Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Antara Filsafat dan Retorika Gorgias

Diperbarui: 23 Februari 2020   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Antara filsafat dan retorika Gorgias

Gorgias adalah salah satu dialog Platon yang paling pahit dalam pertukaran yang terkadang penuh dengan kemarahan, ketidaksetujuan tanpa kompromi, banyak kesalahpahaman, dan memotong retorika. 

Dalam hal ini bahkan melampaui Protagoras, dialog yang menggambarkan konfrontasi yang bermusuhan antara Socrates dan sofis terkenal dengan nama yang sama. Pertengkaran antara filsafat dan retorika menunjukkan dirinya sebagai pertarungan yang buruk di Gorgias.

Apa yang diperebutkan; Socrates meminta Gorgias untuk mendefinisikan apa yang dia lakukan, maksudnya, untuk mendefinisikan retorika. Dan dia meminta dia untuk melakukannya dengan cara yang membantu membedakan retorika dari wacana filosofis: yang pertama menghasilkan pidato pujian dan kesalahan, yang terakhir menjawab pertanyaan melalui memberi dan menerima diskusi ( dialegesthai , 448d10) dalam upaya untuk sampai pada definisi yang ringkas, dan lebih luas lagi, dengan maksud untuk memahami subjek.

Filsuf itu senang disangkal jika itu mengarah pada pemahaman yang lebih baik; kebijaksanaan, dan bukan hanya berjuang untuk "memenangkan" argumen, adalah tujuannya (457e-458a).

Gorgias dipaksa oleh tantangan yang berurutan untuk beralih dari pandangan retorika berkaitan dengan kata-kata (pidato) ke pandangan aktivitas dan keefektifannya hanya terjadi di dalam dan melalui kata-kata (tidak seperti seni manual) ke pandangan   objeknya adalah yang terbesar. masalah manusia, yaitu kebebasan. 

Retorika adalah "sumber kebebasan bagi umat manusia itu sendiri dan pada saat yang sama adalah untuk setiap orang sumber kekuasaan atas orang lain di kota mereka sendiri" (452d6-8). Kebebasan ini adalah semacam kekuatan yang dihasilkan oleh kemampuan untuk membujuk orang lain untuk melakukan penawaran seseorang; "Retorika adalah penghasil persuasi. Seluruh bisnisnya menjadi seperti itu, dan itu adalah panjang dan pendeknya "(453a2-3).

Namun persuasi tentang apa sebenarnya; Jawaban Gorgias adalah: tentang hal-hal yang menyangkut keadilan dan ketidakadilan (454b7). Tetapi tentunya ada dua jenis persuasi, satu yang menanamkan kepercayaan semata, dan lainnya yang menghasilkan pengetahuan; itu adalah satu-satunya yang terkait dengan retorika. 

Analogi argumen ini terhadap kritik puisi sudah jelas; dalam kedua kasus tersebut, Socrates ingin berargumen pembicara bukanlah pembicara kebenaran, dan tidak menyampaikan pengetahuan kepada audiensnya. Seperti yang telah dicatat, Socrates mengklasifikasikan puisi (nama puisi dithyrambic dan tragis) sebagai spesies retorika. 

Tujuannya adalah untuk memuaskan dan menyenangkan penonton, atau dengan kata lain, itu hanya semacam sanjungan. Lepaskan ritme dan meteran, dan Anda memiliki prosa sederhana yang diarahkan pada massa. Ini semacam berbicara di depan umum, itu saja (502a6/c12).

Retorika adalah pembuat kepercayaan dalam jiwa pendengar atau auditornya (455a3/4). Dan tanpa keterampilan itu   di sini Gorgias mulai tumbuh dengan panjang dan lancar  seni lain (seperti obat-obatan) tidak dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif (456b dst.). Retorika adalah seni yang komprehensif. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline