Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Episteme Platon pada Buku Republic pada Tema Etika [2]

Diperbarui: 13 Januari 2020   22:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Episteme  Platon Pada Buku Republik Untuk Tema Etika [2]

Pada Buku Satu menyulitkan Socrates untuk mengambil keadilan begitu saja. Yang lebih buruk, istilah di mana Socrates menerima tantangan Glaucon dan Adeimantus membuatnya sulit baginya untuk menerima kebahagiaan begitu saja.

Jika Socrates bertindak seperti seorang konsekuensialis, ia mungkin menawarkan akun penuh kebahagiaan dan kemudian memberikan akun keadilan yang keduanya bertemu dengan persetujuan umum dan menunjukkan bagaimana keadilan membawa kebahagiaan.

Tetapi Socrates tidak melanjutkan seperti itu. Dia bahkan tidak melakukan sebanyak yang dilakukan Aristoteles dalam Etika Nicomachean ; dia tidak menyarankan beberapa kriteria umum untuk apa itu kebahagiaan.

Ia berproses seolah-olah kebahagiaan tidak tenang. Tetapi jika keadilan setidaknya sebagian merupakan kebahagiaan dan keadilan tidak pasti, maka Socrates benar untuk melanjutkan seolah-olah kebahagiaan tidak tenang.

Singkatnya, Socrates perlu membangun sebuah akun keadilan dan akun kebahagiaan pada saat yang sama, dan ia membutuhkan akun-akun ini untuk diterapkan tanpa mengasumsikan kesimpulan bahwa orang yang adil selalu lebih bahagia daripada yang tidak adil.

Kesulitan tugas ini membantu menjelaskan mengapa Socrates mengambil rute yang ingin tahu melalui diskusi tentang keadilan sipil dan kebahagiaan sipil.

Socrates dapat berasumsi bahwa kota yang adil selalu lebih sukses atau bahagia daripada kota yang tidak adil. Asumsi itu tidak menimbulkan pertanyaan, dan Glaucon dan Adeimantus siap untuk memberikannya

Jika Socrates kemudian dapat menjelaskan bagaimana sebuah kota yang adil selalu lebih sukses dan bahagia daripada kota yang tidak adil, dengan memberikan penjelasan tentang keadilan sipil dan kebahagiaan sipil, ia akan memiliki model untuk mengusulkan hubungan antara keadilan pribadi dan pertumbuhan.

Strategi Socrates tergantung pada analogi antara kota dan seseorang. Harus ada hubungan yang dapat dipahami antara apa yang membuat sebuah kota sukses dan apa yang membuat seseorang sukses.

Tetapi untuk menjawab pertanyaan Republik, Socrates tidak memerlukan penjelasan khusus tentang mengapa analogi itu berlaku, juga tidak perlu analogi itu berlaku luas (yaitu, untuk berbagai karakteristik). Itu bekerja bahkan jika itu hanya memperkenalkan kisah keadilan dan kebahagiaan pribadi yang mungkin tidak pernah kita nikmati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline