Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Weber: Riset Agama [1]

Diperbarui: 4 November 2018   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Weber: Riset Agama [1]

Buku teks ini adalah buku wajib dibaca di matakuliah etika bisnis, untuk membahas kesadaran mental manusia dalam peradaban dan sejarah pengaruh pada umat manusia khususnya dunia barat.

Bagimana rasio instrumental dibangun untuk memahami cara pandang dunia (world view) yang membentuk tindakan cita-cita menjadi manusia penuh arti dan makna.

Ketekunan, semangat mental, dan idiologi wajib dimiliki agar ada tranformasi dalam mencapai cara pandang tersebut khususnya ekonomi dan sosiologi modern. Adalah Maximilian Weber {Max Weber} lahir 21 April 1864, dan meninggal 14 Juni 1920. Nama lengkapnya adalah Maximilian Karl Emil Weber; warga negara Kerajaan Prusia, Kekaisaran Jerman, Republik Weimar. 

Weber adalah seorang ahli ekonomi politik dan sosiolog dari Jerman yang dianggap sebagai salah satu pendiri ilmu sosiologi dan administrasi negara modern. Karya utamanya berhubungan dengan rasionalisasi dalam sosiologi agama dan pemerintahan, meski ia sering pula menulis di bidang ekonomi.

Buku dengan judul The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism adalah karya besar Sosiolog dan ekonom Jerman, Max Weber (1864-1920) menerbitkan karyanya yang paling terkenal.

The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism, pada 1904-1905. Tulisan dan teori Weber membantu membangun dasar-dasar sosiologi modern. Beberapa karyanya yang terkenal lainnya termasuk "Objektivitas" dalam Ilmu Sosial, Sains sebagai Panggilan, Politik sebagai Panggilan, dan Teori Kerjasama Sosial dan Ekonomi.

Catatannya tentang birokrasi sebagai ciri penting masyarakat modern sangat berpengaruh. Weber dipengaruhi oleh tulisan -- tulisan Karl Marx, meskipun bukan seorang Marxis, dan benar-benar mengkritik aspek-aspek teori Marxis dalam Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme.

Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme berpendapat "roh" yang mendefinisikan institusi kapitalis berakar pada Reformasi Protestan. Reformasi adalah gerakan agama abad keenam belas mengarah pada penciptaan Protestan, dimulai dengan protes Martin Luther terhadap Gereja Katolik pada 1517. 

Luther berpendapat orang dapat diselamatkan hanya melalui iman, dan doktrin ini adalah salah satu dasar ajaran Lutheranisme. Agama Protestan menonjol dalam Etika Protestan dan Roh Kapitalisme adalah Calvinisme. Berakar dalam ide-ide John Calvin, Calvinisme didasarkan pada doktrin predestinasi keselamatan individu ditakdirkan oleh Tuhan. Calvinisme adalah leluhur Presbyterianisme zaman modern.

Weber memulai studinya dengan sebuah pertanyaan: Bagaimana dengan peradaban Barat telah menjadikannya sebagai satu - satunya peradaban untuk mengembangkan fenomena budaya tertentu yang kita suka untuk mengatributkan nilai dan signifikansi universal; Hanya di Barat sains yang anggap valid reliabel. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline