Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Tanpa Tuhan, dan Proses Kesadaran Manusia [1]

Diperbarui: 6 November 2019   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tanpa Tuhan, dan Proses Kesadaran Manusia [1]

Pada gagasan dan tulisan  "Whitehead  tema "Tanpa Tuhan"   menunjukkan  sistem metafisik yang koheren dan dapat dipertahankan dapat dipertahankan dengan menggeser peran yang ditugaskan kepada Tuhan dalam kosmologi Whitehead menjadi faktor-faktor lain di dalamnya. skema. John Cobb, di sisi lain, menyangkal  "Whitehead tanpa Tuhan" memiliki koherensi, dengan gagasan  Sherburne,   memungkinkan persesuaian dengan eksistensialis, terutama Camus dan Sartre.

Sherburne, berbeda dengan orang-orang Whitehead lainnya dan dalam persetujuan dengan "eksistensialis," menyangkal  nilai kehidupan bergantung pada Tuhan yang memberikan keyakinan umum pada manusia tentang nilai akhir kehidupan (Ogden) atau dengan rasa kebajikan nilai. dari saat ini apa pun hasil akhirnya (Cobb). 

Dia menegaskan Tuhan dapat disingkirkan dari sistem Whitehead dan masih akan ada nilai "pengalaman seperti yang langsung dirasakan oleh subyek sementara;

Tesisnya adalah  lingkungan Kristen Whitehead, bukan pengembangan sistematik yang diperlukan, mungkin bertanggung jawab atas "pembicaraan Tuhan" Whitehead. Karena "God-talk" telah kehilangan daya tariknya bagi banyak pria, Sherburne mengusulkan penggabungan antara Whitehead sans God dan eksistensialis sans ennui.

Sejak Whitehead menulis, Camus dan Sartre telah muncul di tempat kejadian. Saya merasa  apa yang harus dilakukan adalah membawa "pahlawan yang absurd" dalam konteks ontologi yang direvisi, naturalistik, neo-Whiteheadian - penggabungan ini akan menghilangkan kekerasan keputusasaan yang suram dari satu posisi dan sisa-sisa peninggalan Victorianisme dari yang lain karena mengaitkan rasa tidak aman yang kreatif, petualangan, dengan analisis metafisik yang lebih tajam daripada yang bisa dicapai oleh eksistensialis.

Namun, tidak akurat untuk menghubungkan Camus ke Sartre atau ke posisi "keputusasaan suram." Kedua lelaki itu memegang sudut pandang yang berbeda dan "musim panas yang tak terkalahkan" Camus menghangatkan bahkan musim dingin yang paling suram dari ketidakpuasan. Tetapi titik fokus dari esai ini bukan untuk menegur Sherburne karena menggabungkan Camus dan Sartre bersama-sama. 

Sebaliknya saya ingin menguji asumsi  pemikiran Camus tidak mengizinkan gagasan tentang Tuhan. Sebaliknya, saya berpikir  "Camus dengan Tuhan" tidak hanya mungkin dalam pandangannya, tetapi sesuai dengan proses pemikiran tentang Tuhan.

Ketika seseorang membaca banyak kritikus yang membahas "ateisme" Camus, atau "humanisme baru" -nya, atau Kurangnya "nilai-nilai abadi", atau bahkan serangan Camus sendiri terhadap Allah Kristen, sungguh menakjubkan untuk membaca apa yang ia nyatakan kepada menjadi "niat pemberontak" yang sebenarnya: "Dia mencari, tanpa menyadarinya, moralitas atau yang suci. Pemberontakan, meskipun buta, adalah bentuk asketisme. Oleh karena itu, jika pemberontak menghujat, itu dengan harapan menemukan dewa baru ". Pemberontak, lanjut Camus, "terhuyung-huyung di bawah keterkejutan pengalaman religius yang pertama dan paling mendalam, tetapi itu adalah pengalaman religius yang mengecewakan." 

Pengalaman keagamaan mengecewakan karena tidak ada "tuhan baru" yang muncul. Untuk memahami alasannya, penting untuk membedakan alasan penistaan pemberontak terhadap "dewa lama" dari petunjuk yang ia tawarkan tentang kedatangan "dewa baru". Berkonsentrasi pada "lama", seperti yang dilakukan Camus dan para penerjemahnya, adalah menyaksikan pembongkaran Allah supernaturalistik mana pun. 

Namun, untuk fokus pada "baru" adalah untuk berpartisipasi dalam "penamaan dewa" Camus yang baru lahir, "seorang dewa yang pada masa kehamilan berjanji untuk menjadi bagian dari" keluarga "proses pemikiran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline