Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Mitos Yunani Kuna Paradoks Cinta Aphrodite dan Ares

Diperbarui: 17 Juni 2021   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mitos Yunani Kuna Paradoks Cinta Aphrodite dan Ares (dokpri)

Mitos Yunani Kuna Paradoks Cinta Aphrodite, dan Ares

Mitos Aphrodite dan Ares adalah salah satu yang paling menarik dalam mitologi Yunani. Mari kita mulai dengan mengatakan  Aphrodite adalah dewi kecantikan dan cinta seksual. 

Dia muncul dari laut dan lebih cantik dari makhluk lain. Dewa, manusia, atau siapa pun yang melihatnya terpesona oleh kecantikannya dan dia tahu itu. Sebenarnya, itulah bagian dari alasan mengapa dia begitu sia-sia.

Hephaestus adalah dewa api, menempa, pandai besi, dan pengrajin dan diam-diam jatuh cinta dengan Aphrodite. Hephaestus adalah putra Hera dan Dewa para dewa, Zeus. 

Dia makhluk yang tidak tahu berterima kasih, yang merupakan kebalikan dari Aphrodite. Bahkan, menurut mitos Aphrodite dan Ares, ketika Hephaestus lahir, ibunya sendiri kesal dengan penampilannya yang jelek dan mengusirnya dari Olympus.

Hephaestus lumpuh dan bungkuk. Dia memiliki pandangan yang tidak menyenangkan. Mengingat penolakan memalukan yang ia terima dari ibunya sendiri, ia memutuskan untuk membalas dendam.

Baca juga : Literasi Psikologi dalam Pandangan Filsuf Yunani Kuno

Dia memutuskan untuk membangun singgasana magis di bengkelnya dan membuat Hera duduk di dalamnya. Tanpa disadari, dia mandek dan tidak bisa bergerak.

Hera mulai memohon Hephaestus untuk membebaskannya. Kemudian, ia hanya menetapkan satu syarat untuk melakukannya:  para dewa akan memberinya Aphrodite sebagai seorang istri. 

Akibatnya, Zeus mengabulkan keinginannya. Mitos Aphrodite dan Ares mengatakan dewi kecantikan tidak senang dengan situasi ini. Dia membenci Hephaestus karena dia tidak cantik seperti dia.

Hephaestus tanpa lelah berusaha untuk mendapatkan kasih sayang Aphrodite. Dia merancang perhiasan yang indah untuknya di bengkelnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline