Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Tujuh Tema Filsafat Platon [4]

Diperbarui: 3 Maret 2020   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tujuh Tema FIlsafat Platon [4] | dokpri

Tujuh Tema Filsafat Platon [4]

Tema pada "Filosofi alami" pada  dialog Phaidon, Platon Socrates dengan jelas melaporkan bagaimana ia berharap di masa mudanya menemukan penyebab semua hal dalam sejarah alam kuno, dan bagaimana ia kecewa dalam proses tersebut. 

Bahkan Anaxagoras hanya berurusan dengan apa yang dapat dipahami oleh indra dan bersalah karena tidak menjawab "mengapa" yang sebenarnya. Karena itu Platon  terutama tertarik pada prinsip-prinsip intelektual dan dengan demikian juga dalam matematika. 

Namun, ilmu pengetahuan alam menyangkut dunia empiris fenomena, yang, sebagai defisit, hanya secara tidak sempurna menggambarkan ranah gagasan yang sempurna: Menurut Timaios, seorang makhluk mistis, bapa dunia, membentuk dunia fisik dari materi sesuai dengan dunia ideal abadi. 

Dunia secara keseluruhan adalah gambar Pencipta dan pada saat yang sama makhluk abadi, sempurna, hidup, beranimasi, beralasan. Jiwa dunia adalah prinsip pergerakan dan kehidupan dunia. Di dalamnya identik (untuk auton), satu dan yang lainnya (ke heteron), bermacam-macam dipersatukan.

Materi membandingkan Platon  dengan bahan (hyle) yang dibuat pengrajin. Ini adalah substrat yang independen dari demiurge. Ini amorf, tetapi pada saat yang sama mudah dibentuk dan dibentuk. Ini adalah pangkuan menjadi anak, di dalamnya tubuh diciptakan. 

Ini adalah semacam ruang, sesuatu yang dapat ditentukan dan oleh karena itu sesuatu yang relatif tidak ada. Ke 4 anasir: Api, udara, air, dan bumi adalah empat bentuk dasar materi yang dapat bertransformasi menjadi satu dengan yang lain kecuali bumi.

Keempat elemen ini terdiri dari polyhedra biasa, yang pada gilirannya terdiri dari segitiga sama kaki siku-siku kecil - semacam atom geometris. Menurut Democritus, Platon  adalah salah satu pencipta penting teori atomistik materi dan unsur-unsur dan sekaligus pendiri pertama atomisme matematika.

Segitiga adalah gambar paling sederhana di mana angka-angka geometris dapat dibagi. Dalam konteks ini,   menekankan sifat ideal dari partikel terkecil ini: 

" Asumsi   segitiga atom adalah atom didasarkan pada ketidakterpisahan eidetik. Karena ketidakterpisahan adalah inti dari segitiga dalam arti   segitiga itu tidak lagi menghasilkan sosok yang lebih sederhana melalui pembagian. Atom-atom Platon  bukanlah realitas-realitas terakhir yang menolak disintegrasi bentuk-bentuk yang muncul, penghancuran semua unit bentuk, tetapi mereka adalah arketipe fisik itu sendiri. Dan bukan figur-figur kebetulan yang muncul dari kumpulan mereka, tetapi 'badan-badan Platon nis' biasa. Segitiga atom bukanlah realitas pamungkas dari kemungkinan fragmentasi fisik, tetapi blok bangunan asli dari yang biasa ";

Ketidakterpisahan dari partikel terkecil ini berlaku jika materi telah terbentuk dan telah menjadi "sesuatu". Namun menurut Platon  berbeda dengan materi sebelum membentuk dan dengan demikian sebelum munculnya materi sebagai fisik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline