Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu "Karma dan Moksa"? [5]

Diperbarui: 1 Februari 2020   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa itu Karma dan Moksa, Dokpri

Karma dan Moksa [5]

Dharma dan Moksha.   Keyakinan sentral dalam tradisi Hindu berkelompok di sekitar dua konsep: dharma dan moksha.   Setiap gagasan menyangkut arah nasib manusia. Tradisi yang berfokus pada Dharma: perlu untuk menjunjung tinggi, melestarikan, melestarikan, dan memperbaiki dunia fisik secara umum, dan masyarakat manusia secara khusus; Manusia pada dasarnya ditegaskan sebagai sosial, diatur oleh kebutuhan fisik dan harus hidup dengan manusia lain;

Karma dan Samsara:   dua konsep dasar yang menginformasikan gagasan dharma dan moksha. Karma: hukum sebab dan akibat yang dengannya seseorang menuai apa yang ditabur.  [a] Sebuah. "Karma" berarti "perbuatan, [b] Semua tindakan, terutama tindakan moral, memiliki efek yang dapat diprediksi  setiap orang bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dilakukannya; setiap tindakan akan memengaruhi masa depan seseorang; [c] Kondisi, karakter, keadaan seseorang saat ini adalah hasil dari tindakan masa lalu; [d]   Pemahaman tekstual dan populer tentang karma

Sedangkan Samsara: sebagai siklus kelahiran kembali / sebagai aliran dan aliran penciptaan; [a] Siklus kelahiran dan kelahiran kembali; [b] Kehidupan seseorang saat ini = salah satu rantai kehidupan yang panjang, kehidupan yang tak terhitung jumlahnya dalam bentuk manusia dan non-manusia (termasuk keberadaan sebagai dewa) dan [c] Urutan hierarkis semua spesies yang ada, seperti kasta; dan [d] Samsara sebagai sistem fluida dan alam semesta yang berubah;

Agama-agama besar yang memiliki kepercayaan pada reinkarnasi, bagaimanapun, adalah agama-agama Asia, khususnya Hindu,  Jainisme, Budha, dan Sikh, yang semuanya muncul di India. Mereka semua memiliki kesamaan doktrin karma (karman ; "act"), hukum sebab dan akibat,  yang menyatakan  apa yang dilakukan seseorang di kehidupan sekarang ini akan memiliki efek di kehidupan selanjutnya. Dalam agama Hindu proses kelahiran dan kelahiran kembali  yaitu, perpindahan jiwa  tidak ada habisnya sampai seseorang mencapai moksha,  atau pembebasan (secara harfiah "melepaskan") dari proses itu. Moksha dicapai ketika seseorang menyadari  inti abadi individu (atman)  dan realitas Absolut (brahman) adalah satu. Dengan demikian, seseorang dapat melarikan diri dari proses kematian dan kelahiran kembali  [reinkarnasi atau samsara).

Samsara merujuk pada keadaan reinkarnasi atau kelahiran kembali yang abadi, di mana semua makhluk terjerat, menurut agama-agama India seperti Hindu,  Budha,  dan Jainisme. Secara etimologis, samsara berasal dari bahasa Sanskerta dan Pali, yang berarti "gerakan terus-menerus," "mengalir terus-menerus" atau "berkeliaran." Istilah ini juga secara umum diterapkan pada keberadaan sementara yang terkondisi dalam dunia material, yang disandingkan dengan gagasan negara-negara yang terbebaskan seperti moksha dan nirwana.

Meskipun pemahaman tentang samsara bervariasi antara tradisi filosofis India dan juga dalam sekte mereka, poin-poin tertentu secara konsisten diakui. Agama-agama Indic biasanya menyatakan  kelahiran kembali adalah siklus yang berkelanjutan dan tidak dimulai serta prinsip alam yang dapat diamati. Siklus ini terkait erat dengan doktrin karma,  yang menyatakan  tindakan manusia memiliki konsekuensi tidak hanya dalam kehidupan ini, tetapi dalam kehidupan masa depan juga. Karma dikatakan untuk menentukan sifat kelahiran kembali seseorang di dunia samsara. Sebagian besar tradisi ini menganggap samsara secara negatif, sebagai kondisi kejatuhan yang ditandai oleh penderitaan, kesedihan, dan ketidakkekalan. Tindakan-tindakan yang dimotivasi oleh hasrat, individualisme yang egois, atau ketidaktahuan tentang sifat sejati diri dan realitas menyebabkan kelahiran kembali. Menurut kelayakan karma mereka, seseorang dapat bereinkarnasi sebagai manusia, hewan, atau bahkan serangga atau tanaman lain. Seseorang juga dapat dilahirkan kembali di tempat tertentu, seperti surga atau neraka. Tujuan utama dari ketiga agama ini adalah untuk melarikan diri dari samsara. Namun, di ketiga agama, beberapa praktisi awam terlibat dalam apa yang disebut bentuk religiusitas "samsara", yang mengacu pada kinerja perbuatan baik untuk meningkatkan karma dan dengan demikian memperoleh kelahiran yang lebih baik di kehidupan berikutnya.

Asal yang tepat dari kepercayaan India pada samsara tidak pasti. Gagasan waktu siklus adalah anggapan luas dari banyak budaya kuno yang merayakan siklus alam, berbagai musim, dan ritme kesuburan manusia-duniawi. Konsep kelahiran kembali mungkin juga telah menonjol dalam budaya Harrapean kuno India yang menganut keyakinan Arya dan Veda sebelum zaman dahulu, yang kemudian muncul kembali di zaman Upanishad. Akan tetapi, munculnya doktrin samsara tampaknya sezaman dengan pergeseran menuju interpretasi pengorbanan yang lebih metaforis yang ditemukan dalam teks-teks Aryanaka dan Upanishad, serta dengan kemunculan agama Buddha dan Jainisme.

Usia  teks-teks Weda ini antara 2.000 dan 3.500 tahun. Kenyataannya teks-teks ini abadi. Pengetahuan Veda ini hadir dalam ruang halus di semua tempat dan merentang sepanjang waktu. Pranava getaran suara asli (Om) adalah benih dari semua materi. Pelafalan mantra Weda dapat didengar dalam eter bahkan sekarang melalui meditasi internal. Teks-teks ini tidak ditulis, tetapi diungkapkan selama meditasi seseorang.

Brahman adalah kebenaran absolut. Ia memiliki tiga kualitas spiritual, yaitu kekekalan, pengetahuan, dan kebahagiaan. Brahman adalah penyebab dari semua penyebab, dari siapa semuanya datang, oleh siapa semuanya dipelihara, dan kepada siapa semuanya masuk setelah pembubaran. Brahman bersifat spiritual, ia berada di luar kualitas material dan dualitas material. Beberapa aliran filsafat menganggap Brahman tidak bersifat pribadi, yang lain menganggap Brahman sebagai kepribadian asli Tuhan Yang Maha Esa.

Atma mengacu pada entitas hidup individu sebagai jiwa roh. Atma adalah satu kualitas dengan Brahman, yaitu ia memiliki sifat spiritual yang sama, tetapi dalam jumlah ia sangat kecil. Itu seperti setetes air laut dan lautan. Meskipun setetes air samudera mungkin mengandung mineral yang sama dengan samudera, kita tidak bisa menganggap setetes air laut sebagai samudera. Mereka satu dalam kualitas, berbeda dalam jumlah. Ada atma individu yang tidak terbatas. Beberapa filsuf menganggap individualitas atma sebagai abadi, yang lain percaya  atma akhirnya bergabung kembali ke dalam Brahman dan kehilangan individualitasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline