Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Adam Smith [6]

Diperbarui: 13 Juni 2019   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Filsafat  Adam Smith [6]

Ada dua buku teks Adam Smith  yang dipelajari selama saya kuliah pascasarjana matakuliah ekonomi makro madya [intermediate macroeconomic] yakni [a]  [TMS] Theory of Moral Sentiments. Ed. A.L. Macfie and D.D. Raphael. Indianapolis: Liberty Press, 1982; dan kedua [b]  [WN] An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. 2 vols. Ed. R.H. Campbell and A.S. Skinner. Indianapolis: Liberty Press, 1976. 

Pada teks buku, An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations [WS] diterbitkan pada bulan Maret 1776, empat bulan sebelum penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Ini adalah buku yang jauh lebih besar daripada Theory of Moral Sentiments [TMS] tidak termasuk lampiran dan indeks,  An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations berisi 947 halaman. 

Oleh karena itu, bagi pembaca pertama kali, itu mungkin tampak lebih menakutkan daripada karya Smith sebelumnya, tetapi dalam banyak hal, itu sebenarnya adalah bacaan yang lebih sederhana. Seiring bertambahnya usia, gaya penulisan Smith menjadi lebih efisien dan tidak begitu berbunga-bunga, tetapi suara penulisannya tetap bercakap-cakap.

Istilah-istilahnya lebih tegas didefinisikan dalam WN daripada di TMS,  dengan jelas mengidentifikasi posisi-posisi yang didukung dan tolak. Diskusi ekonominya tidak berlapis seperti komentarnya tentang moralitas, sehingga masalah interpretatif sering kurang kompleks. Logika buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations transparan: skema organisasinya jelas, dan kesimpulannya didukung dengan cermat dengan argumen filosofis dan data ekonomi.

Ada banyak yang menentang pernyataannya, tentu saja, tetapi sulit untuk menyangkal  posisi Smith di An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations dapat dipertahankan bahkan jika, pada akhirnya, beberapa orang mungkin menyimpulkan  tidak tepat atau salah.

Teks ini dibagi menjadi lima "buku" yang diterbitkan dalam satu, dua, atau tiga volume terikat tergantung pada edisi. Buku-buku pertama menguraikan pentingnya pembagian kerja dan kepentingan pribadi. Yang kedua membahas peran stok dan modal. Yang ketiga memberikan catatan sejarah tentang kebangkitan kekayaan dari zaman primitif hingga masyarakat komersial. 

Yang keempat membahas pertumbuhan ekonomi yang berasal dari interaksi antara sektor perkotaan dan pedesaan dari masyarakat komersial. Buku kelima dan terakhir menyajikan peran kedaulatan dalam ekonomi pasar, menekankan sifat dan batas kekuatan pemerintah dan cara-cara lembaga keuangan harus dibayar. Smith, bersama dengan orang-orang sezamannya pada Pencerahan Skotlandia, menyandingkan periode waktu yang berbeda untuk menemukan panduan normatif.

Seperti Theory of Moral Sentiments [TMS], The Wealth of Nations atau An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations  mengandung filosofi sejarah yang mempercayai alam untuk mengungkapkan logika dan pada tujuannya.

Ini adalah ruang lingkup yang luar biasa, bahkan untuk sebuah buku The Wealth of Nations atau An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations sampai hari ini menjadi tema diskusi yang menarik. Prestasi Smith, bagaimanapun, bukan hanya banyaknya diskusi, tetapi bagaimana dia membuat semuanya cocok. Prestasinya yang paling mengesankan di An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations [WS] adalah presentasi sistem ekonomi politik. 

Smith membuat elemen-elemen yang tampaknya berbeda saling bergantung dan konsisten. Dia berhasil mengambil pendekatan Newtoniannya dan menciptakan narasi kekuatan dan keindahan, membahas filosofis bersama dengan ekonomi, menggambarkan perilaku manusia dan sejarah, dan menetapkan tindakan terbaik untuk perbaikan ekonomi dan politik. Dan,   membangun prinsip pertama yang setidaknya sama kontroversialnya dengan kalimat yang memulai Theory of Moral Sentiments. Dia memulai pengantar dengan menyatakan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline