Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Pendidikan Seks, dan Kajian Filsafat [4]

Diperbarui: 29 Februari 2020   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan Seks, dan Kajian Filsafat [4]

Pendidikan Seks, dalam Kajian FIlsafat  [4]

Memperhatikan karakter subversif dari kerinduan manusia, para filsuf politik yang tulisannya memperkenalkan zaman modern berusaha memberikan landasan yang aman bagi kehidupan politik melalui komposisi teks yang kebal terhadap efek destabilisasi dari hasrat erotis. Secara khusus, pemeriksaan yang cermat terhadap tulisan-tulisan Rene Descartes, dan Thomas Hobbes mengungkapkan  kedua filsuf itu berusaha menyusun teks dasar untuk zaman baru dalam sejarah manusia, adopsi yang akan menekan dimensi erotis pengalaman manusia dan dengan demikian melindungi negara modern dan teks-teks mendasar yang darinya ia bergantung dari pencarian politis subversif untuk objek akhir kerinduan manusia. Singkatnya, sebuah fondasi politik yang tahan terhadap subversi erotis membutuhkan teks pendiri yang kebal terhadap ironi hasrat manusia.

Ketika sintesis abad pertengahan dari teologi Kristen dan metafisika Aristotelian semakin tidak mampu menjelaskan pengalaman manusia, menandakan kegagalan proyek skolastik, dan ketika tatanan feodal yang diwariskan runtuh di bawah beban kelas borjuis yang sedang tumbuh, para pendiri zaman modern mencari mengamankan fondasi untuk membangun kembali ilmu dan masyarakat manusia itu sendiri. Seperti yang dituliskan Descartes di awal Meditasi pertamanya: "Beberapa tahun yang lalu saya dikejutkan oleh sejumlah besar kepalsuan yang saya terima sebagai hal yang benar di masa kecil saya, dan oleh sifat sangat meragukan dari seluruh bangunan yang saya kemudian berdasarkan pada mereka. Saya menyadari  perlu, sekali dalam perjalanan hidup saya, untuk menghancurkan segalanya sepenuhnya dan memulai lagi dari dasar jika saya ingin membangun apa pun dalam ilmu yang stabil dan cenderung bertahan. "  

Descartes terkenal menemukan fondasi yang aman untuk rekonstruksi ilmu-ilmu dalam ketidakpastian keberadaannya sendiri sebagai res cogitan,  atau "hal yang dipikirkan." Dalam kata-kata Descartes:

"Tetapi saya telah meyakinkan diri saya  sama sekali tidak ada apa pun di dunia ini, tidak ada langit, tidak ada bumi, tidak ada pikiran, tidak ada tubuh. Apakah sekarang berarti saya  tidak ada? Tidak: jika saya meyakinkan diri sendiri tentang sesuatu maka saya pasti ada. Tetapi ada penyesat kekuatan tertinggi dan kelicikan yang dengan sengaja dan terus-menerus menipu saya. Dalam hal itu saya  tidak diragukan lagi ada, jika dia menipu saya; dan biarkan dia menipu saya sebanyak yang dia bisa, dia tidak akan pernah mewujudkannya  saya tidak berarti selama saya berpikir  saya adalah sesuatu. Jadi setelah mempertimbangkan semuanya dengan saksama, saya akhirnya harus menyimpulkan  proposisi ini, saya, saya ada, tentu benar setiap kali diajukan oleh saya atau dikandung dalam pikiran saya. Tapi apa yang kemudian saya? Suatu hal yang berpikir. "

Dengan kata-kata ini, Descartes memberi zaman baru sebuah fondasi yang baru, dan tampaknya tak dapat dibantah, kepastian keberadaannya sendiri sebagai hal yang dipikirkan.  Atas dasar kepastian ini penerus Descartes akan membangun kembali ilmu pengetahuan dan membangun negara demokrasi liberal modern.

Proposisi pendiri Descartes, bagaimanapun, tidak asli.   Memang, lebih dari 1.200 tahun sebelumnya, dalam bab Kota Tuhan {City of God} yang kesebelas, Agustinus  menyatakan hal yang sama: "Saya sangat yakin akan hal itu, dan  saya tahu dan senang akan hal ini. Sehubungan dengan kebenaran-kebenaran ini, saya sama sekali tidak takut dengan argumen para akademisi, yang mengatakan, Bagaimana jika Anda tertipu? Karena jika aku tertipu, aku juga. Karena dia yang bukan, tidak bisa dibohongi; dan jika saya tertipu, dengan token yang sama ini, saya juga. Dan karena saya adalah jika saya tertipu, bagaimana saya tertipu dalam mempercayai  saya ini? karena sudah pasti aku ada jika aku tertipu. "  

Sementara Descartes dengan tegas membantah tuduhan plagiarisme, perbandingan konsepsi ego Cartesian dan Agustinian diungkapkan terlepas dari seberapa besar sebenarnya hutang Descartes.  Bagi Agustinus, ego manusia mengandung gambaran tentang Tritunggal, menyatukan makhluk, mengetahui, dan mencintai sebagai tiga, yang tak terpisahkan, dan sama-sama tak terhindarkan, ciri-ciri keberadaan manusia. Dalam kata-kata Augustine: "Karena, seperti yang aku tahu, aku  tahu hal ini, aku tahu. Dan ketika saya menyukai kedua hal ini, saya menambahkan mereka hal ketiga tertentu, yaitu, cinta saya, yang memiliki momen yang setara. Karena saya  tidak tertipu dalam hal ini,  saya mencintai, karena dalam hal-hal yang saya sukai saya tidak tertipu.   

Di sisi lain, dalam pembangunan ego Cartesian, dimensi erotis keberadaan manusia ditekan: "Akhirnya aku menemukannya," tulis Descartes: "berpikir; ini saja tidak dapat dipisahkan dari saya. Saya, saya ada - ini pasti. Tapi untuk berapa lama? Selama saya berpikir. Karena bisa jadi kalau aku benar-benar berhenti berpikir, aku harus benar-benar tidak ada lagi. Saat ini saya tidak mengakui apa pun kecuali apa yang benar. Maka, saya dalam arti sempit hanya hal yang berpikir. Berpikir dan didefinisikan serta melelahkan keberadaan ego sebagai res cogitan. Mencintai jelas tidak ada. Memang, dua kali lipat pernyataan Descartes  pemikiran "sendirian" tidak dapat dipisahkan dari ego dan  ego adalah "dalam arti yang ketat" hanya hal yang memungkiri kebodohannya tentang konsepsi tritunggal Augustinus tentang manusia dan mengungkapkan kepeduliannya terhadap subversivitas dari keinginan. Dalam kata-kata Jean-Luc  , pada awal era modern, " ego cogitan memantapkan dirinya hanya dalam oposisi terhadap dan dengan menekan contoh erotis."  '

Adanya , "bukti penindasan ini" terkandung dalam penghitungan Descartes tentang kegiatan-kegiatan esensial ego.   Setelah menyatakan  "proposisi, saya, saya ada,  tentu benar" pada awal Meditasi Kedua, Descartes bertanya secara retoris, "Tapi lalu bagaimana saya?" di mana dia segera menjawab: "Suatu hal yang berpikir." "Apa itu;" Descartes kemudian bertanya, memperdalam penafsiran meditatif tentang eksistensinya sendiri. "Suatu hal yang meragukan, memahami, menegaskan, menyangkal, mau, tidak mau, dan  membayangkan dan memiliki persepsi indera."  

Descartes mengulangi penghitungan kegiatan esensial ego ini pada awal Meditasi Ketiga: "Saya adalah sesuatu yang berpikir: yaitu, hal yang meragukan, menegaskan, menyangkal, memahami beberapa hal, tidak mengetahui banyak hal, tidak mengetahui banyak hal,  bersedia, tidak mau, dan  yang membayangkan dan memiliki persepsi indra; karena seperti yang telah saya catat sebelumnya, walaupun objek pengalaman indrawi dan imajinasi saya mungkin tidak ada di luar saya, namun cara berpikir yang saya sebut sebagai kasus persepsi indera dan imajinasi, sejauh mereka hanyalah mode dari berpikir, memang ada dalam diriku - untuk itu aku yakin.   

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline