Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Sandi-sandi Tuhan

Diperbarui: 4 Agustus 2019   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Cara hidup ini dapat digambarkan dengan ekspresi berulang oleh  Karl Jaspers;  "keputusan ", "risiko", "lompatan", "berbalik", "keberadaan", "keseriusan".  Ungkapan itu menunjuk pada transformasi dan pembaruan yang diperlukan filsafat. Filsafat,  setelah takhayul   berlaku umum, telah memahami dirinya sebagian besar sebagai ilmu di antara ilmu-ilmu lain. Sekarang, sejauh menyangkut pemikiran metodologis, filsafat, tentu saja,    merupakan sains, tetapi ini bukan aktualitasnya. Aktualitasnya tidak terletak pada universalitas, tetapi pada tanpa syarat pernyataannya.

Filsafat bukanlah kepemilikan pengetahuan, tetapi sikap batin, kondisi Ini mungkin mengapa Jaspers berbicara tentang kepercayaan filosofis. Tetapi ini juga harus jelas mengapa keyakinan filosofis dalam dirinya ini tidak memiliki konten yang konkret, tetap, dan selalu konsisten. Orang yang beriman secara filosofis tidak dapat berkhotbah karena dia tidak memiliki sesuatu untuk diumumkan. Sifat kebenaran yang melayang inilah yang melarang semua yang disebut "pernyataan tegas." Yang Tidak Berkondisi, Meliputi, Ilahi, "Transendensi" tidak pernah masuk langsung ke dunia ini dan kehidupan ini, tetapi selalu berbicara hanya dalam "sandi". Bahkan Tuhan secara  pribadi pewahyuan  hanyalah sebuah sandi.

Buku kecil ini, yang terdiri dari 136 halaman dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1948, berisi kuliah tamu yang diberikan oleh Jaspers atas undangan Masyarakat Akademik Sukarela dan Fakultas Humaniora dari Universitas Basel pada bulan Juli 1947. Pada 1948, ia pindah dari Heidelberg ke Basel, tempat ia mengajar hingga 1961 dan di mana ia meninggal pada 1969.

Pentingnya buku ini dalam konteks keseluruhan karya Jaspers terletak pada kenyataan bahwa (a) banyak pemikiran penting dari seluruh filsafatnya disajikan secara singkat dan dibahas, dan (b) konsepsi keyakinan filosofis pertama kali dikembangkan secara eksplisit dan sistematis. Konsepsi ini tidak hanya penting bagi filosofi agama Jaspers, tetapi  a anggapan dasar dan asumsi dasar seluruh filosofisnya. Ini kemudian diperjelas oleh Jaspers dalam karya yang jauh lebih terperinci The Philosophical Faith in Revelation (1962).

Bagi Jaspers, keyakinan filosofis adalah landasan akal keberadaan manusia. Orang akan salah paham Jaspers jika iman filosofis dipahami hanya sebagai sikap kontemplatif dalam menghadapi krisis yang dialami dan situasi perbatasan. Niat dasar yang menyatukan Jaspers dengan keyakinan ini dibuat jelas, paling tidak dalam abad pertengahan mengatakan dia mengutip beberapa kali, dengan mana dia menyelesaikan kuliah terakhirnya di Universitas Basel pada semester musim panas 1961 tentang "sandi transendensi": "Saya datang, saya tidak tahu di mana, / saya, saya tidak tahu siapa, / saya mati, saya tidak tahu kapan, / saya pergi, saya tidak tahu di mana, / saya terkejut bahwa saya bahagia. "Bagi Jaspers, kepercayaan filosofis bukanlah pendirian pasif melawan mood emosional negatif seperti ketakutan, keputusasaan atau pengalaman tidak masuk akal yang dihasilkan dari banyak pengalaman kegagalan dalam pemenuhan berbagai klaim kehidupan.

 Sebaliknya, kepercayaan ini mewakili sikap yang sangat aktif terhadap kehidupan atau sikap terhadap kehidupan, itu adalah "cara perilaku filosofis" yang spesifik. Kepercayaan filosofis, pertama-tama, adalah kepastian bahwa ada transendensi, keberadaan absolut atau Tuhan, tetapi keyakinan itu tidak dapat menjamin kepastian atau menyampaikan pengetahuan transendensi atau Tuhan.

Ini adalah kepercayaan pada Tuhan yang tidak dapat membentuk gambaran pada prinsipnya dan di mana setiap upaya untuk memikirkannya secara langsung atau berbicara atau menyapa itu pasti akan gagal. "Jaspers sesekali menyebut transendensi Tuhan (lebih umum pada karya akhir). Tapi kemudian itu adalah dewa tersembunyi (deus absconditus) yang tidak mengungkapkan dirinya. Transendensi sama sekali tidak memiliki sifat empiris, di mana orang dapat bertanya pada diri sendiri apakah itu benar di ruang mana? jam berapa

Transendensi sedang, yang benar-benar meliputi. Iman filosofis sangat kontras dengan kepercayaan pada wahyu agama sejauh tidak terikat pada lembaga apa pun, tidak ada komunitas komunitas, tidak ada sekte, tidak ada otoritas untuk menafsirkan dalam kaitannya dengan kebenaran agama yang diungkapkan iman. Dalam kontradiksi dengan keyakinan agama, tidak pernah ada klaim absolutitas dan eksklusivitas terkait dengan keyakinan filosofis. Kepercayaan filosofis pada Jaspers di atas semua dipahami sebagai kepercayaan pada kemungkinan mendasar dari kenaikan ke dimensi aktual, eksistensi diri manusia.

"Iman filosofis, bagaimanapun, adalah kepercayaan manusia pada kemungkinannya. Di dalamnya, kebebasannya bernafas, "Menjadi manusia tidak hanya diwujudkan dalam dimensi-dimensi rasional dari keberadaan vital yang vital, tentang dunia pemahaman atau" kesadaran secara umum, "dan tentang penggunaan akal, produksi" roh "manusia. Kedirian aktual hanya dapat diwujudkan dalam dimensi eksistensi transempiris. Dalam dimensi ini terletak kemungkinan untuk menjadikan diri sendiri, yang tak terpisahkan, individualitasnya menjadi kenyataan dalam momen-momen kehidupan yang terpenuhi.

Pada saat-saat realisasi keberadaan, seseorang mengalami dirinya dalam kebebasan seseorang sebagai transendental. Sebagai keyakinan pada kemungkinan utama untuk dapat mengalami kenaikan ke eksistensi atau diri yang sebenarnya, keyakinan filosofis pada saat yang sama juga keyakinan bahwa, dalam konfrontasi dengan situasi batas (kematian, penderitaan, perjuangan, rasa bersalah), itu tidak menyerah keputusasaan dan nihilistik. Pengabaian diri. Ia adalah dasar makna, dari mana manusia, meskipun mengalami guncangan yang paling dalam, mengalami kepercayaan untuk terus hidup dan menguasai situasi perbatasan dengan mengalami situasi perbatasan. Kepercayaan filosofis pada Jaspers tidak lain adalah kepercayaan pada kemungkinan komunikasi antarpribadi. Dia adalah "usaha keterbukaan radikal" dan "kesiapan komunikasi tanpa batas".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline