Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Kritik Heidegger pada Filsafat Fenomenologi Roh Hegel [3]

Diperbarui: 19 November 2019   11:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

koleksi pribadi

"Kritik Heidegger Pada Filsafat Fenomenologi Roh Hegel" [3]

Heidegger membawa kita ke 'persimpangan' yang Heidegger berbicara dalam kaitannya dengan Hegel: masalah yang tak terbatas dalam pemahaman Hegel dan Heidegger tentang keterbatasan dalam kaitannya dengan makna Makhluk. Seperti Heidegger bertanya:  Apakah pemahaman menjadi absolut, dan apakah absolut absolut? Atau apakah yang dilambangkan oleh Hegel dalam Fenomenologi Roh sebagai kebebasan hanya transendensi dalam penyamaran, yaitu, keterbatasan  

Heidegger prihatin untuk bertanya apakah Keberadaan di esensinya adalah terbatas dan bagaimana keterbatasan ini harus dipahami dengan mengacu pada Keberadaan daripada dalam kaitannya dengan makhluk. Ini berbeda dengan apa yang Heidegger anggap sebagai konsepsi Hegel tentang Menjadi qua infinity, di mana 'ketidakterbatasan pengetahuan absolut menentukan kebenaran Keberadaan', dan melakukan demikian sehingga 'ia telah menempatkan semua yang terbatas pada dirinya sendiri.

Bagi Heidegger, subflasi keterbatasan Hegel berarti semua filsafat bergerak masuk dan sebagai subflasi keterbatasan ini, yang terjadi dalam proses gerakan dialektis. Heidegger dengan demikian memunculkan pertanyaan tentang finitude of Being, sebuah pertanyaan yang sampai sekarang belum diajukan tetapi yang secara implisit 'memotivasi metafisika sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa konfrontasi dengan Hegel mengenai masalah keterbatasan dan ketidakterbatasan adalah 'secara inheren dan historis diperlukan' serta menjadi prasyarat produktif untuk berpikir melalui pertanyaan Being.

Mari kita beralih ke catatan Heidegger tentang konsep ketakberhinggaan Hegelian. Heidegger menunjukkan dua aspek dari konsep ini: 1) Landasan Hegel tentang masalah Being in the logo , dimanifestasikan dalam akun 'logis' pemikiran Hegel sebagai pengetahuan spekulatif atau dialektika ; dan 2), transposisi landasan logis ini pada gilirannya Descartes 'menuju ego cogito , dimanifestasikan dalam' tesis fundamental Hegel ', sebagaimana dirumuskan oleh Heidegger:' Substansi dalam subjek kebenaran.

Heidegger dengan demikian menggambarkan konsep Hegelian tentang ketidakterbatasan sebagai memiliki landasan 'logis' dan 'subyektif'. Fenomenologi melakukan landasan tak terhingga 'subyektif' yang tak terbatas dalam subjek dan sebagai subjek, sedangkan landasan yang 'logis' yang tepat dikembangkan dalam Ilmu Logika. Apa hubungan antara landasan infinity yang 'logis' dan 'subyektif'? Pada bacaan Heidegger, konsep infinity 'secara inheren dan perlu didasarkan pada [subyektif] yang kedua.

Makna logis dari ketidakterbatasan didasarkan pada karakter tak hingga dari kesadaran diri, yang sebenarnya merupakan kebalikan dari prosedur Hegel, yaitu untuk menunjuk pada kesadaran diri atau subjektivitas sebagai perwujudan 'formal' dari struktur logis dari ketidakterbatasan.

Karena itu, kita dapat mengajukan pertanyaan pertanyaan tertentu di sini tentang interpretasi Heidegger tentang ketidakterbatasan dan kesadaran diri, dan klaimnya   makna logis dari ketidakterbatasan didasarkan pada struktur kesadaran diri (bukan sebaliknya). Memang, kisah Hegel tentang karakter kesadaran diri yang tak terbatas menekankan ketidakcukupannya sebagai contoh dari ketidakterbatasan sejati. Karena justru karena subjektivitasnya , kesadaran diri bukanlah manifestasi penuh atau tidak terbatas dari yang tak terbatas (dipahami sebagai kemandirian yang menyokong diri sendiri yang menggabungkan yang terbatas dalam dirinya sendiri).

Yang pasti, kesadaran diri adalah 'Konsep yang ada', seperti yang dibahas sebelumnya, tetapi tentu saja bukan realitas penuh atau aktualisasi konkret, yang lebih merupakan Roh dalam seluruh artikulasi yang dikembangkan. Dalam hal ini   yaitu sudut pandang kesadaran diri sebagai Gestalt itu sendiri, atau serangkaian tokoh dalam Fenomenologi , yang didasari oleh Alasan   kita memiliki yang terbatas (subjek) sebagai yang tak terbatas, tetapi bukan yang tak terbatas (roh) sebagai yang terbatas, yaitu , diartikulasikan sebagai individualitas yang konkret. Hasilnya adalah pertentangan antara identitas diri abstrak dari kesadaran diri yang berusaha untuk mendominasi dan mengintegrasikan yang lain, perbedaan yang direproduksi dalam proses ini sedemikian rupa sehingga pertentangan antara diri dengan yang lain tidak pernah dapat diatasi.

Untuk klarifikasi poin ini kita harus beralih ke kritik Hegel tentang ketidakterbatasan 'buruk' atau 'palsu' dari kesadaran diri Kantian (dan varian Fichteannya) dalam Ilmu Logika . Hegel prihatin di sini khususnya dengan efek praktis dari oposisi antara terbatas dan tak terbatas dalam tak terbatas 'palsu' milik pemahaman analitik atau Verstand . Yang terakhir  dalam bentuk 'kemajuan kuantitatif hingga tak terbatas yang terus menerus melampaui batas yang tidak dapat dilepaskan, dan terus menerus jatuh ke dalamnya'   ditinggikan dalam filosofi refleksi sebagai sesuatu yang pamungkas dan bahkan ilahi.

Dalam lingkup alasan praktis, 'kemajuan menuju tak terbatas'  ditinggikan dalam perasaan yang agung, di mana subjek, mengutip Kant dalam Kritik Alasan Praktis , 'mengangkat dirinya sendiri dalam pemikiran di atas tempat yang ia tempati dalam dunia akal, menjangkau hingga tak terbatas. Peninggian kemajuan tanpa batas ini menunjukkan, bagi Hegel, lebih tepatnya kegagalan atau penundukan pemikiran: yang 'buruk' yang tak terbatas dari subjek moral Kantian menghasilkan 'pengulangan melelahkan' di mana batas hilang dan muncul kembali, dipindahkan ke luar untuk diatasi, tetapi diatasi sekali lagi dipindahkan ke luar lainnya, dan seterusnya ad infinitum .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline