Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Tulisan ke 50 Nobel Bidang Sastra 1971 Pablo Neruda

Diperbarui: 17 September 2019   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tulisan ke 50 Kuliah Nobel Bidang Sastra 1971 Pablo Neruda

Pablo Neruda , nama asli Neftal Ricardo Reyes Basoalto , (lahir 12 Juli 1904, Parral, Chili --- meninggal 23 September 1973, Santiago), penyair, diplomat, dan politisi Chili yang dianugerahi Hadiah Nobel untuk Sastra pada tahun 1971. mungkin yang paling penting Penyair Amerika Latin abad ke-20.

Kehidupan awal dan puisi cinta. Neruda adalah putra Jos del Carmen Reyes, seorang pekerja kereta api, dan Rosa Basoalto. Ibunya meninggal dalam sebulan setelah kelahiran Neruda, dan dua tahun kemudian keluarga itu pindah ke Temuco , sebuah kota kecil yang lebih jauh ke selatan di Chili , tempat ayahnya menikah lagi. Neruda adalah seorang anak laki-laki dewasa sebelum waktunya yang mulai menulis puisi pada usia 10 tahun. 

Ayahnya mencoba untuk mencegahnya dari menulis dan tidak pernah merawat puisi-puisinya, yang mungkin mengapa penyair muda itu mulai menerbitkannya dengan nama samaran Pablo Neruda, yang secara hukum dia undang untuk mengadopsi pada tahun 1946. Dia memasuki Temuco Boys 'School pada tahun 1910 dan menyelesaikan sekolah menengahnya di sana pada tahun 1920. 

Tinggi, pemalu, dan kesepian, Neruda membaca dengan lahap dan didorong oleh kepala sekolah Temuco Girls' School, Gabriela Mistral , seorang penyair berbakat yang nantinya akan menjadi peraih Nobel.

Neruda pertama kali menerbitkan puisinya di surat kabar lokal dan kemudian di majalah yang diterbitkan di ibukota Chili, Santiago . Pada 1921 ia pindah ke Santiago untuk melanjutkan studinya dan menjadi guru bahasa Prancis. Di sana ia mengalami kesepian dan kelaparan dan menjalani gaya hidup bohemian. Buku puisi pertamanya, Crepusculario , diterbitkan pada tahun 1923. 

Puisi-puisi itu, halus dan elegan, ada dalam tradisi puisi Simbolis, atau lebih tepatnya versi Hispanik-nya, Modernismo . Buku keduanya, puisi Veinte de amor y una cancin desesperada (1924; Twenty Love Poems dan Song of Despair ), terinspirasi oleh hubungan cinta yang tidak bahagia. Itu menjadi sukses instan dan masih menjadi salah satu buku paling populer di Neruda.

Ayat dalam Twenty Love Poems itu penuh semangat, pedih , dan langsung, namun halus dan sangat orisinal dalam perumpamaan dan perumpamaannya.

Puisi-puisi itu mengungkapkan cinta muda, penuh gairah, dan tidak bahagia yang mungkin lebih baik daripada buku puisi dalam tradisi Romantis yang panjang.

Penyair eksperimental sebagai diplomat. Pada usia 20, dengan dua buku diterbitkan, Neruda sudah menjadi salah satu penyair Chili paling terkenal. Dia meninggalkan studinya di Perancis dan mulai mengabdikan dirinya sepenuhnya pada puisi. 

Tiga buku lagi muncul berturut-turut dengan cepat: Tentativa del hombre infinito (1926; "Percobaan Manusia Tak Terbatas "); Anillos (1926; "Rings"), bekerja sama dengan Toms Lago; dan El hondero entusiasta (1933; "The Enthusiastic Slingshooter"). Namun puisinya bukan merupakan sumber penghasilan tetap, jadi ia menerjemahkan dengan tergesa-gesa dari beberapa bahasa dan menerbitkan majalah dan artikel surat kabar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline