Agama, menurut Hegel, sering dilihat sebagai tempat perlindungan dari kegagalan pengakuan subjek oleh orang lain: dengan beralih ke makhluk transenden (Tuhan), seseorang dapat mengambil kenyamanan dalam makhluk yang hanya ada dalam dirinya sendiri, bukan dalam dirinya sendiri. perjuangan untuk pengakuan antar makhluk. Peralihan menuju makhluk transenden ini merupakan hasil dari upaya awal kesadaran untuk memahami sifat objek.

 Seperti Kant, Hegel berpikir  akal menuntun kesadaran untuk menyesuaikan kategori-kategori universal dengan fenomena tertentu. Namun, proses ini tidak mulus dan selalu melibatkan unsur ketidakpastian dan ketidaktepatan, karena objek ada dalam berbagai variasi sehingga sulit untuk memasukkannya ke dalam kategori universal. Jadi, sejauh kesadaran berorientasi pada kategori pemikiran yang stabil, ia juga menyadari seperangkat standar yang mengatur bagaimana fenomena sesuai dengan kategori tersebut. Norma-norma, atau hukum-hukum pemikiran ini, tidak berada dalam objek maupun pikiran, tetapi dalam dimensi ketiga, dalam "keseluRoh an sosial yang terorganisir". Untuk semua orang, kesadaran diri milik kesadaran diri kolektif. Hukum pemikiran, moral dan konvensi milik kehidupan sosial. Himpunan hukum yang mengatur kesadaran kolektif ini, Hegel menyebutnya "Spirit". 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline