Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Broch: "Pesona"

Diperbarui: 3 Mei 2019   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Broch:  Die Verzauberung  ["The Enchantment"]

Die Verzauberung ["The Enchantment atau Pesona"]  adalah analisis awal tentang perkembangan di Jerman di bawah Hitler, pada saat yang sama merupakan risalah tentang agama dan transendensi. Karya Hermann Broch di antara karya-karya berhubungan dengan terutama dipertimbangkan secara psikologis. Pertanyaan, bagaimana "itu", bisa terjadi, Thomas Mann  memahami episteme identitas manusia.

Kondisi ini mengacu pada   manusia  sebagai individu, tetapi juga saat yang sebagai sebagai manusia kolektif. Thomas Mann sendiri tidak suka melihat karyanya diinterpretasikan sebagai analisis sensitivitas Jerman, tetapi   dengan jujur mengakui   karyanya telah dimulai pada tahun 1943, di bawah pengaruh kesuraman perang dan ketakutan   masa depan, dan  situasi saat ini mungkin telah ada faktanya.

Berbeda dengan kedalaman dan keluasan pemikiran Thomas Mann, ada tokoh lain yang lebih dalam dari itu secara akademis,   memiliki akses mendalam yang sama ke pertanyaan sama bernama Hermann Broch.

Hermann Broch, [1 November 1886 - 30 Mei 1951) adalah seorang penulis  abad ke-20,  warga negara Austria yang meraih pengakuan internasional pada gagasan novel multidimensia, di mana Broch  menggunakan teknik sastra inovatif untuk menghadirkan berbagai pengalaman manusia. Pada tahun 1927 Broch meninggalkan warisannya dengan pabrik tekstil ayahnya di Teesdorf, oleh karena itu, ia kuliah di  perguruan tinggi teknis untuk pembuatan tekstil dan pemintalan dan tenun.

Pada tahun 1909 Hermann Broch dan menikahi Franziska von Rothermann secara Katolik, putri seorang pabrikan yang dianugerahi gelar bangsawan. Tahun berikutnya, putra mereka Hermann Friedrich Maria lahir. Pernikahannya berakhir dengan perceraian pada 1923. Pada 1927 Hermann Broch menjual pabrik tekstil dan memutuskan untuk belajar matematika, filsafat, psikologi di Universitas Wina.

Hermann Broch memulai karir sastra penuh waktu hanya sekitar usia 40. Pada usia 45, karya sastra utamanya yang pertama, trilogy [the sleepwalkers], diterbitkan oleh Daniel Brody, untuk Rhein Verlag pada 1931/1932 di Munich Jerman.  Hermann Broch berkenalan dengan banyak penulis, intelektual, dan seniman yang terkenal di masanya, termasuk Robert Musil, Rainer Maria Rilke, Elias Canetti, Leo Perutz, Franz Blei, dan penulis dan mantan model telanjang  Ea von Allesch.

Dengan ekspansi Austria oleh Nazi (1938), Broch ditangkap di kota kecil Alpen,  karena memiliki majalah sosialis tetapi segera dibebaskan. Tak lama kemudian, sebuah gerakan yang diorganisir oleh teman-teman -- termasuk James Joyce, Thorton Wilder, berhasil membantunya beremigrasi; pertama ke Inggris dan kemudian ke  Amerika, di mana Hermann Broch menerbitkan novelnya [the death of virgil] dan kumpulan cerpennya The Guiltless. 

Saat berada di pengasingan, Hermann Broch terus menulis tentang politik dan bekerja pada psikologi massa, mirip dengan  Elias Canetti, dan filsuf besar Hannar Arendt. Esai Hermann Broch tentang perilaku massa masih belum selesai.  Hermann Broch meninggal pada tahun 1951 di New Haven Connecticut, Amerika Serikat.  Hermann Broch dimakamkan di Killingworth Connecticut, di pemakaman di Roast Meat Hill Road. Hermann Broch dinominasikan untuk  Nobel Sastra pada tahun 1950.

Hermann Broch mempesona sebagai novel politik, novel alegoris oleh Hermann Broch, diterbitkan secara  pada tahun 1953 sebagai Der Versucher. Penulis pada pertengahan 1930-an dan kemudian, tidak puas, sepenuhnya menulis ulang dua kali lagi; setelah kematiannya pada tahun 1951, I setengah revisi ketiga. Versi novel   telah diterbitkan sebagai Demeter (1967) dan Die Verzauberung (1976).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline