Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Seni Mimesis [144]

Diperbarui: 27 Desember 2018   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Filsafat Seni Mimesis  [144] Francis Hutcheson

Francis Hutcheson lahir dan meniggal dengan tanggal unik, pada August 8, 1694- August 8, 1746, mengeluarkan gagasan pada bukunya In An Inquiry into the Original of our Ideas of Beauty and Virtue (1725). Francis Hutcheson rasa keindahan adalah internal karena timbulnya ide kecantikan yang menyenangkan tergantung "pada penerimaan sebelumnya dan perbandingan berbagai persepsi yang masuk akal  atau ide-ide intelektual, ketika menemukan Keseragaman  harmoni di antara mereka". Cara lain untuk menjelaskan maksudnya adalah dengan mengatakan indera internal bergantung pada objek-objeknya pada operasi kekuatan lain, sedangkan indera eksternal tidak.

Oleh karena itu di titik internalitas indera internal tampaknya setara dengan kekuatan akal dan ingatan. Beberapa kekuatan  telah beroperasi untuk menempatkan objek di depan pikiran, tidak ada untuk alasan, tidak ada yang perlu diingat, dan tidak ada yang masuk akal secara internal. Penggunaan "internal" dan "eksternal" ini dapat dianggap menyesatkan, mengingat kekuatan eksternal dan internal untuk beroperasi pada objek baik secara tubuh maupun intelektual, baik pada  dalam maupun pada  luar.

Maka Francis Hutcheson setuju dengan kritik ini, pada karya-karya selanjutnya,   mengganti "internal" dengan "refleks" atau "berikutnya" untuk merujuk pada kekuatan tergantung pada orang lain untuk objek   dan "eksternal" dengan "langsung" atau "anteseden" untuk merujuk pada kekuatan.

Transformasi gagasan Shaftesbury tentang pengertian internal ini bukan satu-satunya konsekuensi penolakan Francis Hutcheson terhadap pandangan hanya pikiran yang indah. Pandangan inilah atau, lebih khusus lagi, pandangan   pada semua keindahan mereduksi menjadi keindahan pikiran ilahi;  yang mendasari realisme estetika karenanya absolutismenya. 

Tetapi Francis Hutcheson tidak memiliki pandangan ini atau pandangan pengganti yang digunakan untuk menopang versi alternatif pada  realisme, dan dengan ragu-ragu memilih versi idealisme, dan karenanya relativisme, yang memahami gagasan keindahan pada model gagasan tentang kualitas sekunder John Locke: {" Semua kecantikan, seperti Nama-nama lain pada  Ide yang masuk akal, dengan tepat menunjukkan Persepsi pada  Pikiran; begitu Dingin, Panas, Manis, Pahit, menunjukkan Sensasi dalam Pikiran, mungkin tidak ada kemiripan dalam Objek, yang menggairahkan ide-ide ini dalam diri, namun    umumnya membayangkan  ada sesuatu pada Objek seperti Persepsi. Maka  jika tidak ada Pikiran dengan Sense of Beauty untuk merenungkan Objects, tidak mungkin melihat bagaimana mereka bisa disebut cantik"}.

Selain itu, tampaknya tidak ada keharusan    gagasan kecantikan harus muncul, seperti halnya, dalam menanggapi objek-objek yang memiliki keseragaman variasi. Andaikata senang melakukannya, Tuhan mungkin telah memberi    rasa keindahan yang responsif terhadap ketidakteraturan di tengah kesederhanaan.

Tetapi Tuhan mungkin tidak memberi rasa keindahan yang responsif terhadap keseragaman di tengah variasi menimbulkan pertanyaan mengapa  melakukannya. Meskipun ini adalah pertanyaan yang tidak pernah muncul untuk Shaftesbury, tapi Francis Hutcheson memberikan jawaban yang mempersempit jarak antara keduanya. Seperti yang ditekankan Shaftesbury, alam semesta sangat teratur  setidaknya "Keseragaman, Proporsi, dan Kesamaan [disebarkan] ke semua Bagian Alam yang dapat  amati".

Dalam jagat raya seperti itu, "Cara pengetahuan oleh Teorema universal  pasti paling nyaman bagi Makhluk dengan Pemahaman dan Kekuatan yang terbatas". Tetapi jika itu adalah cara pengetahuan yang paling nyaman bagi makhluk seperti   , Tuhan yang baik hati diharapkan untuk memberikan beberapa motif langsung, yaitu, yang tidak mengharuskan  merenungkan apa yang paling nyaman bagi kami mengejar hal itu. Karena suatu teorema secara alami memiliki keseragaman di antara variasi  teorema secara sederhana adalah penyatuan berbagai keterangan di bawah satu prinsip tunggal adalah beralasan.    

Pengarang Alam telah menentukan  untuk menerima pada  Objek seragam Kesenangan Keindahan dan Harmoni, untuk menggairahkan    pada Pengejaran Pengetahuan, dan untuk menghadiahi.

Demikian pula dalam persepsi objek-objek intelek   teorema, yaitu  indra kecantikan internal memiliki alasanya , dan dengan menyamakan teorema pada titik keseragaman, objek lain, termasuk objek material, adalah indah. Dengan cara ini Francis Hutcheson memulihkan unsur teori Shaftesbury yang tampaknya telah hilang dalam transformasi gagasan Shaftesbury tentang pengertian internal memulihkan prioritas intelektual atas materi sebagai objek kecantikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline