Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Rezim dan Siklus Politik Socrates [1]

Diperbarui: 29 September 2019   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Socrates (sekitar 470 - 399 SM) menyusun kerangka kerja konseptual panoramik pada   perubahan konstitusional. Pertama, menggambarkan sebuah konstitusi (rezim politik) sebagai manifestasi pada   tatanan psikologis sosial (' jiwa '), atau jiwa pada   realitas politik.

Kemudian, Socrates menggambarkan  perubahan konstitusional terungkap sebagai manifestasi pada   pembusukan dalam 'jiwa' , atau kerusakan moral. Seiring berlalunya generasi, ' jiwa ' internal meluruh. Ketika tatanan sosial psikologis meluruh, kerusakan moral yang terjadi kemudian mengisi serangkaian 5 konstitusi yang berbeda (disajikan dalam daftar di bawah) untuk membentuk struktur super pada   siklus konstitusional (rezim politik), sebut saja 'Siklus Socrates' . Itu terungkap sebagai berikut dalam urutan kronologis: [a] 'Hanya Raja / Aristokrasi' ; [b] Timokrasi; [c] Oligarki; [d] Demokrasi; [e] Kezaliman;

Apa logika di balik pandangan siklusnya? Mengapa perubahan rezimnya harus mengikuti urutan ini? Mengapa tirani harus keluar pada   demokrasi dalam pandangannya? Bacaan ini akan memiliki perspektif keseluruhan kerangka kerja konseptual Socrates pada   siklus rezim konstitusionalnya (Siklus Socrates].

Pertama, terlepas pada   wawasannya yang mendalam tentang topik ini, kita perlu waspada, ada keterbatasan dalam wacana (untuk dibahas dalam bacaan lain pada   seri ini). Meskipun ada keterbatasan seperti itu, argumennya tetap signifikan dan relevan dengan zaman kita, karena implikasi menyeluruh pada   nilai intrinsiknya. Dan saya akan menyarankan, nilai yang sangat intrinsik pada   wacana Socrates adalah  ia menerangi konstitusi (rezim politik) sebagai manifestasi pada   jiwa sosial ('jiwa') waktu, atau Geist.

Kedua, siklus paradigma politik Sokrates hanya berkaitan dengan Peradaban Barat. Peradaban Sino, Peradaban Hindu, dan lainnya berada di luar ruang lingkup wacana Socrates.

Ketiga,   tentang konsensus historis  Socrates tidak meninggalkan kita tulisannya. Kita hanya dapat melihat sekilas pemikiran Sokrates terutama melalui tulisan-tulisan para muridnya, Platon dan Xenophon. Dalam wacana kami, ketika saya merujuk Socrates, saya merujuk ke Socrates fiksi Plato. Dengan demikian, seringkali Platon dan Socrates dapat dipertukarkan sampai batas tertentu. Sejauh mana Plato loyal pada pemikiran Socrates? Apakah Plato menggunakan Socrates sebagai juru bicara sendiri dalam tulisannya? Tidak ada yang akan tahu kebenarannya. Jadi, izinkan saya berpura-pura di sini, Platon  secara tautologis adalah Platonis, dengan demikian, setia pada pemikiran asli Socrates.

Doktrin Jiwa Tripartit. Berulang kali, nilai intrinsik wacana Socrates adalah  ia menerangi rezim politik, atau konstitusi, sebagai perwujudan pada   tatanan psikologis sosial ('jiwa') pada   setiap zaman, atau Zeitgeist . Dan untuk mengkarakterisasi ' jiwa - jiwa ' yang berbeda, 'Socrates mengembangkan dua kerangka dasarnya yang melampaui batasan waktu hingga hari ini: ' Empat   Doktrin Jiwa Tripartit.

 Keadilan Sosial Socrates dan Empat Kebajikan Utama. Apa itu 'negara adil'; bagaimana membangun konstitusi masyarakat yang adil dan mengoperasikannya; dan bagaimana konstitusi yang adil meluruh pada   waktu ke waktu. Keadilan masyarakat menyibukkan Socrates dalam wacana tentang rezim politik. Untuk mulai dengan, apa definisi ' keadilan sosial '.  Socrates memperkenalkan konsepnya tentang 'keadilan' sebagai komponen pada   4 kebijaksanaan: [1] kebijaksanaan (prudence); [2] keberanian; [3] disiplin diri (kesederhanaan), dan [4] keadilan
Untuk menggambarkan masyarakatnya yang adil, ia membagi masyarakat menjadi tiga komponen   kelas yang berkuasa, kelas militer, dan yang biasa   dan menempatkan kebajikan-kebajikan ini di seluruh spektrum masyarakat dengan cara tertentu.

Dalam masyarakat yang adil, Socrates berpendapat, kelas penguasa memerintah masyarakat atas nama yang diperintah, bukan demi kepentingan bagian mereka sendiri. (Plato, Republik, Buku I) Di sini dengan ungkapan, 'atas nama masyarakat,' Socrates mengungkapkan, keadilan sosial adalah kebaikan bersama masyarakat sebagai tujuan akhirnya. Untuk melakukannya,   lebih lanjut mengartikulasikan, kelas penguasa harus memiliki kebijaksanaan   kebajikan pertama dalam daftar - sebagai keahlian khusus mereka untuk memerintah atas nama seluruh masyarakat. (Plato, Republik,   Buku IV: 428c) Selain itu, demi terwujudnya masyarakat yang adil,   menuntut keberanian kelas militer --- kebajikan kedua dalam daftar   kemampuan untuk membedakan antara sinyal dan kebisingan risiko yang terkait dengan keamanan negara. Dia lebih jauh menuntut setiap warga negara di seluruh spektrum disiplin diri masyarakat (kesederhanaan)  kebajikan ketiga dalam daftar   untuk fokus pada keahlian profesional seseorang.

Secara keseluruhan, Socrates  mengartikulasikan  tujuan akhir, kebaikan bersama, diwujudkan melalui pengejaran individu terhadap keahlian khusus, atau spesialisasi pekerjaan. Yang menarik, Socrates mengidentifikasikan keadilan dalam sarana  spesialisasi pekerjaan   untuk mewujudkan masyarakat yang adil , alih-alih 'akhirnya - ' kebaikan bersama ' .

Doktrin Jiwa Tripartit.  Berulang kali, nilai yang sangat intrinsik pada   wacana Socrates, setidaknya bagi saya, adalah  Socrates menerangi setiap konstitusi (rezim politik) sebagai manifestasi pada   ' jiwa ', atau tatanan sosial psikologis yang berbeda. Dalam menggambarkan tatanan psikologis yang berbeda, ia mengembangkan 'Doktrin Jiwa Tripartit'. Doktrin membagi jiwa (' psuche ') menjadi tiga komponen berbeda berikut: [a] 'Alasan atau logistikon; [b] keberanian, dan [c]  'Nafsu material, uang, produksi kekayaan atau kaum pedagang bisnis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline