Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Seni Mimesis [73]

Diperbarui: 19 Desember 2018   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat Seni Mimesis tentang Keindahan [73]

Barangkali masalah mendasar  paling akrab dalam teori kecantikan adalah apakah kecantikan itu subyektif terletak 'di mata orang yang melihatnya'   atau apakah itu merupakan ciri obyektif dari hal-hal yang indah. Kecantikan itu subjektif merupakan hal yang biasa dari zaman kaum sofis. Pada abad kedelapan belas, Hume dapat menulis sebagai berikut, mengungkapkan satu 'spesies filsafat':

Kecantikan tidak memiliki kualitas dalam hal-hal itu sendiri: Itu hanya ada di dalam pikiran yang merenungkannya; dan setiap pikiran merasakan keindahan yang berbeda. Satu orang bahkan dapat melihat deformitas, di mana yang lain adalah keindahan yang masuk akal; dan setiap individu harus menyetujui perasaannya sendiri, tanpa berpura-pura mengatur orang lain.

Dan Kant meluncurkan diskusinya tentang masalah ini dalam The Critique of Judgment (the Third Critique) setidaknya sebagai empatik: {"Penyimpulan rasa oleh karena itu bukanlah penilaian kognisi, dan akibatnya tidak logis tetapi estetis, dengan  memahami bahwa  menentukan tidak bisa lain selain subyektif

Setiap referensi representasi, bahkan sensasi, mungkin obyektif (dan kemudian menandakan [unsur] nyata pada representasi empiris), hanya menyimpan referensi untuk perasaan senang dan sakit, yang olehnya tidak ada apa pun dalam objek yang ditandakan, tetapi melalui mana ada perasaan dalam subjek karena dipengaruhi oleh representasi.

Namun, jika kecantikan sepenuhnya subjektif  yaitu, jika sesuatu yang dipegang atau dialami seseorang sebagai cantik itu indah  maka tampaknya kata itu tidak memiliki arti, atau   tidak mengkomunikasikan apa pun ketika  menyatakan  sesuatu yang indah kecuali mungkin sikap pribadi yang menyetujui. 

Selain itu, meskipun orang yang berbeda tentu saja dapat berbeda dalam penilaian tertentu,  jelas   penilaian   bertepatan dengan tingkat yang luar biasa: akan   sesat bagi setiap orang untuk menyangkal   mawar yang sempurna atau matahari terbenam   itu indah. Dan adalah mungkin sebenarnya untuk tidak setuju dan berdebat tentang apakah sesuatu itu indah, atau mencoba menunjukkan kepada seseorang bahwa sesuatu itu indah, atau belajar dari orang lain mengapa hal itu indah.

Di sisi lain, tampaknya tidak masuk akal untuk mengatakan   kecantikan tidak memiliki hubungan dengan tanggapan subjektif atau  sepenuhnya obyektif. Ini   dunia tanpa pengamat bisa menjadi indah atau jelek, atau mungkin keindahan itu dapat dideteksi oleh instrumen ilmiah. 

Bahkan bisa terjadi, keindahan tampaknya terkait dengan respons subjektif, dan meskipun   mungkin berdebat tentang apakah sesuatu itu indah, gagasan  pengalaman kecantikan seseorang dapat didiskualifikasi karena tidak akurat atau salah bisa menimbulkan kebingungan serta permusuhan. 

Kita sering menganggap selera orang lain, bahkan ketika itu berbeda sendiri,   sementara berhak untuk menghormati, misalnya, dalam kasus-kasus moral, politik, atau pendapat faktual. Semua argumen kecantikan yang masuk akal menghubungkannya dengan respons  menyenangkan atau mendalam atau penuh cinta, bahkan   tidak menempatkan kecantikan murni di mata orang yang melihatnya.

Maka sifat keindahan adalah salah satu tema yang paling abadi dan kontroversial dalam filsafat Barat,  dengan filsafat seni  adalah masalah mendasar dalam estetika filosofis. Kecantikan secara tradisional telah dihitung di antara nilai-nilai tertinggi, dengan kebaikan, kebenaran, dan keadilan. 

Ini adalah tema utama di antara filsuf Yunani kuno, Helenistik, dan abad pertengahan, dan merupakan pemikiran sentral untuk abad kedelapan belas dan abad kesembilan belas, sebagaimana diwakili dalam perawatan oleh para pemikir seperti Shaftesbury, Hutcheson, Hume, Burke, Kant, Schiller, Hegel, Schopenhauer, Hanslick, dan Santayana. Pada awal abad ke-20, kecantikan menurun sebagai subjek penyelidikan filosofis, dan sebagai tujuan utama seni.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline