Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Analisis dan Tafsir Literatur Marx [13]

Diperbarui: 5 Desember 2018   23:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Analisis, dan Tafsir Literatur  Marx  [13] **selesai**

Analisis Literatur  Marx: [13]; Marx tentang Manifesto Komunis, pada teks Bagian 4: Manifesto diakhiri dengan diskusi tentang peran Komunis ketika mereka bekerja dengan pihak lain. Kaum Komunis berjuang untuk tujuan langsung para pekerja, tetapi selalu dalam konteks seluruh gerakan Komunis. Dengan demikian, mereka bekerja dengan partai-partai politik yang akan meneruskan tujuan komunisme, bahkan jika itu melibatkan kerja dengan borjuis. Namun, mereka tidak pernah berhenti mencoba menanamkan di kelas pekerja suatu pengakuan akan permusuhan yang bermusuhan antara borjuis dan proletariat, dan untuk membantu mereka memperoleh senjata untuk akhirnya menggulingkan borjuasi.

Dengan demikian, "Komunis di mana saja mendukung setiap gerakan revolusioner melawan tatanan sosial dan politik yang ada." Mereka secara terbuka menyatakan  tujuan mereka dapat dicapai hanya dengan menggulingkan seluruh kondisi sosial yang ada. Manifesto diakhiri dengan seruan penuh semangat: "Biarkan kelas penguasa gemetar pada revolusi Komunis. Kaum proletar tidak akan kehilangan apa pun kecuali rantai mereka. Mereka memiliki dunia untuk menang atau Negara milik bersama "unite!"

Bagian terakhir ini mengungkapkan agenda politik Komunis. Tujuan akhir mereka adalah selalu revolusi proletariat dan penghapusan kepemilikan pribadi dan antagonisme kelas. Karena mereka percaya  sejarah harus melalui serangkaian tahapan, bagaimanapun, ini mungkin berarti kadang-kadang mendukung borjuasi, untuk akhirnya membuat revolusi pekerja mungkin. Sementara Komunis memiliki landasan teoritis yang kuat, mengintegrasikan pengamatan dan prediksi, mereka juga menganjurkan prediksi tersebut, dan mencoba untuk mempercepat realisasi mereka. Dengan demikian, mereka tidak hanya menyatakan  para pekerja suatu hari akan bersatu. Sebaliknya, mereka menyerukan kepada para pekerja untuk bersatu, menjanjikan mereka kebebasan dan dunia yang lebih baik. Menuju kesetaraan umat manusia universal menuju keadilan social bagi seluruh rakyat.. *** Selesai*** (Taman Eden Kaliurang Km 22 Jogja]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline