Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Rerangka Pemikiran Hak Alami Manusia

Diperbarui: 25 Desember 2019   00:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

olah pribadi

Reranga Pemikiran Hak Alami Manusia

Pada buku kaya Politik, Aristotle  (384/322 SM)  menjelaskan bagaimana kehidupan berbudi luhur warga negara individu didukung oleh komunitas politik itu sendiri. 

Dia percaya  mencapai kebajikan dan mendapatkan rasa identitas diri memerlukan interaksi sosial dan bekerja dengan orang lain. Menjadi anggota masyarakat (menggunakan istilahnya, "kota") adalah keadaan alami manusia. 

Manusia, pada dasarnya, adalah makhluk sosial yang hidup berkelompok, dan kehidupan dalam suatu komunitas (kota) diperlukan untuk kehidupan manusia yang lengkap. Perhatikan  untuk Aristotle, "kota" mewakili puncak struktur masyarakat; dimulai dengan keluarga, keluarga membentuk desa, dan desa tumbuh menjadi kota, pusat budaya.

Kepentingan kota lebih penting daripada kepentingan individu. Kepentingan publik lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Pada  Politik, Buku I, Bab II:  Selain itu, gagasan tentang sebuah kota secara alami mendahului gagasan tentang sebuah keluarga atau individu, karena keseluruhannya harus terlebih dahulu dari pada bagian-bagian, karena jika Anda mengambil seluruh manusia.

Anda tidak dapat mengatakan kaki atau tangan tetap ada, kecuali dengan dalih. , seperti mengandaikan tangan batu harus dibuat, tetapi itu hanya akan mati; tetapi segala sesuatu dipahami sebagai ini atau itu dengan kualitas dan kekuatan energinya, sehingga ketika ini tidak lagi tersisa, tidak ada yang bisa dikatakan sama, tetapi sesuatu dengan nama yang sama.

Sebuah kota mendahului seseorang itu jelas, karena jika seorang individu tidak cukup dalam dirinya untuk membentuk pemerintahan yang sempurna, ia harus ke sebuah kota seperti bagian-bagian lain untuk keseluruhan; tetapi dia yang tidak mampu bermasyarakat, atau lengkap dalam dirinya sendiri karena tidak menginginkannya, tidak menjadikan bagian dari kota, sebagai binatang buas atau dewa.

Maka dalam diri setiap orang ada dorongan alami untuk bergaul satu sama lain dengan cara ini, dan dia yang pertama kali mendirikan masyarakat sipil adalah penyebab kebaikan terbesar; karena sebagaimana dengan selesainya manusia, manusia adalah yang paling unggul dari semua makhluk hidup, jadi tanpa hukum dan keadilan ia akan menjadi yang terburuk dari semuanya, karena tidak ada yang begitu sulit untuk ditundukkan sebagai ketidakadilan dalam senjata: tetapi manusia yang dilahirkan dengan senjata ini, yaitu, kehati-hatian dan keberanian, yang dapat ia terapkan untuk tujuan yang paling berlawanan, karena siapa yang menyalahgunakannya akan menjadi yang paling jahat, paling kejam, paling bernafsu, dan paling rakus yang bisa dibayangkan; karena keadilan adalah keutamaan politik, dengan aturan itu negara diatur, dan aturan ini adalah kriteria dari apa yang benar.

Penjelasan yang tepat tentang konsepsi Aristotle  tentang "negara adil" sulit dipahami. Ingat, dari topik unit Etika Etika Kebajikan, konsep Aristotle  tentang tindakan berbudi luhur dan memperoleh karakter berbudi luhur. Seseorang dengan karakter saleh yang berkembang dengan baik memahami jika situasi tertentu adil atau tidak. Masyarakat yang adil tidak memiliki aturan yang pasti, tetapi orang yang saleh memilih tindakan yang adil dan memahami mengapa tindakan seperti itu adil.

Pandangan Aristotle  dan gambarannya tentang sifat manusia adalah  manusia adalah makhluk sosial, politik dalam keadaan alami mereka. Kemampuan untuk berbicara (komunikasi) dan alasan menumbuhkan kehidupan kooperatif dengan orang lain. 

Tidak ada keadaan "pra-sosial"; manusia pada dasarnya sosial dan memperluas organisasi sosial mereka di luar keluarga. Bersama-sama, individu membangun kota, dan kepentingan terbaik kota (atau masyarakat) lebih penting daripada kepentingan individu. Sumber tambahan tersedia (di bagian bawah halaman) tentang politik Aristotle .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline