Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Seperti Apa Rasanya Menjadi Kampret?

Diperbarui: 26 Januari 2020   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat Thomas Nagel 1974, Dokumen Pribadi

Seperti apa rasanya menjadi kampret?'

Apakah indera kita memberi kita ide yang akurat tentang bagaimana dunia ini? Setiap hari kita dihadapkan pada massa data tentang dunia: suara, bau, bentuk, warna, tekstur. Tetapi apakah informasi sensorik kita sama dengan gambaran realitas - sebuah gagasan tentang segala sesuatu sebagaimana adanya ?

Merasakan dunia di sekitar kita secara akurat dan tepat harus menguntungkan dalam hal seleksi alam. Kita dapat melihat mengapa manusia dan spesies lain akan mengembangkan indera halus melalui proses evolusi. Kita mungkin berpikir tentang rusa yang dapat mendeteksi jarak predator mereka dengan indera penciuman yang tajam, dan sangat berpotensi menghindari akhir yang menyedihkan; atau manusia, yang setelah mengenali cetakan biru pada apel busuk, memutuskan untuk makan sesuatu yang lebih menyenangkan dan tidak beracun.

Lebih dari 90% spesies hewan memiliki pemrosesan visual. Mata pembentuk gambar sederhana pertama berevolusi antara setengah miliar dan 350 juta tahun yang lalu, pada sejenis siput laut. Sebelum ini, hidup itu buta. Tetapi visi sebagai suatu sifat adalah masalah derajat: itu bukan kasus sederhana tentang memiliki atau tidak memiliki.

Ambil manusia, misalnya. Visi kami biasanya trikromatik , yang berarti bahwa retina kami cenderung memiliki tiga jenis sel reseptif warna, untuk cahaya panjang gelombang biru, hijau, dan merah. Mereka yang hanya memiliki dua jenis sel ini mengalami apa yang kita sebut sebagai 'kebutaan warna', yang berarti bahwa mereka tidak dapat membedakan antara, katakanlah, biru dan hijau.

Sekarang pertimbangkan capung. Selain mampu mendeteksi cahaya dengan panjang gelombang biru, hijau dan merah, mereka juga dapat melihat cahaya di luar kemampuan visual manusia, termasuk cahaya ultraviolet dan cahaya terpolarisasi yang memantulkan air.

Beberapa ilmuwan telah menggambarkan capung sebagai makhluk ultra-HD karena memiliki 30.000 lebih ommatidia (sisi mata serangga, yang merupakan unit fotoreseptor individu). Persepsi mereka tentang mosaik gambar yang tumpang tindih sebagian juga memungkinkan mereka untuk melihat dalam berbagai arah pada saat yang bersamaan.

Mungkin manusia memiliki harga yang lebih baik daripada siput kebun, yang tidak dapat merasakan warna sama sekali atau memfokuskan visinya; tetapi pada saat yang sama, apakah kita kehilangan sesuatu ketika datang ke persepsi kita yang relatif sempit tentang spektrum cahaya dibandingkan dengan capung? Dengan kemampuan pendeteksi cahaya yang superior, apakah capung memiliki pandangan dunia yang lebih realistis?

John Locke (1632-1704) skeptis terhadap pandangan bahwa warna ada di dunia, melekat pada benda-benda fisik itu sendiri. Menurut filosofi persepsinya, apa yang kita rasakan langsung dalam pengalaman kita bukanlah objek itu sendiri, melainkan 'salinan' objek fisik dalam pikiran kita - apa yang sekarang kita sebut 'data indera'.

Apa yang disebut kualitas sensorik 'sekunder' yang kami rasakan adalah aspek-aspek persepsi kita dan bukan dari objek-objek itu sendiri yang terlepas dari persepsi kita. Jadi, kemerahan apel bukanlah properti apel itu sendiri, tetapi properti citra apel dalam pikiran kita.

Locke dengan agak problematis menyatakan bahwa data indera kita 'menyerupai' objek fisik dari mana mereka berasal. Ini bermasalah karena, menurut akunnya, kita hanya pernah merasakan data indera, bukan objek fisik itu sendiri. Tetapi bagaimana ia dapat mengklaim bahwa satu hal menyerupai yang lain jika ia hanya pernah melihat satu dari hal-hal itu? Ini mirip dengan mengklaim "Oh ya, Steve benar-benar terlihat seperti pamannya" tanpa pernah melihat paman Steve. Mengaku kemiripan tanpa mengenal kedua hal yang dibandingkan itu tidak masuk akal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline