Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Ekonomi dan Kritik Kapitalisme

Diperbarui: 31 Januari 2020   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kritik Kapitalisme , dokpri

Filsafat Ekonomi dan Kritik Kapitalisme

kapitalisme dengan penuh kemenangan menyatakan  sistem keserakahan, eksploitasi, dan ketidakadilan sosial yang busuk ini sekarang dianggap sebagai kegagalan. 'Korporat' dan 'kapitalisme' adalah kata-kata kutukan. 

Saya akan menawarkan pandangan yang berbeda:  pasar bebas tidak gagal, tidak buruk secara moral, dan pada kenyataannya melayani nilai-nilai kemanusiaan yang mendalam. Ini bukan untuk mengabaikan kerugiannya, dan, ya, korban. 

Kita harus memperhatikan mereka, dan berbagai reformasi mungkin membantu. Tetapi salah membayangkan masyarakat secara keseluruhan lebih baik dengan sistem yang sangat berbeda.

Pertama, kapitalisme pasar bebas tidak gagal. Telah ada kondisi yang  menderita dari kesalahan besar dan penyalahgunaan di lembaga keuangan dan kredit. Bank, rumah investasi, perusahaan perdagangan, dan pakaian hipotek melakukan fungsi dalam sistem yang lebih besar, memfasilitasi aliran uang. Itu analog dengan karburator mobil Anda: itu diperlukan untuk membuat mesin berjalan, tetapi itu bukan mesin. Mesin ekonomi, jantung sejati kapitalisme, bukanlah Wall Street atau Kota: itu adalah produksi barang dan jasa, yang secara tepat disebut 'ekonomi riil'.

Itulah yang terjadi pada buku 1776 karya Adam Smith The Wealth of Nations : menunjukkan bagaimana pasar bebas dalam produk bermanfaat bagi masyarakat. 

Beberapa orang dewasa ini menolak teorinya sebagai cerminan pandangan naif tentang perdagangan yang diidealkan. Tidak begitu. 

Smith sebenarnya pedas tentang kejahatan pengusaha; tetapi poin kuncinya adalah  dalam pasar bebas kepentingan pribadi seperti itu mengarahkan mereka untuk menyediakan barang yang kita inginkan secara efisien dan terjangkau (atau mereka tidak dapat dijual). 

Pasar adalah sistem yang didorong oleh informasi yang luas, mencocokkan penawaran dan permintaan - 'tangan tak terlihat' Smith.

Gagasan klasik tentang efisiensi pasar bebas ini, sebagai pelepasan dari kepentingan pribadi yang rasional,  telah diejek belakangan ini. 

Alan Greenspan, mantan Ketua Federal Reserve AS, terutama berbicara tentang kesalahannya dalam berpikir  kepentingan diri para operator Wall Street akan berfungsi untuk mengatasi ekses pasar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline