Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Medusa, Simbol Perlawanan Kebencian pada Wanita

Diperbarui: 17 Juni 2021   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Medusa, Simbol Perlawanan Kebencian pada Wanita (wikimedia.org)

Sejak zaman peradaban Barat awal, ketika mitos masih ditempa dalam api dan batu, masyarakat telah terpesona dengan imajinasi Yunani kuno. Kisah dewa, Titans, dan raksasa yang mengisi dongeng anak-anak. 

Sementara berbagai monster mitologis telah memikat penonton di layar lebar. Namun, tidak ada karakter yang sepopuler Medusa, monster yang bisa mengubah pria menjadi batu hanya dengan sekali pandang.

Tidak seperti tokoh mitologi Yunani lainnya, sebagian besar dari kita tahu siapa dan bagaimana Medusa, meski kita tidak dapat mengingat detail mitosnya. Sketsa karakternya, mungkin termasuk ular, mata maut, dan rasa kehancuran, cukup menggambarkan.

Dalam bukunya, Literature and Fascination, Sibylle Baumbach, berpendapat mitos tersebut telah bertahan sebagian berkat selera kita yang meningkat akan narasi besar dan daya tarik yang sering berputar di sekitar rayuan wanita berbahaya. Medusa sekarang menjadi "gambar multimoda tentang keracunan, ketakutan, dan daya tarik yang memikat."

Di dunia kuno, Medusa multidimensi. Vas dan ukiran menggambarkan dirinya telah dilahirkan sebagai Gorgon, tetapi itu perlahan berubah.

Yang pertama menjelajahi kisah asalnya dengan benar dalam sastra adalah penyair Romawi Ovid, yang merinci transformasinya dalam Metamorphoses sekitar 8 sebelum masehi (SM).

Menurut Ovid, Medusa pernah menjadi gadis muda yang cantik, satu-satunya makhluk hidup dari tiga saudara perempuan yang dikenal sebagai Gorgon.

Kecantikannya menarik perhatian dewa laut Poseidon, yang kemudian memperkosanya di kuil suci Athena.

Athena marah besar. Athena kemudian mengubah Medusa menjadi monster dengan kemampuan mematikan untuk mengubah siapa pun yang memandang wajahnya menjadi batu berambut ular.

Namun, menceritakan kembali mitos yang populer, berfokus pada apa yang terjadi selanjutnya, Perseus leboh memiliki peranan, dan utama. Sang dewa dikirim oleh Polydectes, Raja Serifos, dalam upaya untuk membawa kembali kepala Medusa. 

Menggunakan perisai perunggu reflektif untuk melindungi matanya, Perseus memenggal kepala Medusa, melepaskan kuda bersayap, Pegasus, setelah lehernya yang terputus. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline