Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat tentang Prometheus dan Pendora

Diperbarui: 31 Juli 2019   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Filsafat Tentang Prometheus  dan  Pendora

Prometheus, salah satu dari para Titan (dewa-dewa ini datang sebelum Olimpia, dan hidup di Gunung Othrys, bukan Gunung Olimpus), diberi tugas, oleh Zeus (Romawi-Jupiter) Raja Olimpia, menciptakan manusia, membentuknya dari air dan bumi, saudaranya, Epimetheus, diberi tugas menciptakan hewan.

Prometheus , dalam mitologi Yunani Kuna penipu ulung, dan dewa api. Sisi intelektualitasnya ditekankan oleh makna yang jelas dari namanya, Forethinker. Dalam kepercayaan umum Prometheus berkembang menjadi pengrajin ahli, dan dalam hubungan ini Prometheus dikaitkan dengan api dan penciptaan manusia.

Penyair Yunani Hesiod mengisahkan dua legenda utama tentang Prometheus. Yang pertama adalah itu Zeus, dewa utama, yang telah ditipu oleh Prometheus agar menerima tulang dan lemak pengorbanan alih-alih daging, menyembunyikan api dari manusia. Namun Prometheus mencurinya dan mengembalikannya ke Bumi sekali lagi. 

Sebagai harga api, dan sebagai hukuman bagi umat manusia secara umum, Zeus menciptakan wanita itu {Pendora} dan mengirimnya ke Epimetheus (Hindsight), yang, meskipun diperingatkan oleh Prometheus, menikahinya. Pandora mengambil tutup besar dari toples yang dibawanya, dan kejahatan, kerja keras, dan penyakit terbang keluar untuk mengganggu umat manusia. Harapan saja tetap ada di dalam.

Hesiod menceritakan dalam kisahnya yang lain, sebagai  pembalasan terhadap Prometheus, Zeus membuatnya dipaku ke sebuah gunung di ["Kaukasus"} dan mengirim seekor rajawali untuk memakan hatinya yang abadi, yang terus-menerus mengisi kembali dirinya; Prometheus digambarkan dalam Prometheus of Bound oleh Aeschylus, yang menjadikannya tidak hanya pembawa api dan peradaban bagi manusia tetapi juga pemelihara mereka, memberi mereka semua seni dan ilmu pengetahuan serta sarana untuk bertahan hidup.

Kotak Pandora adalah mitos Yunani yang paling dicintai,   salah satu yang terpendek, tetapi, mengatakan   sepenuhnya memahami mitos yang luar biasa ini, dan bagaimana Pandora menjadi wanita fana pertama di dunia, kutukan umat manusia.

Epimetheus, Dewa Pemikiran Rendah, dan ketiadaan materi otak, ternyata, diperintahkan untuk menciptakan hewan terlebih dahulu, dan kemudian, ketika tugas itu selesai, Prometheus, Dewa Penglihatan Jauh, adalah untuk menciptakan umat manusia. 

Dengan sangat antusias dan tidak banyak berpikir, Epimetheus mengatur tugasnya. Begitu hewan-hewan dibentuk dari air dan bumi, dicelupkan ke dalam kantong trik, diberikan kepada Zeus oleh saudara laki-laki itu, Epimetheus menganugerahkan kepada makhluk-makhluk yang beruntung ini semua kualitas terbaik; kekuatan dan kecepatan untuk mengejar dan membunuh mangsa, bulu dan bulu untuk perlindungan, cakar dan gigi untuk pertahanan diri dan indera yang tersetel.  

Pekerjaannya selesai, Epimetheus duduk kembali dan dengan bangga mensurvei pekerjaannya, dia akan memberi tahu Prometheus bahwa dia sekarang dapat mulai pada manusia ketika tiba-tiba sebuah pemikiran muncul padanya, dia telah menggunakan semua kualitas terbaik, manusia akan menjadi lebih baik. spesies yang lebih rendah!;

Dengan ragu-ragu, Epimetheus berkata kepada saudaranya, "Er, Prom, aku sudah menyelesaikan binatang-binatangku, kamu bisa bergaul dengan manusia sekarang, tetapi, sebelum kamu melakukannya, aku lebih baik memberitahumu sesuatu", dan kemudian menjelaskan apa yang dia miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline