Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Yunani Era Cicero

Diperbarui: 22 Oktober 2019   04:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat Yunani Era  Cicero

Cicero (3 Januari 106 SM - 7 Desember 42 SM) adalah seorang negarawan, penulis, dan orator Romawi yang terkenal di antara para penutur dan penulis prosa hebat di akhir republik Romawi. Ratusan suratnya yang selamat ditemukan lebih dari 1.400 tahun setelah kematiannya, menjadikannya salah satu orang paling terkenal dalam sejarah kuno.

Cicero menerima salah satu pendidikan terbaik yang tersedia di republik Romawi, menghabiskan waktu dengan banyak filsuf Yunani terbaik yang tersedia. Ayahnya cukup ambisius untuknya dan pada usia dini, ia membawa Cicero dan saudaranya Quintus ke Roma, di mana mereka diajari oleh (antara lain) penyair Yunani terkenal dan tata bahasa Aulus Licinius Archias of Antiokhia (121-61 SM).

Setelah Cicero mengambil toga virilis ("toga of manhood" Romawi), mulai belajar hukum dengan ahli hukum Romawi Quintus Mucius Scaevola Augur (159-88 SM). Pada 89 SM,  bertugas dalam Perang Sosial (91-88 SM), satu-satunya kampanye militernya, dan di situlah ia bertemu Pompey (106-48 SM).

Selama perang saudara pertama diktator Romawi Sulla (138-76 SM) (88-87 SM), Cicero mendukung kedua belah pihak, kembali ke studinya dengan para filsuf Yunani dari Epicurean (Phaedrus), Platonis (Philo dari Larissa), dan Sekolah-sekolah Stoic (Diodotus), serta ahli retorika Yunani Apollonius Molon (Molo) dari Rhodes.

Profesi pertama Cicero adalah sebagai "pemohon," orang yang membuat draf pembelaan dan membela klien di pengadilan. Pidato-pidatonya yang masih ada paling awal ditulis selama periode ini, dan pada 80 SM, salah satu dari mereka membuatnya bermasalah dengan Sulla, yang adalah diktator Roma (memerintah 82-79 SM).

Sextus Roscius dari Amerina dibunuh oleh tetangga dan kerabatnya. Setelah dia mati, orang merdeka (dan teman Sulla) Chrysogonus mengatur agar nama Roscius dimasukkan dalam daftar pelanggar hukum yang terlarang  dihukum mati.

Jika dia dihukum mati ketika mereka membunuhnya, itu berarti  para pembunuh bebas dari tanggung jawab atas pembunuhannya. Itu berarti  barang-barangnya adalah milik negara. Putra Sextius dicabut hak warisnya, dan Chrysogonus mengatur untuk menuntutnya atas pembunuhan ayahnya sendiri. Cicero berhasil mempertahankan putranya.

Pada 79 SM, Cicero pergi ke Athena untuk menghindari ketidaksenangan Sulla, di mana ia menyelesaikan pendidikannya, belajar filsafat dengan Antiokhus Ascalon dan retorika dengan Demetrius Syrus.

Di sana ia bertemu Titus Pomponius Atticus, yang akan menjadi teman dekat seumur hidup (dan akhirnya menerima lebih dari 500 surat selamat Cicero). Setelah tinggal di Athena selama enam bulan, Cicero pergi ke Asia Kecil untuk belajar lagi dengan Molo.

Pada usia 27, Cicero menikahi Terentia (98 SM - 4 CE), yang dengannya dia akan memiliki dua anak: Tullia (78-46 SM) dan Marcus atau Cicero Minor (65 - setelah 31 SM). Dia menceraikannya sekitar 46 SM, dan menikah dengan bangsanya yang muda, Publilia, tetapi itu tidak berlangsung lama  Cicero tidak berpikir Publilia cukup marah atas kehilangan putrinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline