Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Paradoks Dunia, dan Dominasi Laki-laki [2]

Diperbarui: 6 November 2019   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Paradoks Dunia dan Dominasi  Laki-Laki [21]

Paradoks Dunia dan Dominasi  Laki-Laki [patriarki] kepada agama patriarki, sikap populer, dan sampai taraf tertentu, sains mengasumsikan perbedaan psiko-sosial ini berdasarkan perbedaan biologis antara kedua jenis kelamin, sehingga di mana budaya diakui sebagai membentuk perilaku, dikatakan tidak lebih dari bekerja sama dengan alam.

Namun perbedaan temperamental yang diciptakan dalam patriarki (ciri-ciri kepribadian "maskulin" dan "feminin") tampaknya tidak berasal dari sifat manusia, yang peran dan statusnya masih kurang.

Otot-otot pria yang lebih berat, karakteristik seksual sekunder dan umum di antara mamalia, berasal dari biologis tetapi didorong secara budaya melalui pembiakan, diet, dan olahraga. Namun ini bukan kategori yang memadai menjadi dasar hubungan politik dalam peradaban.

Supremasi laki-laki, seperti kepercayaan politik lainnya, pada akhirnya tidak berada dalam kekuatan fisik tetapi dalam penerimaan sistem nilai yang tidak biologis. Kekuatan fisik yang unggul bukanlah faktor dalam hubungan politik - seperti ras dan kelas.

Peradaban selalu dapat menggantikan metode lain (teknik, persenjataan, pengetahuan) dengan kekuatan fisik, dan peradaban kontemporer tidak membutuhkannya lebih jauh. Saat ini, seperti di masa lalu, aktivitas fisik secara umum merupakan faktor kelas, mereka yang di bawah melakukan tugas-tugas yang paling berat, apakah mereka kuat atau tidak.

Sering diasumsikan  patriarki bersifat endemik dalam kehidupan sosial manusia, dapat dijelaskan atau bahkan tidak dapat dihindarkan dengan alasan fisiologi manusia. Teori semacam itu memberikan patriarki yang logis dan asal sejarah.

Namun jika seperti yang diyakini oleh beberapa antropolog, patriarki bukan berasal dari zaman purba, tetapi didahului oleh beberapa bentuk sosial lain yang akan kita sebut pra-patriarki, maka argumen kekuatan fisik sebagai teori asal-usul patriarki tidak akan membentuk penjelasan yang memadai -kecuali jika kekuatan fisik superior pria dilepaskan bersamaan dengan beberapa perubahan orientasi melalui nilai-nilai baru atau pengetahuan baru.

Dugaan tentang asal-usul selalu frustrasi oleh kurangnya bukti tertentu. Spekulasi tentang prasejarah, yang merupakan keharusan, harus tetap menjadi spekulasi. Jika seseorang ingin terlibat di dalamnya, orang mungkin berdebat kemungkinan periode hipotetis sebelum patriarki. Apa yang penting untuk premis semacam itu adalah keadaan pikiran di mana prinsip utama akan dianggap sebagai kesuburan atau proses vitalis.

Dalam kondisi primitif, sebelum berkembang peradaban atau teknik apa pun kecuali yang paling kasar, umat manusia mungkin akan menemukan bukti paling mengesankan dari kekuatan kreatif dalam kelahiran anak-anak yang terlihat, sesuatu yang merupakan peristiwa ajaib dan terkait secara analog dengan pertumbuhan vegetasi bumi.

Ada kemungkinan  keadaan yang mungkin secara drastis mengarahkan kembali sikap-sikap semacam itu adalah penemuan paternitas. Ada beberapa bukti  kultus kesuburan dalam masyarakat kuno pada suatu titik mengambil arah ke arah patriarki, menggusur dan menurunkan fungsi perempuan dalam prokreasi dan menghubungkan kekuatan kehidupan hanya dengan lingga saja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline