Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Transendental Semiotika von Humboldt [2]

Diperbarui: 27 Desember 2019   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Filsafat Transcendental Semiotics von Humboldt [2]

Proses apropriasi parsial yang serupa  menjadi ciri para filsuf yang menaruh perhatian serius pada pandangan Humboldt, seperti Ernst Cassirer (1923-1929), Martin Heidegger (1927, 1959), dan baru-baru ini Bruno Liebrucks (1965), Hans- Georg Gadamer (1960, 1965, 1972), dan Jurgen Habermas (1985, 1988, 1991). 

Hanya dalam beberapa dekade terakhir tulisan-tulisan filosofis dan linguistik Humboldt telah menjadi titik fokus perhatian dalam hak mereka sendiri. Ahli bahasa dari berbagai orientasi, filsuf, sejarawan dan sarjana sastra dari berbagai negara sama-sama telah memeriksa filosofi dan ide-ide linguistik Humboldt dengan menempatkan mereka ke dalam berbagai konteks yang berbeda.

Juni 1794 Humboldt menetap di Jena pada saat kota dan Universitasnya menjadi pusat filsafat idealis Jerman dan gerakan Romantis dan menjalin kontak dengan filsuf Fichte dan dengan Friedrich dan August Wilhelm Schlegel. 

Dia mengambil peran sebagai penasihat filosofis dan kolaborator kritis Goethe dan terutama Schiller. Melalui kritik tajamnya ia memajukan produksi beberapa karya penting mereka, misalnya tahun 1795 (Surat-surat tentang Pendidikan Estetika Manusia), dan puisi-puisi filosofisnya serta epik Goethe dan novelnya Wilhelm Meister.

Untuk jurnal Schiller yang baru dibuat, Die Horen,    menulis dua kontribusi penting, "Tentang Perbedaan Seksual"  di mana ia merumuskan teori gender berdasarkan filosofi alam kontemporer dan " Ueber mannliche und weibliche Form " ("Pada Bentuk Pria dan Wanita") di mana ia memperluas teori ini ke ranah seni dan budaya (1794, 1795).

Ketika berada di Jena, ia bergabung dengan saudara lelakinya, Alexander dan Goethe, dan bersama-sama ketiga lelaki itu terlibat dalam studi tentang disiplin baru yang berkembang dari anatomi komparatif di Universitas. Humboldt menggunakan wawasan yang diperolehnya dari penelitian ini untuk membuat cetak biru yang komprehensif untuk antropologi komparatif masa depan ("Plan einer vergleichenden Anthropologie" (1797). 

Tetapi hanya beberapa tahun kemudian ketika ia mencoba meletakkan fondasi untuk disiplin linguistik umum dan komparatif yang baru dikandungnya, ia akan kembali ke sana dan menyusun ulang gagasannya.

Dipandu oleh kepentingan antropologisnya, bagaimanapun, Humboldt menjadi terlibat dalam masalah apa yang membentuk karakter nasional dan bagaimana tepatnya seseorang dapat berada dalam konteks Eropa modern menentukan ciri-ciri esensialnya. Maka pada tahun 1797 ia menyusun penelitian yang luas dalam genre yang kita sebut hari ini "kritik budaya dan sejarah" berjudul: (Abad Kedelapan Belas). 

Dia  segera memiliki kesempatan untuk mengumpulkan pengamatannya sendiri tentang masalah-masalah itu, ketika pada musim gugur 1797 ia dan keluarganya pindah ke Paris di mana mereka akan tetap sampai musim panas 1801. Persinggahan yang diperpanjang ini terganggu oleh dua perjalanan panjang ke Spanyol, dari November 1799 hingga April 1800 dan sekali lagi pada musim semi dan musim panas 1801, tujuan yang terakhir adalah kunjungan ke negara Basque untuk mempelajari bahasa dan budaya Basque.

Selama kunjungannya di Paris, Humboldt bertemu dan mengadakan kontak dengan para politisi, cendekiawan, dan intelektual Prancis terkemuka pada masa itu seperti Sieyes, Tracy, Roederer, Garat, Cabanis, Degerando, La Romiguire, Dupont de Nemours, Benjamin Constant, dan Madame de Stal yang sastrawannya salon yang sering dia kunjungi. Dia menghadiri pertemuan Institut Nasional (sebutan Academie Franaise saat itu) dan berdebat filosofi Kantian dengan para filsuf Perancis terkemuka, mengunjungi teater secara teratur, dan dari sudut pandang seorang antropolog budaya, dia mengamati dan menganalisis berbagai bentuk dan varietasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline