Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Analisis Literatur Cartesian, "Principles of Philosophy" [22]

Diperbarui: 10 Desember 2018   04:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Teks ayat: III.1-44: Gerak Langit.  Pada  bagian III dan IV, Descartes mengambil prinsip-prinsip fisika, yang telah ia simpulkan dari sifat tubuh dan hukum gerak, yang ia konon disimpulkan dari kekekalan Allah, dan ia menerapkannya pada fenomena yang dapat diamati. 

Tujuannya adalah untuk menunjukkan kekuatan penjelasan prinsip-prinsipnya dengan menunjukkan  mereka sendiri dapat menjelaskan semua pengamatan kami. Bagian III berfokus pada fenomena alam yang paling universal, struktur umum dari seluruh dunia yang terlihat.

Bab III dibaca seperti daftar periksa, dengan Descartes berjalan melalui setiap pengamatan astronomi yang dia bisa pikirkan. Di hampir setiap terjemahan Bahasa Inggris dari Prinsip, sebagian besar poin pada daftar ini dihilangkan. Namun, dua diskusi paling penting - analisis gerakan planet dan analisis unsur-unsur alam semesta - umumnya disertakan.

Model gerak planet Descartes adalah persilangan aneh antara heliocentrism dan teori bumi statis. Descartes setuju  semua planet, termasuk bumi, bergerak mengelilingi matahari. Namun, ia berpendapat  tidak ada planet yang benar-benar bergerak. 

Dengan cara ini, Descartes mendapatkan semuanya: dia dapat menjelaskan semua pengamatan yang tampaknya paling baik dijelaskan oleh heliocentrism, dan dia juga dapat menghindari murka Gereja. Meskipun demikian, Descartes sangat berhati-hati untuk menunjukkan  modelnya hanyalah sebuah hipotesis dan tidak dimaksudkan untuk mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi.

Model sangkar Descartes bergantung pada definisi gerakannya yang aneh. Ingat  sebuah benda hanya bergerak jika ia mengubah posisinya relatif terhadap tubuh yang dengannya ia berada dalam kontak langsung. Kismis dalam bagel kismis yang berputar-putar tidak bergerak karena posisi mereka relatif terhadap materi bready tidak berubah.Planet-planet, menurut Descartes, sangat mirip kismis di bagel kismis. Hanya sebagai pengganti roti, mereka tersuspensi dalam tubuh yang cair. 

Tubuh cairan ini adalah surga.Cairan surga bergerak dalam pusaran di ser matahari (pusaran seperti pusaran air, berputar di ser pusat), membawa semua planet bersama mereka. Namun, di dalam goop selestial, planet-planet mempertahankan posisinya. Oleh karena itu, meskipun mereka bepergian mengelilingi matahari, mereka tetap beristirahat.

Hanya Descartes yang paling tangguh yang memberikan banyak perhatian pada penjelasan ilmiahnya tentang fenomena surgawi, karena semuanya konsisten dari sasaran. (Ini menjelaskan kelangkaan terjemahan bahasa Inggris; saat ini hanya ada satu terjemahan penuh). Namun, prestasi Descartes tidak boleh diremehkan hanya karena dia salah mati. Sangat menarik untuk membaca penjelasan dalam Bagian III dan IV dan melihat bagaimana setiap prinsip yang ia tetapkan dalam Bagian I dan II memainkan peran dalam beberapa cara.

Hanya untuk menjalankan contoh-contoh yang lebih menonjol dari bagian ini: Pertama, mengapa Descartes mengklaim  langit adalah cairan; Klaim ini bertumpu pada dua prinsip sebelumnya: bukti  ruang adalah plenum dan bukti sifat badan cairan.

Karena tidak ada ruang kosong seperti itu, maka ruang sidang harus menjadi semacam tubuh. Untuk menentukan tubuh seperti apa mereka,  harus mempertimbangkan perilaku mereka. Satu hal yang dapat dikatakan tentang langit adalah  mereka dapat ditembus --- mereka dengan mudah menghasilkan tempat mereka ke tubuh lain.Komet melalui mereka, dan planet mengambil tempat di tengah-tengah mereka, dll. 

Menoleh kembali ke definisi II.54,  melihat  ini berarti  langit harus cair, karena itu adalah badan yang cair, terdiri dari partikel yang bergerak cepat, yang mudah dipindahkan oleh badan lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline