Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Kritik Adorno pada Pencerahan

Diperbarui: 19 Juli 2021   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kritik Theodor Adorno  pada  Rasionalitas Pencerahan

Adorno, "Dialectic of Enlightenment" ditulis bersama Horkheimer, "Theory of Beauty" karya Adorno, merupakan musisi hebat, atau "Negative Dialectics"?  Max Horkheimer,  menjadi direktur Institut Universitas Frankfurt pada tahun 1931, akrab dengan Schopenhauer dan Nietzsche   ketika ia masih muda. Kritik Marx terhadap kapitalisme dan kritik terhadap sipilisme Jerman pada akhir abad ini terkait di sana. Ini cukup unik. Schopenhauer, Nietzsche dan Marx terhubung karena mereka berbagi Filosofi Kehidupan atau "Lebensphilosophie".

Ini mudah dimengerti. Tapi mungkin pembaca hari ini mungkin tidak mengerti mengapa Jerman mengkritik "peradaban" di akhir abad ini. Dengan kata lain, kritik terhadap tren pada berpikir, "Karena setiap orang dapat menggunakan alat yang sama, setiap orang dapat mengungkapkan alasan dengan subjektivitas yang setara dan bebas;

Saat ini, alat-alat seperti itu menjadi lebih populer seperti PC, dan ponsel, Gmeet, tetapi dalam masyarakat seperti itulah Jerman pada abad ke-19 bergegas ke prinsip kehidupan keluarga gaya Biedermeier. Masyarakat tidak banyak berubah sejak abad ke-20.

Dalam istilah unik para intelektual Jerman saat itu, disebut "diferensiasi akal" (Weber) dan "alasan instrumental" (Horkheimer). Di masa lalu, akal itu sendiri seharusnya mandiri, tetapi ketika mulai menembus masyarakat sipil dan masyarakat alat, terpecah ke arah itu. Intelek Eropa, yang dengan indah mengakhiri abad ke-18 menjadi "abad akal", tampaknya berkata, tetapi itu benar. Kemudian Horkheimer   menulis buku berjudul The Corrosion of Reason.

Namun, dengan bangkitnya Nazi, Institut Frankfurt tidak punya pilihan selain bubar. Di sana, Horkheimer dan rekannya Adorno, yang pergi ke pengasingan di California, menulis "Dialektika Pencerahan." Mereka merenungkan dengan cukup serius mengapa peradaban mencapai fasisme Nazi setelah sangat berkembang.

"Odyssey" karya Homer dan menjelaskannya dengan merekonstruksi filosofi naratif dengan alasan baru. Kritik terhadap budaya populer di Amerika Serikat tumpang tindih di sana.Dengan cara ini, Adorno mulai mengungkapkan pemikirannya melalui karya tulis bersama dengan Horkheimer.

Theodor Adorno adalah putra seorang pedagang anggur di Frankfurt dan seorang Yahudi. Keyahudian ini adalah akar dari ide-ide Adorno sampai akhir. Adorno  menyukai musik sejak dia masih kecil dan belajar pendidikan musik skala penuh di bawah Alban Berg di Wina dan filsafat di bawah teolog Paul Tirich. Tillich adalah master "teologi sistematik".

Adorno menjadi dosen di Universitas Frankfurt pada tahun 1931, di mana Adorno bertemu Horkheimer dan bertemu dengan beberapa orang. Di antara mereka, Walter Benjamin, yang saya kenal pada tahun 1923, tertarik melihat dewa (Fitish) dalam produk dan berdiskusi secara mendalam, dan terkesan dengan teknik 12 nada (musik atonal) Arnold Schoenberg. Teori musik Adorno cukup maju. Secara khusus, "Filsafat Musik Baru" menunjukkan prestasi yang tidak dapat dilakukan oleh siapa pun, mengkritik Stravinsky dan membela Schoenberg. Thomas Mann selalu menyebut Adorno  adalah manusia "jenius".

Adorno tersebut pergi ke pengasingan di California, menulis "Dialektika Pencerahan" dengan Horkheimer, dan terus mengeja "Minima Moralia" seperti memo di tengah-tengah Perang Dunia II. Itu mulai menulis pada tahun 1944, ketika saya lahir, dan telah menulis selama sekitar tiga tahun. Itu diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang di akhir 70-an.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline