Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Theogoni Hesiod [3]

Diperbarui: 2 Agustus 2019   01:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Theogoni Hesiod [3]

Kebijakan Tradisional; [695] Bawa pulang seorang istri ke rumah Anda ketika Anda berada pada usia yang tepat, sementara Anda tidak jauh dari tiga puluh tahun atau jauh di atas; ini adalah usia yang tepat untuk menikah. Biarkan istrimu tumbuh dewasa empat tahun, dan nikahi dia di tahun kelima. Menikah dengan seorang gadis, sehingga Anda dapat mengajarinya dengan cara yang hati-hati, dan terutama menikahi orang yang tinggal di dekat Anda, tetapi perhatikan baik-baik tentang Anda dan pastikan pernikahan Anda tidak akan menjadi lelucon bagi tetangga Anda. 

Karena seorang pria menang tidak lebih baik daripada seorang istri yang baik, dan, sekali lagi, tidak ada yang lebih buruk daripada seorang yang buruk, jiwa serakah yang memanggang pria itu tanpa api, meskipun kuat dia, dan membawanya ke usia tua rapuh.

[706] Berhati-hatilah untuk menghindari kemarahan para dewa yang tidak bisa mati. Jangan berteman dengan seorang saudara; tetapi jika Anda melakukannya, jangan salahkan dia dulu, dan jangan berbohong untuk menyenangkan lidah. 

Tetapi jika dia salah Anda terlebih dahulu, menyinggung baik dalam kata atau dalam perbuatan, ingatlah untuk membalasnya dua kali lipat; tetapi jika dia meminta Anda untuk menjadi temannya lagi dan siap memberi Anda kepuasan, sambutlah dia. Dia adalah pria yang tidak berharga yang sekarang menjadikan satu dan lain sebagai temannya; tetapi untuk Anda, jangan biarkan wajah Anda membuat hati Anda malu.

[715] Jangan mendapatkan nama baik sebagai mewah atau sebagai churlish; sebagai teman dari bajingan atau sebagai fitnah orang baik.

[717] Tidak pernah berani mengejek pria dengan kemiskinan yang mematikan yang memakan hati; itu dikirim oleh para dewa tanpa kematian. Harta terbaik yang bisa dimiliki seseorang adalah lidah yang hemat, dan kesenangan terbesar, yang bergerak dengan tertib; karena jika Anda berbicara jahat, Anda sendiri akan segera menjadi lebih buruk.

[722] Jangan kasar pada pesta umum [di mana umum] di mana ada banyak tamu; kesenangan adalah yang terbesar dan pengeluarannya paling sedikit.

[724] Jangan pernah menuangkan persembahan anggur bersoda ke Zeus setelah fajar dengan tangan yang tidak dicuci, atau kepada dewa-dewa yang tak pernah mati; selain itu mereka tidak mendengar doa-doa Anda tetapi meludahkannya kembali.

[727] Jangan berdiri tegak menghadap matahari ketika Anda membuat air, tetapi ingatlah untuk melakukan ini ketika ia sudah bersiap untuk naik. Dan jangan membuat air saat Anda pergi, baik di jalan atau di jalan, dan jangan membuka diri: malam milik para dewa yang diberkati. Seorang pria yang teliti yang memiliki hati yang bijak duduk atau pergi ke dinding pengadilan tertutup.

[733] Jangan biarkan diri Anda tercemar oleh api unggun di rumah Anda, tetapi hindari ini. Jangan melahirkan anak-anak ketika Anda kembali dari penguburan yang buruk, tetapi setelah festival para dewa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline