Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Metafora?

Diperbarui: 21 Januari 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Apa itu Metafora? Metafora kata bahasa Inggris abad ke-16, kata Perancis Kuna metaphore, atau pada bahasa Latin metafora, "membawa",   Yunani (metafora), "pemindahan (kepemilikan)", atau kata (metapher), "membawa", "memindahkan;  dari (meta), "di belakang", "bersama", "melintasi"; kata  (phero), artinya "membawa".

Kata metaforis berati (jamak),   metafora Yunani "sebuah transfer," terutama dari arti satu kata ke kata yang berbeda, secara harfiah "a carry over," dari metapherein "to transfer, carry over; mengubah, mengubah; untuk menggunakan sebuah kata dalam arti yang unik," dari meta "di atas atau melampaui; 

Metafora [perumpamaan] sebagian besar berfungsi sebagai sarana gaya yang digunakan dalam teks sastra. Dalam konteks ini, penerima sering menemui masalah interpretasi, karena penggunaan bahasa dalam metafora tampaknya menyimpang dari penggunaan bahasa sehari-hari. Metafora adalah penggunaan kata atau konsep atau gambar yang ambisius secara puitis atau retoris.  Arti lain Metafora {perumpamaan} sebagai "Semantik Umum", membedakan dua hal: pertama, deskripsi kemungkinan bahasa atau tata bahasa sebagai sistem semantik abstrak di mana simbol dikaitkan dengan aspek fenomena nomena  dunia; dan, kedua, deskripsi fakta psikologis dan sosiologis di mana salah satu dari sistem semantik yang bersifat abstrak dan memiiliki banyak makna baik heremenutis semiotis.

Metafora memberi sesuatu nama yang menjadi milik sesuatu yang lain;pemindahan baik dari spesies ke genus, atau dari genus ke spesies, atau dari spesies ke spesies, atas dasar analogi. 

Platon, mengkritik penggunaan pidato kiasan untuk perannya dalam retorika, "seni persuasi," sebaliknya muridnya  Aristotle mengakui kelebihan gayanya dan memberi analisis sistematis pertama tentang metafora dan tempatnya dalam sastra dan seni mimetik. 

Deskripsi singkatnya tentang bagaimana metafora digunakan dapat ditemukan dalam Retorika dan Puisi, sementara analisisnya yang luas tentang bagaimana metafora beroperasi dalam konteks bahasa secara keseluruhan dapat disimpulkan dengan membaca tentang Interpretasi bersama dengan Metafisika. 

Penggunaan deskriptif metafora dapat dipahami sebagai perluasan maknanya; istilah ini berasal dari bahasa Yunani metafora, dari metaphero, yang berarti "memindahkan atau membawa." 

Jadi, perumpaman atau kiasan kiasan muncul dari gerakan substitusi, yang melibatkan pemindahan kata ke pengertian baru, yang membandingkan atau menyandingkan subjek yang tampaknya tidak berhubungan.

Kontribusi Aristotle pada model metafora substitusi standar; dipahami sebagai perangkat linguistik, diterapkan secara luas tetapi tetap dalam batas-batas retorika dan puisi. 

Meskipun metefora memainkan peran sentral dalam persuasi sosial, metafora, dibatasi oleh mekanisme kesamaan dan substitusi, tidak membawa kepentingan spekulatif atau filosofis apa pun. 

Metafora dapat menunjukkan kesamaan yang mendasari antara objek dan kategori deskriptif mereka, dan dapat menginstruksikan melalui penambahan keaktifan dan keanggunan pada ucapan, tetapi mereka tidak merujuk, dalam arti yang kuat, ke bentuk pengetahuan proposisional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline