Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Mencari Watak Manusia

Diperbarui: 26 Juli 2019   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dokpri

Aku Mencari Watak Manusia

Semua umat manusia yang bercita-cita untuk bahagia, cemerlang dan umur panjang,  berbudi luhur, seperti aktor bodoh yang ingin selalu memiliki bagian yang hebat pada bagian yang ditandai dengan kemegahan dan kemenangan. Mereka gagal melihat  yang penting bukanlah apa atau seberapa banyak, tetapi bagaimana mereka bertindak.

Karena manusia tidak berubah, dan karakter moralnya tetap sama selama hidupnya; karena dia harus memainkan bagian yang telah dia terima, tanpa penyimpangan dari karakter; karena baik pengalaman, maupun filsafat, maupun agama tidak dapat memengaruhi kemajuan dalam dirinya, timbul pertanyaan, Apa arti hidup sama sekali? Untuk tujuan apa permainan itu dimainkan, lelucon di mana segala sesuatu yang esensial diperbaiki dan ditentukan tidak dapat ditarik kembali?

Dimainkan   seorang manusia dapat memahami dirinya sendiri, sehingga ia dapat melihat apa yang ia cari dan inginkan; apa yang dia inginkan, dan apa, oleh karena itu, dia. Ini adalah pengetahuan yang harus diberikan kepadanya dari luar. 

Dengan kata lain, hidup adalah milik manusia, kehendak, zat-zat kimia apa bagi tubuh: hanya dengan kehidupanlah seorang manusia mengungkapkan siapa dirinya, dan hanya sejauh ia mengungkapkan dirinya sendiri  ia ada di semua. 

Hidup adalah manifestasi dari karakter, dari sesuatu yang kita pahami dengan kata itu; dan bukan dalam hidup, tetapi di luarnya, dan di luar waktu, karakter itu mengalami perubahan, sebagai hasil dari pengetahuan diri yang diberikan kehidupan.

Hidup hanyalah cermin di mana seseorang tidak memandang agar ia dapat mendapatkan refleksi dari dirinya sendiri, tetapi agar ia dapat memahami dirinya sendiri dengan refleksi itu; agar dia dapat melihat apa yang ditunjukkan cermin itu. Life adalah lembar bukti, di mana kesalahan kompositor dibawa ke cahaya. Bagaimana mereka menjadi terlihat, dan apakah jenisnya besar atau kecil, adalah masalah tanpa konsekuensi. 

Baik di luar kehidupan maupun dalam sejarah tidak ada signifikansi; karena sebagaimana semuanya adalah apakah kesalahan terjadi dalam tipe besar atau kecil, demikian juga semuanya, mengenai esensi masalah, apakah disposisi jahat dicerminkan sebagai penakluk dunia atau penipu dunia atau egois jahat. 

Dalam satu kasus dia terlihat dari semua orang; di sisi lain, mungkin hanya dirinya sendiri; tetapi dia harus melihat dirinya sendiri yang menandakan.

Karena itu, jika egoisme memegang teguh manusia dan menguasai dirinya, apakah itu dalam bentuk kegembiraan, atau kemenangan, atau nafsu, atau harapan, atau kesedihan yang panik, atau gangguan, atau kemarahan, atau ketakutan, atau kecurigaan, atau gairah dalam bentuk apa pun - ia ada dalam genggaman iblis dan bagaimana ia masuk ke dalamnya tidak masalah. Yang perlu adalah dia harus bergegas keluar dari mereka; dan di sini, sekali lagi, tidak masalah bagaimana.

Saya telah menggambarkan karakter sebagai suatu tindakan kehendak yang secara teoritis terletak di luar waktu, di mana kehidupan dalam waktu, atau karakter dalam tindakan, adalah perkembangan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline