Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Makna Doxa [2]

Diperbarui: 6 Agustus 2019   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Makna Doxa [2]

Doxa biasanya diterjemahkan sebagai opini, tetapi ini hanya setengah jalan untuk menangkap makna kata untuk filsafat Yunani Kuna. Karena itu tidak memungkinkan  untuk memahami mengapa Theatetus, setelah menyangkal jawaban pertamanya, sekarang menarik bagi doxa , dengan cara yang sama dia pertama kali mengajukan banding ke aistesis , karena yang segera dan tanpa reflektif tampaknya merupakan esensi pengetahuan.

Martin Heidegger menunjukkan  doxa memiliki makna ganda, yang merefleksikan penentuan ganda pengetahuan yang sebelumnya terlihat sebagai "menunjukkan diri dari makhluk itu sendiri" yang kita miliki dalam aistesis (persepsi), dan hubungan jiwa dengan makhluk, yang kita miliki di dianoia (persepsi batin). 

Doxa adalah tampilan, ide yang ditawarkan sesuatu, dan gambar atau gambar yang dibuat seseorang dari apa yang ditampilkan sendiri. Doxa sesuatu seperti apa tampilannya, apa yang ditunjukkannya sendiri; ke arah mana kita mengambil sikap, kita berpandangan, kita memiliki pendapat, ini adalah doxa kita. Kedua aspek hadir dalam satu kata. Untuk mengilustrasikan bagaimana  mengalami doxa , Heidegger,   menyerukan gagasan tentang sebuah kota dan berbagai pandangan yang ditawarkannya kepada kita;   dan gunakan dalam membangun pandangan   tentang itu:

Metafora sebuah kota menawarkan pemandangan indah. Pandangan   makhluk memiliki dalam dirinya sendiri, dan dengan demikian dapat menawarkan   dirinya sendiri, membiarkan dirinya kemudian ditangkap pada saat ini, disudut pandang ini.  Konstruksi pendapat ini sendiri sering terjadi tanpa melihat secara dekat pada apa yang menunjukkan dirinya. "Dengan demikian dapat terjadi   pandangan yang diadopsi tidak memiliki dukungan dalam hal itu sendiri."  

Oleh karena "dengan doxa  langsung berada di daerah yang acuh tak acuh dalam hal kebenaran dan kepalsuan."   Ini berarti dualitas doxa, sebagai penampilan dan pendapat, semakin berlipat ganda. Socrates mengatakan " doxa memiliki dua wajah" dengan ini ia berarti  doxa sebagai penampilan dapat menghadirkan apa itu makhluk itu sendiri, tetapi  dapat menjadikannya seperti apa adanya, demikian  doxa sebagai pandangan, pendapat kita tentang apa yang dilihat dapat benar atau salah. Dengan demikian kedua aspek doxa, tampilan dan tampilan, memiliki kapasitas untuk menjadi pseudo , salah, terdistorsi.

Ini membuka bidang ketidakbenaran untuk pertama kalinya, tujuan yang dinyatakan  keterlibatan Heidegger dengan dialog Theatetus. Konsep doxa dalam bahasa Yunani adalah,   dalam Bourdieu (1987b) dapat dibaca, istilah yang berlawanan dengan episteme e . Perbedaan yang berpengaruh antara bidang sains dan kebenaran (episteme) dan bidang opini belaka dan penampilan belaka (doxa) pertama kali dirinci dalam buku ketujuh Plato's The State. 

Dalam tradisi Yunani, istilah ini  digunakan untuk kemuliaan Tuhan. Bourdieu menggunakan istilah Doxa untuk validitasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mereka harus dibedakan dari alam semesta diskursus di mana pendapat diungkapkan secara eksplisit, baik itu dalam bentuk ortodoks atau heterodoks.

Penjelasan karakter ganda doxa sebagai benar dan salah, menyebabkan Theaetetus menyesuaikan jawaban keduanya dengan pertanyaan Socrates: "apa itu pengetahuan". "Mengatakan  pengetahuan hanya pandangan [doxa] tidak mungkin, karena pandangan sering kali salah. Hanya pandangan sejati yang bisa menjadi pengetahuan. 

Di sini Theaetetus mencoba menjauhkan diskusi dari konsep pengetahuan yang salah atau terdistorsi, menuju pengetahuan sebagai kebenaran; karena pengetahuan palsu, seperti yang diberikan dalam pandangan salah, baginya merupakan kontradiksi yang mustahil.  

Socrates,  mengekspresikan kebingungan; tampaknya menjadi bagian pengalaman sehari-hari namun prinsip panduan pengetahuan, sesuatu atau tidak mengetahuinya, memberi tahu pandangan salah itu mustahil. Ini membawanya untuk terlibat analisis tentang  pseudes doxa,  dalam hal prinsip pengetahuan pada perspektif yang berbeda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline