Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Mempertanyakan dan Meragukan Filsafat Moral

Diperbarui: 31 Januari 2020   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mempertanyakan dan Meragukan Filsafat Moral (dokpri)

Mempertanyakan dan Meragukan  Filsafat Moral

Seorang  tidak memiliki keyakinan dan selalu menghadirkan keyakinan akan keberadaan Tuhan pribadi atau keberadaan masa depan dengan pembalasan dan ganjaran, dapat memiliki untuk aturan hidupnya, sejauh yang diamati dan dilihat, hanya untuk mengikuti impuls dan naluri itu; yang mana yang paling kuat atau yang baginya adalah yang terbaik. Jika   bertindak untuk kebaikan orang lain, dia akan menerima persetujuan dari sesamanya dan mendapatkan cinta dari mereka yang tinggal dengannya;

Kutipan ini, diambil dari The Autobiography of Charles Darwin, membahas masalah sentral dalam perdebatan yang sedang berlangsung antara sains dan agama: Bagaimana seseorang memahami asal-usul moralitas manusia? Masih ada asumsi populer  agama dan moralitas adalah sama. Ini tidak mengherankan, karena hampir setiap orang dibesarkan dalam suatu jenis komunitas keagamaan, yang mengajarkan berbagai aturan tentang bagaimana bertindak, dan memberikan sanksi kepada aturan-aturan ini dengan mengklaim  mereka diciptakan oleh dewa.

Teori moralitas yang disebut 'Teori Perintah Ilahi' ini memiliki banyak pembela terkemuka. Namun, sama sekali tidak terbukti dengan sendirinya  perasaan kita tentang benar dan salah, dan kode perilaku yang harus kita ikuti, berasal dari sumber supernatural. Analisis berikut akan mengkritik klaim  moralitas berasal dan disetujui oleh dewa atau dewa, dan akan menyajikan pandangan alternatif naturalistik mengenai asal usul pengertian moral kita.

Agama secara tradisional memainkan peran besar dalam membentuk perilaku orang, dan menanamkan serangkaian praktik yang harus diikuti. Praktik-praktik semacam itu disajikan sebagai bermanfaat bagi masyarakat, dan  memiliki efek praktis yang baik bagi mereka yang mematuhinya, biasanya dengan memiliki semacam imbalan akhir setelah kematian. Kenapa menjadi baik? "Kamu akan mendapatkan upahmu di surga," seperti kata pepatah.

Mengajukan pertanyaan tentang asal-usul prinsip-prinsip moral sering dianggap sama dengan mengajukan pertanyaan tentang keberadaan atau kebaikan makhluk gaib yang seharusnya memberikan prinsip-prinsip ini. Socrates mengetahui hal ini ketika, pada tahun 399 SM, ia diadili oleh rekan-rekannya dari Athena karena pelanggaran besar menyebarkan ketidakpercayaan pada para dewa.

Dalam pembelaannya, ia berpendapat bahwa, dalam mendorong orang untuk mencoba memahami arti istilah moral seperti 'kebaikan', 'kebajikan' dan 'kebahagiaan' ia sebenarnya bertindak atas nama para dewa. Dia tidak meyakinkan juri, yang menjatuhkan hukuman mati - tindakan yang secara umum dianggap sangat tidak bermoral.

Ada masalah dengan klaim  moralitas berasal dari sumber ilahi. Saya akan mendaftar dan memeriksa secara singkat beberapa keberatan, sebelum kemudian melihat beberapa argumen tentang asal mula moralitas yang tidak bergantung pada keberadaan keilahian.

Mempertanyakan dan Meragukan  Filsafat Moral Ke [1] Bagaimana kita tahu Pemberi Hukum ini ada? Bagi kebanyakan orang, keberadaan Tuhan adalah sesuatu yang mereka pelajari sejak bayi. Mereka jarang berpikir banyak tentang hal itu tetapi jika mereka melakukannya, mereka akan menemukan argumen yang secara tradisional diberikan untuk membenarkan keberadaan ini memiliki kelemahan serius. Ada banyak argumen seperti itu dan saya tidak akan memeriksanya di sini, karena akan membutuhkan artikel terpisah, atau bahkan sebuah buku.

(Filsuf Michael Martin telah menulis dua buku seperti itu: Ateisme: A Philosophical Justification and The Case Against Christianity). Cukuplah untuk mengatakan  tidak ada argumen untuk keberadaan dewa transenden telah terbukti secara umum persuasif atau telah bertahan dengan analisis filosofis yang ketat. Jika keberadaan Tuhan tidak dapat dibuktikan, bagaimana seseorang dapat berpendapat  moralitas didasarkan pada perintahnya?

Menanggapi tantangan ini, ada beberapa orang, seperti Sren Kierkegaard, yang mengakui  semua argumen seperti itu salah, tetapi yang kemudian mengambil 'lompatan iman' dan tetap percaya pada keberadaan Tuhan. Tetapi kemudian bagaimana seseorang meyakinkan mereka yang tidak menerima imannya  perintah-perintah makhluk ini harus dipatuhi? Darwin mengajukan keberatan yang kuat terhadap klaim  Tuhan itu ada karena kita hanya merasa  dia ada:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline